Pengertian Cuaca dan Cara Menghafal Unsur Cuaca

April 23, 2019 No Comments PENGETAHUAN ZigerWix

adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit (tidak luas). dan pada jangka waktu yang relatif singkat. Definisi lain dari cuaca adalah keadaan udara harian pada suatu tempat tertentu dan meliputi wilayah yang sempit. keadaan cuaca ini dapat berubah setiap harinya. – Pengertian Cuaca.

Pengertian cuaca yang lainnya adalah suatu keadaan rata-rata udara sehari-hari disuatu tempat tertentu. dan meliputi wilayah yang sempit dalam jangka waktu yang singkat.

Unsur Cuaca

ada cara mudah dalam mengingat unsur-unsur cuaca, yaitu “SuKA TAHu”. apa itu Suka Tahu? Suka Tahu merupakan singkatan dari SUhu, Kelembapan, Angin, Tekanan, Awan, HUjan.

Suhu

Su – Suhu. adalah suatu ukuran besaran yang menunjukan derajat panas dari suatu benda atau tempat. Tempat yang panas akan menunjukan suhu yang tinggi dari pada tempat yang dingin. – Pengertian Cuaca.

Suhu antara satu tempat dengan tempat lainnya akan berbeda, tergantung dari faktor berikut:

1. Lamanya penyinaran matahari.

2. Ketinggian suatu tempat.

3. Keadaan awan.

4. Keadaan tumbuhan.

5. Sudut penyinaran matahari.

Kelembapan

K – Kelembapan. adalah banyak-sedikitnya  uap air yang terkandung dalam udara pada waktu tertentu. Kelembapan udara dapat diukur dengan alat yang disebut Higrometer.

Baca Juga:  Sosiologi Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri dan Objeknya

Angin

A – Angin. yaitu udara yang bergerak dari daerah bertekanan maksimum (tinggi) ke daerah tekanan minimum (rendah). untuk mengukur kecepatan dan arah angin digunakan anemometer dengan menggunakan skala beaufort. – Pengertian Cuaca.

Tekanan

T – Tekanan. Tekanan disini berarti tekanan udara. yaitu suatu gaya yang timbul karena adanya berat dari lapisan udara. besarnya tekanan udara di suatu tempat dapat berubah-ubah. atau kerapatan massa udara dalam satuan wilayah tertentu. Sedangkan alat untuk mengukur tekanan udara adalah barometer.

Awan

A – Awan. adalah kumpulan tetesan air (kristal es) di atmosfer yang terjadi karena adanya pengembunan/pemadatan uap air. yang terdapat di dalam udara setelah melampaui titik jenuh. – Pengertian Cuaca.

Hujan

HU – Hujan. merupakan intensitas atau jumlah air hujan yang turun pada suatu wilayah dalam waktu tertentu.

unsur cuaca hujan

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi AA IBE pada halaman KONTAK. AA IBE juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir AA IBE meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *