Touchscreen – Pengertian, Komponen, dan Tipenya

April 17, 2019 No Comments TEKNOLOGI ZigerWix

Pengertian Touchscreen – dalam bahasa indonesia disebut dengan “Layar Sentuh” merupakan inovasi teknologi yang termasuk dalam kategori perangkat input komputer.

Touchscreen merupakan konsep yang mengandalkan sensor sentuhan baik sentuhan jari maupun pen. Dengan menggunakan touchscreen pengguna komputer maupun smartphone dapat mengoperasikan perangkatnya. dengan cara menyentuhnya untuk menjalankan berbagai macam fungsi yang telah disajikan dalam tampilan layar.

Pengertian Touchscreen

Pengertian touchscreen –  adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antar muka layar sentuh dimana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri. Merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

Komponen Touchscreen

komponen touchscreen atau layar sentuh

Panel Sensor

Komponen ini terletak di lapisan luar tampilan dan menimbulkan aliran listrik tertentu tergantung dimana terdapat sentuhan.

Pengontrol

adalah yang memproses sinyal yang diterima dari panel sensor. kemudian menerjemahkannya ke dalam data sentuhan yang disalurkan kepada prosesor komputer.

Driver Perangkat Halus

berfungsi untuk menerjemahkan data menjadi kerakan tetikus (mouse), memungkinkan panel sensor untuk berfungsi layaknya tetikus. dan menyediakan antarmuka pada sistem operasi komputer.

Tipe-tipe Touchscreen

Pengertian touchscreen – Semua tipe layar sentuh melekat pada unit tampilannya. Perbedaanya terletak pada cara mendeteksi sentuhan dan metode yang digunakan dalam memproses input sentuhan.

Capacitive Overlay

Disetiap sudut layar terdapat sirkuit yang berfungsi untuk mengukur kapasitansi. Sentuhan yang diberikan oleh jari atau alat penghantar lainnya yang merupakan konduktor pada layar menyebabkan gangguan pada kondisi elektrostatis. Gangguan tersebut menyebabkan perubahan kapasitansi. Perubahan yang terjadi terukur oleh sirkuit dan kemudian dipergunakan untuk mendeteksi lokasi sentuhan. Tipe ini memiliki daya tahan yang kuat serta tampilan yang jernih.

Guided Acoustic Wave

Alat ini bekerja dengan mentransmisikan gelombang akustik melalui lapisan atas kaca yang ditempatkan diatas layar tampilan. Ketika suatu alat yang memiliki daya penghantar seperti jari terkontak dengan gelombang, maka transmisi gelombang akustik terganggu oleh jari. Gangguan menyebabkan pengurangan amplitudo dimana pengurangan tersebut diidentifikasi oleh control electronics untuk mendeteksi lokasi sentuhan.

Baca Juga:  Pengertian Download dan Upload

Resistive Overlay

Unggul dalam daya tahan khususnya terhadap perlakuan kasar dan harga terjangkau. Tersusun atas dua lapisan tipis yang terbuat dari kaca atau polyester. yang diselubungi dengan material penghambat dan dipisahkan oleh titik pemisah yang tidak terlihat. Pada Resistive Overlay, arus listrik mengalir pada seluruh bagian layar. Ketika tekanan diberikan kepada layar, kedua lapisan tersebut saling behimpitan yang kemudian menyebabkan perubahan aliran arus listrik. Melalui perubahan tersebut lokasi sentuhan terdeteksi. – Pengertian Touchscreen.

Scanning Infrared

Dalam bingkai sentuhan atau layar terdapat jajaran diode cahaya dan transistor foto. yang masing-masing diletakan di dua sisi yang berlawanan untuk menghasilkan sebuah kisi dari cahaya inframerah yang tidak terlihat. Ketika jari atau alat penghantar lainnya memasuki kisi tersebut, cahaya inframerah yang dipancarkan diode cahaya terhalangi. Foto transistor mendeteksi hilangnya cahaya dan mentransmisikan sinyal yang mengidentifikasi koordinat x dan y dari letak atau alat penghantar tersebut.

Near Field Imaging (NFI)

Tipe ini menggunakan alat atau sirkuit pendeteksi sentuhan yang canggih untuk mendeteksi sentuhan. Alat atau sirkuit tersebut memiliki tingkat ketepatan tinggi. dalam menggunakan data dan memproses gambar untuk menghasilkan profil yang tepat atas sentuhan yang diberikan.

Surface Acoustic Wave

Bekerja dengan mengirimkan gelombang akustik melalui panel kaca yang dilengkapi dengan beberapa transduser dan reflektor. Ketika jari bersentuhan dengan gelombang akustik, gerakan gelombang mengalami perubahan. Perubahan ini kemudian digunakan untuk mendeteksi lokasi sentuhan. Keunggulan tipe ini adalah memiliki tingkat kejernihan yang paling tinggi serta daya tahan yang baik. Namun sensitif terhadap kotoran yang menempel. – Pengertian Touchscreen.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi AA IBE pada halaman KONTAK. AA IBE juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir AA IBE meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *