Hokage Cliffs Berada di Cirebon, ini Tempatnya!

Juli 3, 2019 No Comments JELAJAH ZigerWix

Bagi warga Cirebon yang ingin berlibur ke daerah pegunungan, mungkin akan mengunjungi tempat wisata di Kuningan. Karena jarak daerah Kuningan sangat dekat, yang mana berbatasan langsung dengan daerah Cirebon. Hal tersebut sudah tidak aneh lagi, karena memang daerah Kuningan sangat cocok untuk pecinta alam yang suka dengan suasana pegunungan. Namun, ternyata di daerah Cirebon terdapat tempat indah yang tidak kalah menariknya. Tempat wisata Cirebon ini, sangat mirip dengan tebing hokage yang ada di film Naruto. Silahkan simak artikel ini, dan kunjungi tempatnya untuk membuktik

Tebing Hokage – Bukit Maneungteung (Azimut)

Sebut saja bukit Maneungteung (Azimut), Orang-orang sekitar lebih familiar dengan sebutan Azimut. Merupakan jajaran perbukitan yang terdapat diantara perbatasan kuningan dan Cirebon. Masih sedikit orang yang mengetahui tempat wisata ini, padahal tempatnya cukup mudah untuk di jangkau.

Diatas bukit maneungteung
Diatas Bukit Maneungteung

Hal utama yang unik dari tempat wisata Cirebon ini adalah terdapatnya barisan tebing yang mirip dengan tebing di film Naruto. Tebing tersebut, hampir sama dengan tempat terukirnya patung kepala para hokage. Selain keindahannya, tempat ini juga menyimpan legenda dan nilai historis yang menarik untuk di pahami.

Sejarah Tebing Hokage – Bukit Maneungteung

Dahulu, tempat wisata ini merupakan arena perang antara pribumi melawan kolonial belanda. Sangat sedikit sumber yang menceritakan tentang kisah ini, yang ada hanyalah sebuah monumen sebagai saksi bisu perjuangan para pahlawan. Monumen tersebut berupa patung pahlawan yang sedang memegang senjata, dan menunjuk kearah depan sebagai tanda untuk menyerang ataupun tidak gentar.

Namun sayang, monumen tersebut dikotori oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, aksi vandalisme ‘mewarnai’ tempat wisata Cirebon ini. Tempat ini juga sempat terluka kembali pada tahun 2008, dimana para penjajah yang mengatasnamakan ‘Pembangunan’, mengambil sebagian keindahannya. Sebagian lahan hijau bukit ini, ‘dikorbankan’ demi terwujudnya Proyek Pembangunan Jalan Tol Kanci Pejagan.

Pembangunan lain juga terjadi diatas bukit ini, yaitu pembuatan tower repeater telkom, tepat disamping patung. Inilah yang menjadi cikal bakal penamaan Azimut. Nama Azimut diambil dari nama kontraktor yang melaksanakan pembangunan tower tersebut. walaupun tidak berdampak besar, namun keberadaan tower yang dibangun tepat disamping patung pahlawan itu, sangat mengganggu pemandangan disekitarnya.

Saat ini tempat wisata yang tidak banyak orang tahu tersebut, melakukan penghijauan kembali. Selain itu, juga melakukan perubahan-perubahan demi menjadi tempat wisata di Cirebon yang lebih baik. Maka dari itu, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata yang diunggulkan. Karena selain keindahannya, juga menyimpan nilai historis yang tinggi.

Legenda

Siapa yang tak kenal dengan legenda sangkuriang?. Cerita rakyat ini sudah lama menyebar pada masyarakat Indonesia, khususnya suku sunda. Sangkuriang adalah salah satu tokoh legenda yang ceritanya banyak mengandung pesan moral. Legenda tersebut sangat kental dengan masyarkat Bandung, terutama masyarakat disekitar Gunung Tangkubanparahu.

Akan tetapi ada klaim lain mengenai tempat terjadinya legenda tersebut. Masyarakat Kuningan percaya, bahwa sangkuriang dahulu pernah menetap di daerah Kuningan yang dekat dengan tempat wisata Cirebon ini. Hal tersebut dapat dibuktikan dari gunung yang berbentuk perahu terbalik di Kecamatan Cimahi – Kuningan. Bahkan gunung tersebut bernama Gunung Tangkubanparahu, sama seperti nama gunung di Bandung.

Bukti lainnya adalah, bukit Maneungteung di Kecamatan Waled – Cirebon. Menurut penduduk sekitar, dahulu bukit Maneungteung adalah bendungan yang dibangun oleh sangkuriang. Dan sungai yang dibendungnya adalah Sungai Cisanggarung, yang letaknya diapit oleh bukit Maneungteung. Jika hal tersebut benar, maka ini membuat legenda wisata Cirebon bertambah.

Lokasi Tebing Hokage

Bukit Maneungteung ini berada di Jalan utama Cirebon-Kuningan, tepatnya di Desa Waled Asem Kecamatan Waled – Cirebon. Terletak di sebelah utara perbatasan Cirebon-Kuningan, untuk lebih jelasnya dapat dicari titik koordinat berikut pada google maps -6.935145, 108.701769.

Wisata Cirebon Bukit Azimut
Jalan Di Depan Bukit Maneungteung (Azimuth) diambil dari google maps.

Tebing Hokage, Wisata Cirebon yang Indah

Tebing hokage berada di jajaran bukit Maneungteung (Azimut), namun untuk dapat sampai ke lokasi tebing hokage sedikit sulit. Hal ini dikarenakan tempatnya tersembunyi, sehingga banyak orang yang tidak tahu. Ini karena tebing hokage tidak berada di puncak bukit.

Baca Juga:  Bukit Cinta Bekasi - Tempat Wisata yang Hampir Hilang!

Letak tebing hokage berada sekitar 20 meter dari jalan utama. Ditambah jalan untuk kesana, merupakan jalan yang tidak terlihat. Sekitar 30 meter dari puncak, akan ada jalan setapak yang samar-samar tertutupi semak belukar. Jalan setapak tersebut berada di sebelah kiri jalan utama, jika dari bawah. Pengunjung yang ingin ke tebing hokage hanya perlu mengikuti jalan setapak tersebut, sekitar 50 meter. Diujung jalan, akan terdapat tebing yang sangat indah.

Tebing hokage
Tebing Hokage

Jika di lihat dari sudut pandang yang tepat, tebing tersebut mirip dengan tebing yang ada di film Naruto. Tebing dimana terdapat ukiran para hokage, sebut saja nama tebing ini adalah Tebing Hokage.

Hamparan perbukitan dibawah tebing
Hamparan Pebukitan Di Bawah Tebing Hokage

Dibawah tebing tesebut terhampar luas bukit-bukit yang menyerupai bukit teletubbies, yang ada di serial televisi. Tempat wisata Cirebon yang sangat indah memang, cocok bagi pengunjung yang ingin memanjakan mata dengan barisan perbukitan.

Hamparan Bukit Di Bawah Tebing
Hamparan Bukit Di Bawah Tebing

Wisata Cirebon untuk Menikmati Senja

Jika ingin menikmati pemandangan yang maksimal dari tempat ini, disarankan datang pagi-pagi ataupun sore hari. Saat pagi hari, udara segar akan terasa hingga kerongkongan dan menyegarkan jiwa. Pemandangan kabut yang seakan menari-naripun akan terlihat, saat pagi hari. Disarankan untuk datang selepas sholat shubuh, atau sekitar pukul 05.30 WIB. Para pengunjung yang hadir pagi hari seperti itu, biasanya adalah penduduk lokal yang sedang berolah raga. Karena memang tempat ini sangat cocok untuk olah raga lari, di pagi hari.

Pada sore hari, pemandangan indah juga akan menghiasi tempat wisata Cirebon ini. Dimana kita bisa melihat matahari tenggelam, ini sangat cocok bagi pengunjung yang suka menikmati senja. Muka tebing yang menghadap ke arah selatan dan barat, membuatnya mudah untuk melihat matahari yang tenggelam di balik perbukitan. Pengunjung juga bisa mengambil gambar siluet, dengan background matahari tenggelam. Tempat ini memang sangat instagrameble, silahkan buktikan sendiri.

Wisata Cirebon - Senja Tebing Hokage
Senja Di Tebing Hokage

Potensi Wisata Arung Jeram

Selain perbukitan dan tebing hokage yang indah, di depan bukit maneungteung ini juga terdapat sungai yang cukup potensial. Nama sungai tersebut adalah Cisanggarung, terletak di samping jalan raya yang ada di depan bukit maneungteung.

Cisanggarung sangat berpotensi menjadi tempat wisata Cirebon berikutnya, yaitu dijadikan sebagai wahana arung jeram. Namun sampai saat ini, belum terlihat adanya upaya dari pemerintah untuk meningkatkan potensi wisata dari sungai ini. Entah karena ingin menjaga ke-alamian sungai, ataupun alasan lain.

Sungai Cisanggarung Potensi Wisata Cirebon
Sungai Cisanggarung Diambil dari Google Maps

Meskipun belum ditata agar menjadi tempat wisata, namun keindahan sungai Cisanggarung tidak bisa ditutupi. Ketika orang melintasi jalan raya yang ada disampingnya, selain bukit maneungteung, orang akan melirik kearah sungai Cisanggarung juga. Bebatuan yang indah, dan tepi sungai yang langsung berbatasan dengan bukit, menambah keindahannya. Saat dalam kondisi normal, air sungai Cisanggarung juga pas untuk di jadikan tempat wisata Cirebon yaitu arung jeram.

Bagi pengunjung yang hanya ingin sekedar mandi di sungai ini pun bisa, asalkan tidak mencemari sungai tersebut. Namun tidak direkomendasikan untuk bermain ataupun mandi di sungai ini, karena belum ditata dan diuji kelayakannya. Sebab sungai Cisanggarung masih alami, dan masih jarang pengunjung yang bermain di sungai ini.

Jika dikelola dengan baik, bukit Maneungteung dan sungai Cisanggarung akan menjadi tempat wisata Cirebon yang ‘maknyus’. Lengkap dengan sejarah, legenda, dan kebudayaan yang khas. Tempat ini butuh perhatian dari pemerintah untuk lebih berkembang lagi, dan butuh bantuan masyarakat untuk menjaganya. Maka dari itu, mari kita semua jaga dan lestarikan warisan masalalu dan keindahan alam yang ‘maknyus’ ini.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *