Pengertian Astronomi, Mudah Dipahamai untuk Pemula

April 22, 2019 No Comments PENGETAHUAN ZigerWix

Pengertian Astronomi – adalah cabang ilmu alam yang meneliti benda langit (seperti bintang, planet, komet, dll). serta fenomena-fenomena alama yang terjadi di luar atmosfer bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik). Ilmu ini secara pokok mempelajari berbagai sisi dari benda-benda langit. seperti asal usul, sifat fisika/kimia, meteorologi dan gerak. serta bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesat.

Pengertian Astronomi

Astronomi sebagai ilmu adalah salah satu yang tertua, sebagaimana diketahui dari artifak-artifak astronomis yang berasal dari era prasejarah. misalnya monumen dari mesir dan nubia, atau stonehenge yang berasal dari britania. Orang-orang dari peradaban awal semacam babilonia, yunani, tiongkok, india dan maya. juga didapati telah melakukan perkembangan menjadi cabang ilmu pengetahuan modern melalui penemuan teleskop.

Cabang Ilmu Astronomi

Cukup banyak cabang ilmu yang pernah turut disertakan sebagai bagian dari astronomi. Apabila diperhatikan, sifat cabang ini sangat beragam. dari astrometri, pelayaran berbasis angkasa, astronomi observasional, sampai dengan penyusunan kalender dan astrologi. meski demikian, dewasa ini astronomi profesional dianggap identik dengan astrofisika. Pada abad ke-20, astronomi profesional terbagi menjadi dua cabang. yaitu: Astronomi Observasional dan Astronomi Teoretis. – Pengertian Astronomi.

Astronomi Observasional

adalah cabang dari ilmu astronomi yang mengusut langit dengan praktek sendiri. Contah praktek dari astronomi observasional meliputi. pergerakan matahari, perubahan fase dan gerak dari bulan, menjejakkan pergerakan planet, mengukur luminositas matahari, dll.

Baca Juga:  Pendekatan Geografi dan Contohnya Lengkap!

Sebelum teleskop ada untuk memodernisasikan astronomi, mata telanjang telah membantu manusia untuk mempelajari langit, seperti. merkurius, venus, bintang, dan bulan. Setelah adanya teleskop, kini jangkauannya lebih luas lagi seperti galaksi, nebula, gugusan galaksi, dll. – Pengertian Astronomi.

Astronomi Teoretis

adalah cabang astronomi yang berfokus pada teori-teori astronomi atau prediksi yang bisa diuji melalui pengamatan. Para astronom teoretis menggunakan pengamatan untuk terus memperbaiki pemahaman kita tentang hukum fisika.

Terdapat banyak jenis-jenis metode dan peralatan yang bisa dimanfaatkan oleh seorang astronom teoritis. antara lain model-model analitik (misalnya pilitrop untuk memperkirakan perilaku sebuah bintang). dan simulasi-simulasi numerik kompputasional masing-masing dengan keunggulannya sendiri. Model-model analitik umumnya lebih baik apabila peneliti hendak mengetahui pokok-pokok persoalan dan mengamati apa yang terjadi secara garis besar. model-model numerik bisa mengungkapkan keberadaan fenomena-fenomena serta efek-efek yang tidak mudah terlihat. – Pengertian Astronomi.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi AA IBE pada halaman KONTAK. AA IBE juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir AA IBE meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *