Home>PENGETAHUAN>Teori Pembentukan Bulan Lengkap dan Mudah Dipahami
teori pembentukan bulan
PENGETAHUAN

Teori Pembentukan Bulan Lengkap dan Mudah Dipahami

Teori Pembentukan Bulan – Bumi memiliki satu satelit alami yaitu bulan. Didalam keindahannya, bulan selalu menyimpan banyak misteri dan tanda tanya. Terutama pada proses pembentukan bulan itu sendiri. Berikut adalah teori teori pembentukan bulan.

Fisi

Teori Pembentukan Bulan. – Sekitar tahun 1800, George Darwin, anak Charles Darwin, memberi pendapat bahwa bulan tampak begitu mirip dengan bumi karena pada satu titik dalam sejarah bumi, terjadi perputaran rotasi bumi yang sangat cepat. sehingga ada bagian dari planet kita yang terlepas dan berputar ke angkasa tapi terus dipapatkan oleh gravitasi bumi.

Teori fisi mengandaikan bahwa mungkin samudera pasifik merupakan tempat dimana bahan calon bulan berasal. Namun ketika batuan bulan dianalisis dan mulai dilakukan perbandingan, mereka membuat sebagian besar teori ini menjadi omong kosong. Hal tersebut dikarenakan komposisi batuan bulan berbeeda dengan batuan yang ada di samudera pasifik. Singkatnya samudera pasifik terlalu muda untuk menjadi sumber bulan.

teori pembentukan bulan fisi

Tangkapan

Teori Pembentukan Bulan. – Teori tangkapan menunjukan bahwa bulan berasal dari suatu tempat di galaksi bima sakti yang benar-benar independen dari bumi. ini berarti pada suatu titik saat orbit bulan berada cukup dekat dengan bumi, gravitasi bumi menarik dan “menangkapnya”.

Teori ini kurang disukai karena proses tersebut mengharuskan keduanya melewati satu sama lain. kemudian ada kalanya dalam kecepatan rendah orbit bulan kehilangan energi ketika mendekat ke bumi. Teori ini akhirnya ditolak karena jika bulan “ditangkap”, maka bulan akan dibebaskan di titik yang sama karena bumi tak memiliki cukup energi untuk menangkap bulan.

Bagaimanapun teori ini akan menjelaskan perbedaan dalam kepadatan dan komposisi  bulan dan bumi. Walaupun begitu akan sulit untuk menjelaskan mengapa bulan tidak memiliki inti besi.

Kondensasi

Teori Pembentukan Bulan. – Hipotesis ini menyatakan bahwa bulan terbentuk pada saat yang sama dengan bumi. keduanya berasal dari nebula asli yang membentuk sistem tata surya. Kelemahan teori ini adalah karena bulan dan bumi terkondensasi bersama. gaya gravitasi bumi akan menyebabkan bulan menjadi bagian planet bumi dan bukan satelit alami.

Baca Juga:  Panduan KKP

Pada akhirnya teori ini ditolak. Sebab jika mereka telah terkondensasi bersama-sama, maka mereka akan berbagi sifat yang mirip, seperti gaya gravitasi, kepadatan, inti dalam, dll.

teori pembentukan bulan kondensasi

Tubrukan Besar

Teori Pembentukan Bulan. – Teori yang berlaku saat ini adalah bahwa ada objek seukuran mars menabrak bumi yang masih amat muda. dan dalam proses pembentukan sekitar 4.5 miliar tahun lalu. Objek yang menabrak bumi tersebut dijuluki Theia oleh para ilmuwan. karena dalam mitologi yunani, Theia adalah ibu dari dewi bulan, selene.

Ketika Theia menarbrak bumi, sebagian dari planet terlepas dan akhirnya megeras menjadi bulan. Meskipun menyisakan banyak pertanyaan, teori ini lebih baik dari pada tiga teori sebelumnya. dalam menjelaskan kesamaan komposisi kimia bumi dan bulan.

teori tubrukan besar

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi AA IBE pada halaman KONTAK. AA IBE juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir AA IBE meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *