Tes Psikotes Kerja, Matematika, dan Interview – Lengkap!

Agustus 6, 2019 No Comments CAMPURAN ZigerWix

Saat ini, jumlah pencari kerja di Indonesia semakin meningkat. Layaknya sebuah paradoks, para pencari kerja pun kesulitan dengan siklus kerja yang ada saat ini. Bagaimana tidak, untuk dapat bekerja, pencari kerja diharuskan memiliki pengalaman. Sedangkan untuk mendapatkan pengalaman, pencari kerja harus bekerja terlebih dahulu. Ini adalah paradoks yang sangat lucu, dan mampu meningkatkan jumlah pencari kerja baru. Ditambah lagi, proses seleksi kerja yang semakin ketat. Mulai dari tes tertulis, tes psikotes kerja, interview, hingga cek medis.

Maka dari itu, untuk kalian yang sudah mendapatkan pekerjaan, syukuri dan jalani. Kerjakan dengan ikhlas, karena diluar sana masih banyak orang yang kurang beruntung. Dan untuk para pencari kerja, jangan pesimis, tetap semangat, dan pantang menyerah. Silahkan simak artikel ini, karena akan coba dibahas tentang tes tulis, tes psikotes kerja, dan intervew. Yang mudah-mudahan dapat membantu teman-teman dalam menjalani tahap seleksi kerja. Dari pemilihan tempat melamar kerja, hingga trik ikut dalam seleksi kerja.

Tempat Mencari Kerja – Dengan dan Tanpa Tes Psikotes Kerja

Bagi para pencari kerja, tentu saja hal utama yang dicari adalah tempat untuk melamar pekerjaan. Namun, terkadang perusahaan enggan menerima lamaran pekerjaan secara langsung, tercatat hanya beberapa perusahaan saja yang menerapkan sistem cari kerja langsung. Salah satunya adalah PT. Mattel di Jababeka, yang mencari para pekerja secara langsung di perusahaan tersebut. Selebihnya, perusahaan mengandalkan pihak ketiga dalam menyaring para pencari kerja. Berikut tempat mencari kerja yang rekomended, salah satunya tidak ada tes psikotes kerja.

Yayasan Oki

Tempat mencari kerja yang pertama adalah yayasan Oki, dengan nama resmi PT. Oki Benjaya Persada. Dahulu nama yayasan ini adalah weru, namun berubah nama menjadi Yayasan Oki. Saat ini, yayasan tersebut sudah merekrut ribuan para pencari kerja untuk bekerja di berbagai perusahaan. Salah satu perusahaan yang terkenal adalah, Mitshubishi Krama Yudha.

Yayasan Oki Benjaya Persada

Para calon pekerja nanti nya akan di kirimkan ke berbagai perusahaan, diberbagai tempat. Seperti kawasan GIIC, MM210, dan sebagainya. Tentu saja, para pencari kerja harus siap untuk di tempatkan dimanapun. Hal ini adalah ketentuan mutlak, agar dapat bekerja melalui yayasan ini. Sedikit bocoran, tidak ada tes psikotes kerja di yayasan Oki ini.

Tahapan Seleksi Yayasan Oki – Tanpa Tes Psikotes Kerja

Untuk cara pendaftarannya cukup mudah, dan gratis. Peserta datang langsung ke yayasan Oki, dengan membawa berkas lamaran, mengenakan pakaian hitam-putih, dan memakai sepatu. Peserta yang hadir, langsung mengikuti tes pada saat itu juga. Namun harus menunggu giliran dengan yang lain, karen jumlah pendaftar nya cukup banyak. Maka dari itu, usahakan datang lebih awal sekitar pukul 07:00 WIB. Pastikan untuk mengantri di dekat pintu, karena setelah pintu terbuka, biasanya para pencari kerja berebut untuk dapat masuk. Salah satu keuntungan tes disini adalah tidak adanya tes psikotes kerja, yang harus dijalani oleh para peserta.

Hasil tes akan diumumkan saat itu juga, setelah tes selesai. Jadi bisa melihat, mana yang berhasil dan mana yang gagal. Jika pencari kerja berhasil lolos tahap ini, maka selanjutnya harus menunggu panggilan berikutnya. Yaitu panggilan untuk interview, langsung oleh pihak perusahaan yang bersangkutan. Namun, waktu untuk menunggu interview ini sangat lama. Berdasarkan pengalaman pribadi, bisa sampai 3 bulan.

Jika beruntung dipanggil untuk interview, kemudian lolos. Maka tahap selanjutnya adalah medical cek up. Peserta melakukan medical cek up sendiri, ke sebuah rumah sakit yang sudah di tunjuk oleh yayasan Oki. Pada tahap medical cek up ini, peserta menggunakan uang sendiri untuk membayarnya. Jadi, siapkan saja uang sekitar 500 ribu. (pengalaman pribadi sebesar 350 ribu).

Peserta yang lolos medical cek up, selanjutnya akan diinformasikan kembali untuk mengikuti training di perusahaan bersangkutan. Pada seleksi training ini, peserta akan diberikan tes formalitas saja. (Tergantung dari perusahaan yang bersangkutan). Ada beberapa tes hitung, dan tes psikotes kerja sederhana. Sebenarnya, peserta yang ikut training di perusahaan bersangkutan, sudah diterima bekerja. Dan training ini, difokuskan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Kelebihan dan Kekurangan Yayasan Oki

Keuntungan tes di yayasan Oki adalah gratis, peserta hanya membayar untuk medical cek up saja. Jika sudah melakukan medical cek up, 99% akan diterima, kecuali peserta menderita penyakit tertentu. Kekurangannya adalah, saat menunggu setelah tes tulis, cukup lama. Bahkan bisa sampai 3 bulan lebih, dan itu pun tanpa kepastian. Apakah akan dipanggil, atau tidak.

Lokasi Yayasan Oki

PT. Oki Benjaya Persada, atau yang lebih dikenal dengan yayasan Oki. Berada di Komplek Palais De Paris Blok I No. 8 Kota Delta Mas, Sukamahi, Kec. Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat 17530. Silahkan bisa cek pada google maps berikut.

Disnaker Karawang

Bagi pencaker yang ada di Karawang, jangan khawatir. Karena di Karawang juga ada tempat untuk mencari kerja yang gratis. Yaitu Disnaker Karawang, atau Dinas Tenaga Kerja Karawang. Untuk dapat mendaftar disini, tidak dipungut biaya apapun. Jika para peserta dikenakan biaya, sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah calo. Sebaiknya peserta datang sendiri saja, tidak dengan calo. Karena saat ada loker dari perusahaan, biasanya akan dipasang pada mading di Disnaker. (Di disnaker ada tes psikotes kerja, jadi persiapkan untuk hal tersebut)

Tahapan Seleksi Disnaker Karawang – Dengan Tes Psikotes Kerja

Pekerja hanya perlu menyerahkan lamaran ke Disnaker, informasikan pada petugasnya, bahwa lamaran tersebut untuk perusahaan mana. (Sesuai loker perusahaan di mading). Setelah itu, berkas lamaran tersebut akan diseleksi. Lalu, peserta yang beruntung akan mendapatkan panggilan untuk tahap selanjutnya. Yaitu, tes tulis dan tes psikotes kerja. Pada tahap ini, perusahaanlah yang menyeleksinya langsung di Disnaker Karawang.

Setelah berhasil melewati tes tersebut, maka selanjutnya para pencari kerja harus menunggu untuk panggilan interview. Inilah hal yang menjadi momok menakutkan pada proses seleksi kerja. Karena interview, juga merupakan tes psikotes kerja secara lisan. Setelah lolos interview, peserta diwajibkan untuk mengikuti medical cek up. Untuk biayanya, tergantung dari perusahaan yang bersangkutan. Ada yang menggunakan biaya sendiri, ada juga yang ditanggung oleh perusahaan.

Baca Juga:  Lomba 17 Agustus yang Seru dan Sejarah Dibaliknya

Setelah semua nya lolos, langkah terakhir adalah training. Seperti training biasa pada umumnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan kerja. Karena semahir apapun seseorang, pasti membutuhkan adaptasi terlebih dahulu. Jangka waktu training juga merupakan kebijakan dari perusahaan bersangkutan. Rata-rata sekitar 1 sampai 2 minggu, sebelum akhirnya tanda tangan kontrak kerja.

Kelebihan dan Kekurangan Disnaker Karawang

Sama hal nya dengan yayasan Oki, seleksi Disnaker Karawang juga bebas biaya. Selain itu, pada Disnaker Karawang, jangkauan dan partner perusahaan juga luas. Sehingga, memungkinkan pilihan yang lebih banyak untuk melamar kerja. Kekurangan dari Disnaker Karawang (mungkin berlaku untuk Disnaker daerah lain juga), Yaitu calo yang cukup banyak. Biasanya calo tersebut memperdaya anak yang beru lulus sekolah, dan baru pertama melamar kerja. Kontrol yang tepat harus dilakukan, agar para calo ini bisa diberantas, karena sangat merugikan.

Lokasi Disnaker Karawang

Disnaker Karawang berada di Jl. Surotokunto Km.6 Warung Bambu Karawang Timur Kabupaten Karawang KodePos  41371.

Trik Tes Matematika, Tes Psikotes Kerja dan Interview

Dalam menghadapi seleksi kerja yang ketat, tentu saja kita harus memiliki solusi yang tepat. Mempelajari trik untuk menyelesaikan tahap seleksi dengan mudah, bukanlah hal yang buruk. Lebih lanjut, kita dapat menggunakan trik tersebut untuk meingkatkan potensi diterima pada suatu perusahaan. Berikut rangkuman singkat trik untuk tes matematika, tes psikotes, dan interview dalam tahapan seleksi kerja.

Tes Matematika

Matematika adalah ilmu pasti, jadi, untuk dapat menyelesaikan tes ini dengan nilai yang baik tentu tidak bisa mengandalkan keberuntungan. Biasanya, tes matematika untuk seleksi pekerjaan tidak terlalu sulit. Jadi, hafalkan saja pelajaran tentang perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan. Juga hafalkan sifat-sifat dari operasi hitung tersebut, agar dapat menguasai tes matematika ini.

Salah satu tes matematika yang terkenal, adalah tes koran. Tes koran adalah tes yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan dalam berhitung. Bukan hanya itu, namun juga untuk mengukur tingkat kosentrasi dan konsistensi peserta. Karena dalam tes ini, peserta akan benar-benar diuji dengan angka-angka.

Peraturannya sederhana, peserta akan di berikan kertas sebesar koran, ini mengapa disebut tes koran. Terdapat beberapa baris angka, yang tersedia. Peserta harus menghitung satu baris angka dalam waktu 10 detik, setelah itu, pindah ke baris disampingnya. Hingga waktu yang ditentukan selesai.

Trik dalam mengerjakan ini, cukup mudah. Bukan hanya konsentrasi, tapi juga konsistensi. Misalkan pada baris pertama, bisa menghitung 10 angka. Maka usahakan pada baris berikutnya, dapat menghitung 10 baris angka juga, atau bisa lebih sedikit (misalnya 11 atau 12 angka). Jadi, jangan sampai di baris pertama berhasil menghitung 20 angka, tapi baris berikutnya hanya bisa 10 angka saja. Karena hal tersebut terlihat secara signifikan, dan seperti tidak konsisten.

Tes Psikotes Kerja

Setidaknya, ada 10 jenis tes psikotes kerja. Namun, tes tersebut dapat diringkas menjadi 3 bagian. Yaitu, tes psikotes kerja yang berupa angka, kata, dan gambar. Tes berupa angka adalah sebuah tes logika yang menggunakan sarana angka, baik dalam deret maupun baris bilangan. Sedangkan tes kata, berarti tes psikotes kerja yang menggunakan media kata, seperti sinonim, antonim, dan sebagainya. Sedangkan tes gambar, menggunakan media gambar sebagai sarananya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tes Psikotes Kerja = Angka

Seperti tes matematika, tes ini juga bermain-main dengan angka. Hanya saja, perbedaannya ada pada cara yang digunakan. Jika tes matematika, dominan menggunakan operasi bilangan ( + , – , x , / ). Pada tes psikotes kerja ini, angka-angka tersebut lebih condong dibuat sebuah deret atau baris bilangan.

Seperti contoh berikut:

  • 3, 7, … , 15, 19.

Dari deret diatas, dapat diketahui bahwa setiap angka ditambahkan 4. jadi, titik-titik diatas harus di isi dengan angka 11.

Deret Angka 1 - Tes Psikotes Kerja
  • 3, 4, 6, 9, … , 18, 24.

Dari soal diatas dapat diketahui bahwa, selisih dari tiap angka adalah berbeda. Jika dilihat, ternyata selisihnya adalah deret juga.

Deret Angkat 2 - Tes Psikotes Kerja

Kunci dari tes angka ini terletak pada selisih tiap angka. Coba cari terlebih dahulu selisihnya, kemudian cari kombinasi yang didapat.

Tes Psikotes Kerja = Kata

Pada tes Psikotes kerja ini, peserta harus mencari lawan kata (antonim), persamaan kata (sinonim), dan melengkapi kalimat.

Seperti contohnya:

Carilah lawan katanya.

Sedih = …

Gendut = …

Dari contoh diatas, maka jawabannya adalah Senang dan Kurus.

Kunci dari tes ini adalah wawasan tentang kata-kata, jadi hafalkan sinonim dan antonim kata.

Tes Psikotes Kerja = Gambar

Pada tes psikotes kerja yang berupa gambar, ada berbagai jenis. Selain itu, juga banyak sekali hal-hal yang terkadang tidak dimengerti. Dari mulai menebak pola gambar, menyusun gambar, hingga membuat gambar. Agar lebih jelasnya, silahkan bisa download tes psikotes kerja lengkap, berikut.

Interview

Saat interview, biasanya akan dilakukan oleh orang yang sudah bisa membaca karakter seseorang dari gerakan-gerakan saat berbicara. Terkadang juga ada yang bisa membaca watak seseorang dari gaya tulisan. Oleh karena itu, biasanya peserta akan disuruh menulis nama nya sendiri. Trik saat interview kerja, sebaiknya setiap jawaban harus saling berkesinambungan. Jika pada pertanyaan sebelumnya kamu menjawab, bahwa kamu adalah seorang pemalu. Maka jawaban selanjutnya, jika ditanya “kamu pintar beradaptasi tidak?” jawabannya adalah tidak. Sebab, seorang pemalu adalah orang yang sulit beradaptasi.

Selanjutnya, jika kamu ditanya kekurangan, jawab saja sejujurnya. Namun, sertakan juga solusinya. Contohnya.

“Apa kekurangan mu?”.

“Saya adalah seorang pelupa, maka dari itu saya sering membawa buku saku ini, sebagai pengingat”.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tags
ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *