Pengertian Hujan dan Jenisnya, Mudah Dipahami!

April 28, 2019 No Comments PENGETAHUAN ZigerWix

Pengertian Hujan dan Jenisnya

Indonesia adalah salah satu negara yang di lewati oleh garis edar matahari. Oleh karena itu negara indonesia termasuk ke dalam wilayah Tropis. Daerah yang berada di zona iklim tropis hanya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. – Pengertian Hujan dan Jenisnya.

Pengertian Hujan

Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu diatas titik leleh es didekat dan diatas permukaan bumi.

Di bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air. yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan. yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara.

Jenis-jenis Hujan

Ada berbagai jenis hujan yang terjadi, semua itu tidak lepas dari elemen-elemen yang mempengaruhinya. Elemen-elemen yang dimaksud adalah angin, bentuk muka bumi, suhu, tekanan, dan sebagainya. Hujan dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu hujan Berdasarkan Proses Terjadinya, Berdasarkan Partikel, dan Berdasarkan Curahnya.

A. Berdasarkan Proses Terjadinya – Pengertian Hujan

Siklonal

Hujan yang terjadi akibat naiknya udara panas dari permukaan bumi disertai adanya angin yang berputar-putar pada titik tertentu. Jenis hujan ini hanya dapat terjadi di daerah sekitar khatulistiwa. Ciri hujan ini adalah dapat dilihatnya mendung gelap secara mendadak dan menghasilkan curah hujan yang deras.

Senithal (Zenithal)

Jenis hujan ini diakibatkan adanya pertemuan pasat tenggara dan angin pasat timur, yang umumnya terjadi di sekitar khatulistiwa.

Udara panas hasil pertemuan kedua angin tersebut naik ke atmosfer dan menyebabkan suhu di sekitar awan turun secara perlahan.

Orografis

Hujan ini terjadi akibat pergerakan awan ke arah horizontal yang dibawa angin. Kemudian angin membawa awan mencapai suatu daerah pegunungan dan mengalami kondensasi karena suhu di dingin yang ada di sekitarnya.

Frontal

Jenis hujan ini terjadi akibat pertemuan massa udara dingin dengan massa udara panas. Pertemuan kedua udara tersebut terjadi pada sebuah tempat bernama “bidang front”. Hal ini mengakibatkan masa udara dingin berada dibawah dan menstimulasi terjadinya hujan disekitar bidang front.

hujan zenithal

Muson

Hujan ini diakibatkan pengaruh angin muson. Angin muson sendiri terjadi akibat pengaruh gerak semu tahunan matahari terhadap khatulistiwa bumi. Di Indonesia, jenis hujan ini terjadi antara oktober sampai april.

Buatan

Terjadinya hujan jenis ini adalah karena adanya campur tangan manusia dalam memanipulasi keadaan fisik atmosfer lokal. Tepatnya dengan memanfaatkan proses tumbuhkan dan penggabungan dalam pembentukan awan (ice nucleation).

Baca Juga:  Teori Pembentukan Bumi

B. Hujan Berdasarkan Partikel – Pengertian Hujan

Hujan Asam

Biasanya hujan memiliki ph netral (7). Namun ada juga hujan yang memiliki ph rendah, yakni di bawah 5 atau 6 derajat keasaman. Inilah yang di namakan dengan hujan asam. Hal ini bisa terjadi ketika karbondioksida (CO2) yang berada di udara bisa larut dengan air hujan. Kemudian air hujan yang awalnya memiliki ph asam lemah (6) bereaksi dengan COatau karbondioksida tadi dan hasilnya adalah air yang bertambah asam. Air yang memiliki ph di bawah 5 tadi naik ke atas awan dan menggumpal. Kala massa awan sudah melewati batas jenuh, jatuhlah ke permukaan bumi. – Pengertian Hujan.

Manfaat hujan asam ini mampu mempercepat pelarutan mineral yang ada di dalam tanah, dimana sangat di butuhkan oleh flora dan fauna. Sayangnya hujan asam ini membawa dampak buruk pada manusia, yakni mempercepat proses korosi pada besi. Jika anda melewati papan reklame yang terpasang di toko toko yan sudah keropos, itu merupakan salah satu bukti hujan asam, Menjadi sangat berbahaya jika selalu terjadi hujan asam di tempat yang banyak jembatannya. Sebab bisa mengeroposkan pegangan jembatan (yang biasanya terbuat dari besi) tersebut. – Pengertian Hujan.

Hujan Es

Hujan Es adalah hujan yang menjatuhkan es berukuran lebih besar dari salju. Namun fenomena hujan es sangat jarang terjadi.

Hujan Salju

Hujan Salju adalah hujan yang menjatuhkan kristal-kristal es dengan suhu di bawah 0°C.

Hujan Deras

Hujan deras merupakan hujan yang menjatuhkan partikel air dengan butiran berukuran diameter >7,0 mm.

Hujan Gerimis

Hujan gerimis adalah hujan yang menjatuhkan partikel air dengan butiran berukuran diameter < 0,5 mm. – Pengertian Hujan.

C. Hujan Berdasarkan Curahnya – Pengertian Hujan

Hujan Sangat Lebat

Hujan sangat lebat yakni hujan dengan curah hujan atau jumlah air > 100 mm perhari.

Hujan Lebat

Hujan lebat yakni hujan dengan curah atau jumlah air sebanyak 50 mm hingga 100 mm perhari.

Hujan Sedang

Hujan sedang yakni hujan dengan curah atau jumlah air sebanyak 20 mm hingga 50 mm perhari. – Pengertian Hujan.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *