Pengertian Arduino dan Jenisnya, Mudah Dipahami

April 6, 2019 No Comments TEKNOLOGI ZigerWix

Pengertian Arduino – Adalah sebuah alat elektronik yang di dalamnya terdapat mikrokontroler. Dapat dikatakan bahwa arduino juga merupakan sebuah mikrokontroler. Bahasa pemrograman arduino mirip dengan bahasa C, namun sedikit dimodifikasi. AA IBE sebut itu adalah bahasa pemrograman C for Arduino. Untuk lebih lengkap nya mari kita simak pengertian arduino berikut.

Pengertian Arduino

Arduino adalah sistem purnarupa elektronika berbasis open source yang fleksibel dan mudah digunakan. Baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Arduino sebagai sebuah platform komputasi fisik yang open source pada board input output sederhana. yaitu sistem fisik yang interaktif dengan penggunaan software dan hardware yang dapat mendeteksi dan merespon situasi dan kondisi.

Sejarah Arduino

Hardware arduino diciptakan pertama kali oleh Massimo Banzi dan 5 orang rekannya, yang berasal dari italia. Bahasa arduino merupakan turunan bahasa wiring platform dan bahasa processing. Sebenarnya arduino dikembangkan dari thesis Hernando Barragan. Arduino dapat menerima input dari berbagai macam sensor. Selain itu juga dapat mengeluarkan output yang dapat mengontrol alat-alat elektronik dengan sinyal digital maupun analog. 

Jenis-Jenis Arduino – Pengertian Arduino

Ada berberapa jenis arduino sebagai berikut:

Arduino Uno. Jenis ini paling banyak digunakan terutama untuk pemula. Versi terakhir dari Arduino Uno adalah R3 (Revisi 3).

Arduino uno
Arduino Uno

Arduino Due. Arduino ini menggunakan ARM Cortex CPU yaitu chip yang lebih tinggi. Memiliki 54 I/O dan 12 pin input analog. – Pengertian Arduino.

arduino due
Arduino Due

Arduino Mega. Hampir sama dengan Arduino Uno. Akan tetapi Arduino Mega menggunakan chip yang lebih tinggai yaitu ATMEGA2560.

arduino mega
Arduino Mega

Arduino Nano. Berukuran lebih kecil dari Arduino Uno dan bentuknya seperti persegi panjang. Dilengkapi dengan FTDI untuk pemrograman melalui micro USB. – Pengertian Arduino.

Arduino Nano

Arduino Mini. Fitur nya sama dengan Arduino Nano. Hanya saja tidak dilengkapi dengan mircro USB untuk pemrogramannya.

Baca Juga:  Jenis Atribut Basis Data

Micro. Jenis ini memiliki ukuran yang lebih panjang dari Arduino Nano dan Arduino Mini. Karena fasilitasnya lebih banyak. yaitu, 20 pin I/O digital dan 12 pin analog.

Arduino Fio. Memiliki bentuk yang unik. Jumlah pin I/O nya sama dengan Arduino Uno. Hanya saja Arduino Fio memiliki Socket XBee. Hal ini dapat memungkinan untuk keperluan project yang berhubungan dengan wireless.

Arduino Ethernet. Sudah dilengkapi dengan ethernet. Membuatnya dapat terhubung dengan jaringan LAN pada komputer. Fitur pin nya sama dengan Arduino Uno. – Pengertian Arduino.

Arduino Lilypad. Bentuknya melingkar sehingga dapat digunakan untuk membuat project yang unik. Dengan 14 pin I/O digital, dan 6 pin input analognya.

Arduino Leonardo. Merupakan kembaran dari Arduino Uno. Hanya saja perbedaannya adalah Arduino Leonardo menggunakan micro USB untuk pemrogramannya.

Arduino Esplora. Sudah dilengkapi dengan joystick, button dan sebagainya. Hanya perlu menambahkan LCD agar fiturnya lebih maksimal. Dengan demikian kamu bisa membuat berbagai project dengan Arduino jenis ini.

Arduino Robot.  Merupakan paket komplit yang sudah berbentuk robot. Dilengkapi dengan LCD, Speaker, Roda, Sensor infrared, dan sebagainya.

Akan selalu update arduino jenis baru. Jadi sebenarnya mungkin masih ada jenis arduino selain yang disebutkan diatas. Bahkan akan terus bermunculan jenis-jenis baru yang lebih memudahkan dalam membuat project. Bagi yang ingin mendownload program arduino silahkan bisa melalui link resmi arduino. – Pengertian Arduino

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi AA IBE pada halaman KONTAK. AA IBE juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir AA IBE meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *