Riset atau penelitian, Pertanyaan dan Jawabannya

Juni 25, 2019 No Comments CAMPURAN ZigerWix

Artikel ini memuat pertanyaan seputar mata kuliah Riset Teknologi Informasi yang sering muncul. Dilengkapi juga dengan jawabannya yang diulas secara lengkap dan tepat.

Pertanyaan Riset

  1. Apa tujuan dilakukannya penelitian atau riset?
  2. Sebutkan cara pengumpulan data yang anda ketahui?
  3. Sebutkan kriteria metode ilmiah menurut (Noto Atmojo,2002)
  4. Bagaimana langkah-langkah penelitian yang harus dilakukan?
  5. Apa saja yang harus dipertimbangkan ketika merumuskan hipotesa?

Jawaban Riset

1) Penelitian memiliki enam tujuan yang sudah di spesifikasikan, yaitu:

  • Tujuan Umum: Untuk memperoleh pengetahuan atau penemuan baru. Untuk membuktikan atau menguji kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada. Untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.
  • Tujuan Teoritis: Untuk mengetahui suatu hal. Biasa disebut juga sebagai Basic Research.
  • Tujuan Praktis: Untuk mencari serta menemukan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan langsung di dalam kehidupan. Biasa disebut juga sebagai Applied Research.
  • Tujuan Eksploratif: Untuk menemukan pengetahuan baru yang belum ada sebelumnya.
  • Tujuan Verifikatif: Untuk menguji atau membuktikan kebenaran dari pengetahuan yang telah ada sebelumnya.
  • Tujuan Pengembangan: Untuk mengembangkan atau menggali lebih dalam lagi dari pengetahuan atau penelitian yang sudah ada sebelumnya.

2) Setidaknya ada empat cara atau metode untuk pengumpulan data. yaitu sebagai berikut:

  • Wawancara: adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara peneliti dan narasumber.
  • Observasi: merupakan teknik pengumpulan data yang kompleks karena melibatkan berbagai faktor dalam pelaksanaanya. Peneliti mengunjungi langsung tempat atau objek dari penelitian.
  • Angket (Kuesioner): adalah teknik pengumpulan data dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab.
  • Studi Dokumen: merupakan metode pengumpulan data yang tidak ditujukan langsung kepada subjek penelitian.
Baca Juga:  Video Putri Indonesia 2020 Lupa Naskah Pancasila

3) Kriteria metode penelitian menurut Noto Atmojo, 2002. adalah: Berdasarkan fakta, Bebas dari prasangka, Menggunakan prinsip analisis, Menggunakan hipotesis, Menggunakan ukuran objektif.

4) Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan penelitian adalah mengidentifikasi dan merumuskan masalah. Setelah itu melakukan studi pendahuluan dan merumuskan hipotesis. Kemudian diteruskan dengan mengidentifikasi variable dan definisi operasional variable. Langkah selanjutnya adalah merangkai dan mengembangkan instrumen penelitian. Menentukan subjek penelitian kemudian melakukan penelitian itu sendiri. Setelah data penelitian didapat, selanjutnya adalah menganalisis data penelitian tersebut. Diteruskan dengan merumuskan hasil penelitian dan pembahasan. yang terakhir adalah menulis laporan penelitian dan melakukan desiminasi.

5) Untuk membuat sebuah hipotesa yang baik maka peneliti harus mempertimbangkan fakta-fakta yang relevan, masuk akal dan tidak bertentangan dengan hukum alam.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *