Home>CAMPURAN>Perpanjang SIM Online, Gampang Koq!
Perpanjang SIM Online
CAMPURAN

Perpanjang SIM Online, Gampang Koq!

Seandainya SIM sama seperti e-KTP yang berlaku sampai seumur hidup. Tentu kita tidak akan repot-repot memperpanjangnya setiap 5 tahun sekali. Sebab untuk perpanjang SIM, kita harus menyisihkan waktu dan tenaga. Terkadang rasa malas juga melanda (apalagi dengan kondisi covid19 saat ini), sehingga kita enggan berangkat ke polres terdekat. Bagi anda yang ingin memperpanjang SIM, tak perlu risau. Ternyata memperpanjang SIM tak serepot yang dibayangkan. Asalkan anda tahu cara dan triknya, dijamin proses perpanjangan SIM akan mudah. Oleh sebab itu dibuatlah artikel ini yang bertujuan untuk membantu anda agar mengetahui proses perpanjang SIM online.

Pengalaman Perpanjang SIM Online

Sekitar 5 tahun yang lalu aku membuat SIM untuk yang pertama kalinya. Saat ini masa berlaku SIM milikku hanya tersisa sekitar dua minggu lagi. Beruntung, bapakku mengajak aku untuk memperpanjang SIM bersama. Aku yang memang tidak mengetahui seluk beluk kota Bekasi seperti mendapat angin segar. Sebab, bapakku sudah cukup lama di kota ini, beliau hafal betul jalanannya.

Awalnya aku ingin mengambil cuti kerja untuk memperpanjang SIM, namun bapak bilang kalau perpanjang SIM bisa dilakukan malam hari. Alhasil akupun membatalkan cuti yang akan aku ambil. Singkat cerita, selepas pulang kerja, aku dan bapak langsung menuju polres bekasi. Kami sampai disana sekitar pukul 20.00 WIB. Aku langsung menjelaskan pada petugas perihal maksud dan tujuanku datang ke polres. – Perpanjang SIM Online.

Petugas langsung mengarahkan aku pada sebuah tempat, lokasinya berada paling belakang sehingga tidak terlihat. Ada beberapa orang yang mengantri disitu. Setelah beberapa lama, giliranku pun tiba. Aku langsung menghampiri petugas dan menjelaskan maksud kedatanganku. Petugas tersebut meminta nomor antrian yang sudah dilakukan secara online. Akupun bingung, sebab aku sama sekali tidak tahu perihal nomor antrian tersebut.

Melihat aku yang memasang wajah kebingungan, petugas berinisiatif menjelaskan perihal nomor antrian tersebut. Ternyata aku harus mendaftar secara online terlebih dahulu, baru kemudian bisa menghubungi petugas tersebut. Setelah diberitahu cara pendaftaran online, akupun langsung mendaftar agar mendapatkan nomor antrian. Namun sayang, nomor antrian terdekat yang aku dapatkan adalah 4 hari kedepan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya orang yang mendaftar. – Perpanjang SIM Online.

Aku yang sempat membujuk petugas untuk segera memproses nomor antrianku, harus menerima kekecewaan. Sebab, petugas hanya akan memproses nomor antrian sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Akhirnya aku dan bapak harus kembali dengan tangan kosong. Singkat cerita, empat hari kemudian aku kembali ke polres. Kali ini aku sudah mempersiapkan semuanya, hingga akhirnya aku berhasil memperpanjang SIM. Sebenarnya untuk memperpanjang SIM sangat mudah dan cepat, asalkan tahu bagaimana caranya.

Syarat Perpanjang SIM Online

Berdasarkan informasi dari cerita diatas, bahwa memperpanjang SIM ternyata tidak sesulit yang dipikirkan. Asalkan kita tahu apa saja syarat perpanjang SIM tersebut. Oleh sebab itu, persiapkan terlebih dahulu persyaratannya sebelum anda datang ke polres. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda dalam proses perpanjangan SIM ini. Lalu apa saja syarat yang harus dipenuhi ketika hendak memperpanjang SIM?

Syarat Perpanjang SIM C

Bagi anda pengemudi sepeda motor, tentu anda memiliki SIM C bukan? Jika belum punya SIM C, silahkan anda buat dahulu SIM tersebut sebagai tanda bahwa anda memiliki izin untuk mengemudi. Sebab sebagai warga negara yang baik kita harus memiliki SIM, sesuai peraturan yang berlaku. Anda juga wajib memperpanjang masa berlaku SIM C yang anda miliki setiap 5 tahun sekali. Jika anda ingin memperpanjang SIM C, sebaiknya siapkan persyaratan-persyaratan berikut. – Perpanjang SIM Online.

Nomor Antrian

Nomor antrian merupakan syarat pertama yang harus anda penuhi. Jika tidak ada nomor antrian, maka anda tidak bisa melakukan proses perpanjangan SIM. Nomor antrian ini didapatkan dengan cara mendaftar secara online pada situs resmi polres yang bersangkutan. Proses pendaftaran ini bisa dilakukan dimanapun anda berada, namun pastikan kuota internet anda mencukup

Surat Keterangan Sehat

Berbeda dengan surat keterangan sehat yang digunakan untuk persyaratan melamar kerja. Surat Keterangan Sehat untuk membuat SIM dibuat di polres, tempat inilah yang pertama kali anda kunjungi. Sebelum anda ke tempat ini, anda diwajibkan mendaftar online terlebih dahulu agar mendapatkan nomor antrian. Sebab, proses pemeriksaan kesehatan hanya akan dilakukan jika anda sudah memiliki nomor antrian. – Perpanjang SIM Online.

Fotocopy KTP

Persyaratan fotocopy KTP ini memang terlihat sepele, namun disarankan mempersiapkannya dari rumah. Sebab, tempat fotocopy terdekat dari polres biasanya hanya ada satu dan antriannya lumayan panjang. Maka dari itu siapkan fotocopy KTP dari rumah, atau tempat fotocopy di perjalanan. Memang sangat menyebalkan bila harus mengantri panjang dan desak-desakan. Ditambah anda akan kehabisan waktu hanya untuk mengantri di tempat fotocopy. Hindari hal seperti itu demi mempernyaman diri anda dalam proses perpanjang SIM ini.

SIM Lama (Asli)

Anda harus membawa SIM lama (asli) sebagai salah satu syarat memperpanjang SIM. Nantinya SIM lama ini akan diambil oleh petugas bersama dengan persyaratan lainnya. Ucapkan selamat tinggal pada SIM lama anda, sebab SIM tersebut tidak akan dikembalikan pada anda lagi. Entah apa yang akan terjadi jika SIM lama rusak/hilang, apakah proses perpanjangan SIM masih bisa dilanjutkan? atau tidak bisa? Bagi pembaca yang mengetahui jawabannya, silahkan berbagi pengalaman di kolom komentar. – Perpanjang SIM Online.

Berpakaian Rapi

Sebenarnya ini bukan syarat administratif, namun disarankan anda memakai pakaian yang rapi dan sopan. Sebab dalam proses perpanjang SIM, anda akan di foto oleh petugas. Foto inilah yang nantinya akan dipasang pada kartu SIM anda. Oleh sebab itu, pastikan foto tersebut adalah foto terbaik anda. Gunakan pakaian rapi dan sopan adalah salah satu triknya. Walaupun muka anda tidak ‘mendukung’, setidaknya dengan berpakaian rapi akan membuat anda terlihat baik.

Syarat Perpanjang SIM Online

Biaya Perpanjang SIM Online

Proses perpanjangan SIM tidak memakan banyak biaya seperti pembuatan SIM baru. Maka dari itu, jika anda sudah memiliki SIM yang hampir habis masa aktifnya, segera perpanjang. Sebab melebihi batas masa aktif SIM tersebut berarti anda harus membuat SIM baru, tentu saja dengan biaya yang lebih mahal. Oleh karena itu, segera perpanjang SIM anda sebelum masa aktifnya habis.

Biaya Perpanjang SIM C

Biaya perpanjang SIM C cukup murah, sangat terjangkau bahkan untuk kantong mahasiswa sekalipun. Namun dengan catatan bahwa anda tidak menggunakan jasa calo. Sebab jika anda menggunakan jasa calo, maka biayanya bisa sampai 2 hingga 3 kali lipat. Bisa dibayangkan bagaimana mahalnya. Berdasarkan pengalaman pribadi, biaya perpanjang SIM C yaitu hanya sekitar seratus ribuan saja. – Perpanjang SIM Online.

Biaya Perpanjang SIM Online

Detail biaya tersebut yaitu, Rp. 25.000 untuk membuat surat sehat dan Rp. 75.000 untuk biaya perpanjangan. Jadi total biaya perpanjang SIM C adalah Rp.100.000. Tentu saja biaya ini tidak termasuk uang transport datang ke polres, dan uang fotocopy persyaratan. Cukup terjangkau bukan?

Proses Perpanjang SIM Online

Paradigma perpanjang SIM yang ribet sudah menjalar pada setiap pemikiran orang. Maka tak heran bila banyak orang-orang yang malas untuk memperpanjang SIM. Padahal, kenyataannya proses perpanjang SIM tidak ribet seperti yang dipikirkan. Lalu bagaimana proses perpanjang SIM yang sebenarnya? Berikut enam langkah proses perpanjang SIM.

Daftar Perpanjang SIM Online

Proses pertama adalah mendaftar SIM Online pada situs resmi polres bersangkutan. Pendaftaran online ini dilakukan agar mendapatkan nomor antrian untuk perpanjang SIM. Tanpa mendapatkan nomor antrian, anda tidak bisa melanjutkan proses untuk perpanjangan. Oleh sebab itu sebelum anda pergi ke polres, pastikan anda sudah mendaftar online dan mendapatkan nomor antrian. Pendaftaran online ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun yang anda inginkan. Berikut langkah-langkah pendaftaran SIM Online agar mendapatkan nomor antrian.

  • Buka situs/website resmi polres yang bersangkutan. Kemudian pilih antrian online (Biasanya ada di bagian menu utama).
Situs/Website Polres
  • Setelah masuk pada halaman antrian, silahkan pilih jadwal pendaftaran. Anda dapat memilih Antrian Pagi atau Antrian Malam. Opsi pemilihan jadwal yang fleksibel ini sangat membantu orang-orang yang ingin memperpanjang SIM, terutama karyawan yang bekerja di pabrik.
Pilih Jadwal Perpanjang SIM Online
  • Kemudian anda akan diarahkan pada Form Antrian Online. Silahkan isi semua kolom dengan data diri anda. Pada bagian Kategori, pilih Pemeriksaan Kesehatan Perpanjangan SIM. Lalu pilih tanggal antrian, disini anda bisa memilih hari terdekat. Namun biasanya jadwal di hari terdekat sudah penuh, sebab banyak yang mendaftar. Klik DAFTAR jika sudah selesai diisi semua.
Form Pendaftaran Nomor Antrian Perpanjang SIM Online
  • Jika jadwal yang dipilih sudah penuh, maka akan muncul popup pemberitahuan. Silahkan klik Terima jika ingin menggunakan jadwal yang ditentukan otomatis oleh sistem.
Pilih Tanggal Antrian SIM yang Tersedia
  • Anda sudah berhasil mendaftar perpanjang SIM secara online untuk membuat nomor antrian. Silahkan download file nomor antrian dalam bentuk PDF lalu print nomor antrian tersebut.
Nomor Antrian Perpanjang SIM Online

Cek Kesehatan

Proses kedua adalah melakukan cek kesehatan. Proses ini dilakukan pada klinik kesehatan yang ada di polres. Tentu saja syaratnya adalah dengan membawa bukti bahwa anda sudah mendaftar online. Tunjukan nomor antrian yang sudah anda print sebelumnya, lalu petugas kesehatan akan memeriksa anda. Pada tahap ini anda akan ditanyakan tinggi badan, berat badan, dan riwayat sakit. Anda juga akan di tes kesehatan mata dengan menjawab angka-angka yang samar. Setelah selesai, lakukan pembayaran sebesar Rp.25.000, lalu anda akan mendapatkan surat keterangan sehat. – Perpanjang SIM Online.

Surat Keterangan Sehat

Melakukan Pembayaran

Proses ketiga adalah melakukan pembayaran perpanjang SIM. Pada proses ini, persyaratan yang harus anda persiapkan adalah print nomor antrian, surat kesehatan, fotocopy KTP, dan SIM lama (asli). Bawa persyaratan tersebut ke loket, kemudian petugas akan memeriksa dokumen persyaratan anda. Setelah selesai diperiksa, anda akan ditagih biaya perpanjangan SIM sebesar Rp.75.000 dan anda akan mendapatkan formulir perpanjangan SIM.

Pembayaran Perpanjang SIM Online

Mengisi Formulir

Proses keempat adalah mengisi formulir yang sudah diberikan oleh petugas. Silahkan isi formulir tersebut pada meja yang sudah ditentukan. Jangan khawatir akan kebingungan, sebab pada tembok di depan meja terdapat sebuah poster besar yang menyerupai formulir tersebut. Di dalam poster tersebut dijelaskan bagaimana cara mengisi formulirnya, dan anda bisa mengikuti arahannya. Setelah selesai mengisi, bawa formulir pendaftaran anda ke loket untuk dicek oleh petugas. Jika semua isian benar, maka formulir tersebut akan dikembalikan pada anda agar diberikan pada petugas pemotretan. – Perpanjang SIM Online.

Contoh Pengisian Formulir Perpanjang SIM Online

Pemotretan

Proses kelima adalah sesi pemotretan, pastikan pakaian dan wajah anda sudah rapi dan besih. Sebab hasil foto dari sesi pemotretan ini akan dipasang pada SIM anda. Berikan formulir pendaftaran yang sudah dicek sebelumnya kepada petugas pemotretan. Pada proses ini, biasanya anda akan mengantri karena petugas pemotretan tidak sebanding dengan orang yang memperpanjang SIM. Sebenarnya anda bukan hanya difoto saja, melainkan juga tanda tangan dan sidik jari. Jadi pastikan jari anda tidak bermasalah agar proses pengambilan sidik jari berjalan cepat. Setelah melalui proses tersebut, anda akan disuruh untuk menunggu pengambilan SIM.

Ruang Pemotretan Perpanjang SIM Online

Ambil SIM

Langkah keenam (terakhir) adalah mengambil SIM. Setelah proses pemotretan selesai, anda akan disuruh untuk menunggu. Pada proses ini, lamanya waktu tergantung dari jumlah orang yang memperpanjang SIM. Semakin banyak orang yang mengantri, maka akan semakin lama juga anda menunggu. Oleh sebab itu, usahakan datang disaat semua orang sedang bekerja. Agar lebih sedikit orang yang mengantri. – Perpanjang SIM Online.

Antri untuk Mengambil SIM

Kesimpulan

Proses pembuatan SIM sangat cepat, asalkan kita mengetahui persyaratannya. Maka dari itu siapkan terlebih dahulu persyaratan perpanjang SIM sebelumnya, agar anda bisa melakukan setiap prosesnya dengan cepat. Ada enam proses dalam membuat SIM, yaitu Pendaftaran, Cek Kesehatan, Pembayaran, Mengisi Formulir, Pemotretan, dan Ambil SIM. Semua proses tersebut dilakukan selama kurang lebih 3-5 jam (pastikan lakukan pendaftaran online jauh-jauh hari), cukup cepat bukan? Anda juga bisa perpanjang SIM pada dua pilihan waktu, yaitu siang hari dan malam hari. Fleksibilitas waktu ini sangat membantu terutama bagi para karyawan yang bekerja di pabrik.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *