Pengertian Geografi Menurut Para Ahli, Lengkap dan Mudah!

April 6, 2019 No Comments PENGETAHUAN ZigerWix

Pengertian Geografi –  Geografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena yang ada di bumi. Baik itu fenomena alam, maupun fenomena buatan makhluk hidup. Jika dilihat menurut para ahli tentang geografi, seperti apa?. Berikut beberapa pengertian geografi menurut para ahli:

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Lobeck – Pengertian Geografi

Geografi adalah studi atau ilmu pengetahuan yang membahas tentang hubungan-hubungan yang ada diantara kehidupan dengan lingkungan fisik.

Eratosthenes

Geografi berasal dari kata “geographica”. yang artinya penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.

Immanuel Kant

Geografi adalah ilmu yang objek studi nya adalah benda-benda. hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan bumi.

Karl Ritter – Pengertian Geografi

Geografi adalah suatu telaah bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan bumi.

Bintarto

Geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi. Baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup. Beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan dan regional. – Pengertian Geografi.

Daldjoeni

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga pokok. Spasial = geografi mempelajari tentang persebaran gejala, baik yang bersifat alami maupun manusiawi di muka bumi. Ekologi = mepelajari bagaimana manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungan. Region = mempelajari tentang wilayah sebagai tempat tinggal manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Berdasarkan kesatuan fisiografisnya.

Hartshorne – Pengertian Geografi

Pada tahun 1960, Hartshorne mengemukakan mengenai pengertian dari geografi. Yaitu ilmu yang berkepentingan dalam memberikan deskripsi yang teliti, beraturan serta rasional mengenai sifat variabel dari permukaan bumi.

Halford Mackinder

Halford Mackinder mengungkapkan bahwa, geografi adalah ilmu yang mempunyai fungsi utama menyelidiki interaksi manusia dalam masyarakat. Interaksi tersebut terjadi pada masyarakan dengan lingkungan yang berbeda menurut lokasinya.

Ullman

Seorang ilmuan bernama Ullman, pada tahun 1954, mengemukakan pengertian tentang geografi. Menurutnya, geografi adalah interaksi antar ruang. Pengertian yang singkat, namun memiliki makna yang luas. Dimana ruang tersebut bisa berarti tempat manusia berada, di seluruh muka bumi.

Claudius Ptolomaeus – Pengertian Geografi

Salah satu ilmuan yang namanya di kenal oleh dunia. Ilmuan ini juga pernah menyumbangkan pemikirannya tentang arti geografi. Menurutnya, geografi adalah suatu penyajian melalui peta sati sebagian dan seluruh permukaan bumi.

Strabo

Pada tahun 1970, Strabo memberikan kontribusi nya mengenai pengertian geografi. Menurutnya, geografi adalah sesuatu atau bidang yang erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat Strabo, pada perkembangannya disebut dengan konsep Natural Attribute of Place.

Alexander Von Humboldt

Menurut ilmuan ini, geografi adalah studi yang mempelajari tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia. Menurutnya, geografi ini berkaitan dengan alam dan juga makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Elsworth Huntington – Pengertian Geografi

Menurut Huntington, geografi adalah studi tentang fenomena permukaan bumi beserta penduduk yang menghuninya. Beliau juga menjelaskan bahwa adanya hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat permukaan bumi dengan penduduk.

Baca Juga:  Pendekatan Geografi dan Contohnya Lengkap!

Eklaw dan Mulkerne

Dua ilmuan ini pernah berkontribusi mengenai pemikirannya tentang geografi. Menurut mereka, geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi dan kehidupannya. Yang mempengaruhi pandangan hidup kita, dan makanan yang kita konsumsi. Juga pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni serta tempat rekreasi yang kita nikmati. Pendapat Eklaw dan Mulkerne mencakup hal yang lebih luas, hingga kehidupan sosial masyarakat.

Friederich Ratzel

Seorang ilmuan bernama Friederich Ratzel, pernah menyumbangkan pemikirannya tentang geografi yang terdapat pada bukunya “Politische Geographie”. Friederich menamakannya konsep Lebensraum, yang mempunyai arti wilayah geografis sebagai sarana bagi organisme untuk berkembang.

Paul Vidal de La Blance – Pengertian Geografi

Ilmuan bernama Paul Vidal de La Blance, mengemukakan pendapatnya tentang geografi. Menurutnya, gegrafi adalah studi mengenai kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung pada bagaimana manusia mengelola alam ini.

Herioso Setiyono

Pada tahun 1996, Herioso Setiyono mengungkapkan pengertian geografi sebagai berikut. Ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya serta merujuk terhadap pola persebaran horisontal di permukaan bumi.

Basri Mustofa

Menurutnya, gografi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang persamaan serta perbedaan fenomena geosfer. Yang dilihat dari sudut pandang kewilayahan dan kelingkunganan dalam konteks keruangan.

Haris – Pengertian Geografi

Pada tahun 2012, Haris menjelaskan tentang pengertian geografi. Menurutnya, geografi adalah suatu bidang ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang ada di permukaan bumi. Dengan menggunakan konsep spasial, untuk pemanfaatan pembangunan yang ada di permukaan bumi.

Preston E. James

Menurutnya, geografi merupakan induk dari segala ilmu pengetahuan. Hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu dimulai dari keadaan muka bumiyang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

Von Rithoffen

Ilmuan Von Rithoffen, adalah salah satu ilmuan yang berkontribusi dalam pemikirannya terhadap pengertian geografi. Menurutnya, gografi adalah studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya. Yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat tersebut.

Wikipedia

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan. atas fenomena fisik dan manusia diatas permukaan bumi.

Itulah pengertian geografi menurut para ahli, dan juga menurut AA IBE. Jika masih ada yang belum mengerti silahkan bisa hubungi AA IBE atau cari referensi buku pendukung.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *