Pengertian Peta Menurut para Ahli dan Badan Resmi, Full!

April 19, 2019 No Comments PENGETAHUAN ZigerWix

Pengertian Peta

Ada banyak pendapat dari para ilmuan mengenai peta. Dalam artikel ini akan memaparkan pengertian peta menurut para ahli. juga memuat fungsi dan tujuan pembuatan peta.

Aryono Prihandito

Menurut Aryono, peta adalah gambaran permukaan bumi dengan skala tertentu dan digambarkan pada bidang datar dengan sistem proyeksi tertentu. – Pengertian Peta Menurut Para Ahli

Erwin Raisz

pengertian peta menurut para ahli
Erwin Raisz

Pengertian peta adalah gambaran konvensional kenampakan muka bumi yang diperkecil seperti kenampakan aslinya bila dilihat vertikal dari atas. peta dibuat pada bidang datar serta dilengkapi tulisan-tulisan sebagai penjelasan. – Pengertian Peta Menurut Para Ahli

Soetarjo Soerjosumarmo – Pengertian Peta

Pengertian peta menurut Soetarjo. adalah lukisan dengan tinta dari seluruh atau sebagian permukaan bumi yang diperkecil dengan perbandingan ukuran yang disebut skala atau kadar. – Pengertian Peta Menurut Para Ahli

F.J Mounkhous dan H.R Wilkinson

Peta adalah suatu perakitan terpadu/sintesa dari empat kelompok informasi yaitu titik, garis, wilayah, dan nama yang dikemukakan dalam istilah. Istilah tersebut adalah liputan, ciri, pola, bentuk, ukuran, ketebalan, simbol, dan lain-lain. Batasan diatas langsung menunjuk kepada segi teknik penetapan simbol, dan analisis keruangan aspek persebaran data. Dalam jenis, besaran, serta penamaan geografiknya(toponimy).

ICA (International Cartographic Assosiation)

International Cartographic Association (ICA). Peta diartikan sebagai suatu representasi atau gambaran unsur-unsur kenampakan abstrak dari permukaan bumi. yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa dan umumnya digambarkan pada bidang datar secara diperkecil atau diskalakan.

BAKOSURTANAL – Pengertian Peta

Bakosurtanal adalah akronim dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional. Menurut lembaga ini, pengertian peta adalah wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan yang dapat menjadi sumber informasi. bagi para perencana dan pengambilan keputusanpada tahapan dan tingkatan pembangunan.

Badan Informasi Geospasial

Peta adalah wahana untuk penyimpanan dan penyajian data kondisi sebuah lingkungan. yang dapat difungsikan bagi perencana dan pengambil keputusan dalam peningkatan pembangunan.

KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). peta diartikan sebagai suatu gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung dan lain sebagainya. representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan sifat, seperti batas daerah, sifat permukiman dan denah.

Baca Juga:  Pengertian Cuaca dan Cara Menghafal Unsur Cuaca

peta kbbi

Wikipedia – Pengertian Peta

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda. mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa peta merupakan penampakan permukaan bumi yang digambarkan pada bidang datar. Didalam sebuah peta terapat komponen-komponen penunjang, yang dapat memberikan informasi. Komponen tersebut adalah judul, garis tepi, skala, orientasi, garis astronomis, lettering, warna, simbol, legenda, sumber dan tahun pembuatan, serta inset.

Selain itu, peta juga memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut dibedakan berdasarkan isi, bentuk, skala, sumber data, keadaan objek, dan statistiknya. Peta berdasarkan isinya dibedakan menjadi dua, yaitu peta umum dan peta khusus. Berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi tiga, yaitu peta datar, peta timbul, dan peta digital. Kemudian berdasarkan skalanya, peta dibedakan menjadi empat. Yaitu peta kadaster, besar, menengah, dan peta kecil. Berdasarkan sumber datanya, peta dibedakan menjadi dua, yaitu peta induk dan peta turunan. Lalu berdasarkan keadaan objeknya, peta dibedakan menjadi dua, yaitu peta dinamik dan peta stasioner. Yang terakhir adalah peta berdasarkan statistiknya, dibedakan menjadi dua. Yaitu peta statistik distribusi kualitatif, dan peta statistik distribusi kuantitatif. – Pengertian Peta Menurut para Ahli.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *