Awan Lengkap! Pengertian dan Jenisnya

Mei 2, 2019 No Comments PENGETAHUAN ZigerWix

Pengertian Awan

Awan adalah suatu gumpalan uap air yang terbentuk oleh adanya siklus daur air yang terus menerus terjadi. Siklus daur air ini biasa disebut oleh para ahli sebagai siklus hidrologi.

Adanya pemuaian air yang menguap menuju atmosfer dikarenakan oleh adanya panas bumi dan pancaran sinar matahari. Kemudian, terjadi pengembunan dan pemadatan uap air yang bergabung menjadi satu pada tingkat ketinggian tertentu diatas langit dan membentuk awan.

Pada tahun 1894 Komisi Cuaca dan Langit Internasional membagi dan menyepakati jenis-jenis awan yang ada di langit. Yaitu dibagi berdasarkan ketinggian tempat dan bentuknya.

Jenis Awan Berdasarkan Ketinggian

1. Rendah. – Jenis ini terletak pada ketinggian tak lebih dari 3 KM diatas permukaan laut. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah: Stratus, Nimbostratus, Stratocomulus.

2. Sedang. – Kelompok ini berada pada ketinggian yang berbeda-beda tergantung iklim yang berada di daerah tempat terbentuknya. Pada daerah beriklim kutub, awan ini berada pada ketinggian 2-4 KM diatas permukaan laut. Di iklim tropis, berada pada ketinggian 2-8 KM. sedangkan pada iklim sedang, berada pada ketinggian 2-7 Km diatas permukaan laut. contohnya: Altostratus, Altocomulus.

3. Tinggi. – Sama seperti kelompok awan sedang, kelompok ini juga berada pada ketinggian yang berbeda-beda. pada iklim tropis, jenis ini bisa berada di ketinggian 6-18 KM. dan di iklim sedang, jenis ini bisa berada pada ketinggian 5-13 KM. sedangkan pada iklim dingin (kutub) berada di ketinggian 3-8 KM. Contohnya: Cirrocumulus, Cirostratus, Cirrus.

Baca Juga:  Pengertian Astronomi, Mudah Dipahamai untuk Pemula

Jenis Awan Berdasarkan Bentuk

1. Cirrus – Awan yang memili bentuk mirip dengan bulu ayam. Jenis ini terlihat halus dan tipis. namun memiliki serat antar bagiannya. Karena tipis, jenis ini tidak akan menyebabkan hujan.

awan cirus
Cirrus

2. Stratus – Jenis ini tersebar luas dan merata di seluruh bagian langit bumi. seolah-olah, stratus bertugas menyelimuti bumi. Awan stratus yang dapat menimbulkan hujan disebut dengan Nimbostratus.

awan stratus
Stratus

3. Comulus – Bentuknya awan ini seperti bulu domba yang bergumpal-gumpal. Volumenya besar dan tebal, membawa titik-titik air. Jenis ini mampu menurunkan hujan. Comulus yang berpotensi menyebabkan hujan disebut Comulonimbus.

awan comulus
Comulus

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi AA IBE pada halaman KONTAK. AA IBE juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir AA IBE meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *