WhatsApp Web dan Trik Menggunakannya

Juni 29, 2019 No Comments TEKNOLOGI ZigerWix

Pada era modern seperti saat ini, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan aplikasi messenger yang sedang marak. Sudah banyak aplikasi messenger yang masuk ke Indonesia, salah satunya adalah WhatsApp. Aplikasi ini merupakan salah satu pilihan masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi. Karena dengan aplikasi ini, penggunanya dapat memulai chat, obrolan, sharing foto atau video, bahkan dapat melakukan video call. Ditambah lagi dengan fitur WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop, yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan mudah melalui komputer.

Sejarah WhatsApp Web

Awalnya WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone, namun seiring berkembangan zaman, WhatsApp menjadi aplikasi chatting antar platform. Saat ini sudah berbagai versi yang tersedia, yaitu untuk pengguna Android, Windows Phone, dan Symbian.

Hingga pada tanggal 22 Januari 2015, WhatsApp meluncurkan fitur baru yaitu WhatsApp Web. Fitur ini bertujuan untuk memfasilitasi penggunanya agar bisa menggunakan WhatsApp di komputer. Layaknya telepon genggam, fitur ini memudahkan dalam berkomunikasi saat penggunanya sedang melakukan aktifitas di komputer. Sehingga pengguna tidak perlu berfokus pada dua device, komputer dan handphone. Hal ini memudahkan pengguna, karena hanya berfokus pada satu device saja.

Cara Menggunakan

Buka Halaman WhatsApp Web

Dalam penggunaannya, fitur ini mengharuskan pengguna melakukan scan pada barcode yang ada di halaman resmi WhatsApp Desktop. Untuk dapat membuka halaman resminya silahkan bisa kunjungi link berikut https://web.whatsapp.com/ . Setelah itu dapat dilihat pada halaman utamanya, terdapat sebuah barcode. Pengguna hanya perlu men-scan barcode tersebut agar WhatsApp yang ada di mobile phone bisa terhubung dengan komputer.

Halaman Utama WhatsApp Web
Halaman Utama

Cara Scan Barcode

Untuk dapat men-scan barcode yang ada di halaman utama WhatsApp Web, maka pengguna harus melakukan beberapa langkah di mobile phone. Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp di mobile phone, setelah itu klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Lalu akan muncul beberapa menu, klik menu WhatsApp Web. Setelah itu akan muncul tampilan untuk scan melalui kamera belakang.

Baca Juga:  Jenis Atribut Basis Data

Menu WhatsApp Web
Menu WhatsApp Web

Pada tampilan scan, silahkan arahkan kamera pada barcode yang ada di komputer. setelah itu, tampilan WhatsApp yang ada di mobile phone seakan terduplikan pada komputer. Dengan begitu, pengguna yang sedang melakukan aktifitas kerja pada komputer akan lebih mudah dalam membalas pesan masuk. Selain itu juga, akan lebih mudah dalam mengetik pesan karena desain keyboard komputer yang memungkinkan pengetikan dengan sepuluh jari.

Tampilan WhatsApp Web
Tampilan WhatsApp Web

Kelebihan WhatsApp Web

  • Memudahkan dalam mengetik, karena menggunakan keyboard.
  • Cepat dalam mengirim file dari komputer ke handphone.
  • Cocok digunakan saat melakukan aktifitas di komputer, karena tidak perlu membuka handphone untuk membalas chat.
  • Dapat membuka aplikasi WhatsApp pada dua device yang berbeda, sehingga memunkinkan penggunaan yang multi user.

Kekurangan WhatsApp Web

  • WhatsApp Web Tidak bisa melakukan panggilan suara maupun panggilan video.
  • Tidak dapat membuat status.
  • Bergantung pada sinyal ponsel. jika tidak ada koneksi internet di ponsel maka akan berpengaruh juga di komputer.

Fitur WhatsApp

Fitur yang terdpat di WhatsApp cukup banyak dan bervariasi. Tujuan nya adalah agar pengguna dapat menikmati pengalaman yang menyenangkan. Fitur tersebut adalah:

  • Avatar: Diatur otomatis oleh WhatsApp.
  • View Contact: Membuka kontak yang ada di ponsel.
  • Status: Layaknya media sosial, pengguna dapat membuat status.
  • Emoticon: Pengguna dapat menyampaikan emosinya melalui emoticon.
  • Location: Sharing tempat pengguna berada.
  • WhatsApp Web: Penggunaan WhatsApp melalui komputer.
  • Search: Mencari kontak dan kata yang ada di dalam pesan.
  • Block: Pengguna bisa memblokir orang yang dianggap mengganggu.
  • Call: Berbicara dengan pengguna WhatsApp lainnya.
  • Video Call: Seperti bertatap muka dengan pengguna WhatsApp yang lain.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi AA IBE pada halaman KONTAK. AA IBE juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir AA IBE meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *