Pengertian Android dan Tingkatan Android, Lengkap!

Juli 8, 2019 No Comments TEKNOLOGI ZigerWix

Jika kalian pengguna smartphone, sudah dipastikan bahwa Operasi Sistem (OS) yang kalian gunakan adalah android. Karena pada saat ini, umumnya samartphone menggunakan OS tersebut. Namun, apakah kalian tahu pengertian android?. Silahkan simak dan pahami artikel ini dengan seksama, karena di dalamnya juga memuat tingkatan android.

Tingkatan Android

Pengertian Android

Android adalah sistem operasi untuk device bergerak (mobile), salah satu penciptanya adalah Andy Rubin (Bapak Android). Sistem Operasi ini dikembangkan oleh Android Inc, yang kemudian dibeli oleh google pada tahun 2005. Hingga saat ini, pengembangan android berada di tangan google. Akan tetapi google tetap mengijinkan Operasi Sistem ini secara terbuka, sehingga termasuk dalam perangkat lunak yang open source. Ini berarti, semua orang bisa mengembangkan operasi sistem android. – Pengertian Android dan Tingkatan Android.

Sejarah Android

Pada awalnya, android dikembangkan untuk kamera digital, bukan untuk ponsel. Karena saat itu bisnis kamera digital kurang diminati, maka android inc merubah target pasarnya pada pecinta ponsel. Sampai detik ini, android masih merajai operasi sistem untuk smartphone dan tablet.

Namun begitu, karena bersifat open source, maka banyak pengembang yang mengembangkan android agar bisa digunakan pada komputer atau laptop. Kini, android sudah memiliki banyak versi atau tingkatan android. Tingkatan yang terbaru pada 08 Juli 2019 adalah android pie, yang sudah banyak digunakan oleh smartphone dari berbagai merk. – Pengertian Android dan Tingkatan Android.

Tingkatan Android

Sejak diluncurkan untuk pertama kalinya pada tahun 2008, android selalu mengeluarkan versi android terbaru. Setiap versi, mengembangkan versi sebelumnya untuk menghilangkan bug dan menambahkan fitur baru. Selain itu, setiap versi memiliki ciri khas masing-masing, hal ini bisa dilihat dari user interfacenya. Berikut penjelasan mengenai tingkatan android, hingga saat ini (2019). – Pengertian Android dan Tingkatan Android.

Android Cupcake – Pengertian Android

Cupcake

Merupakan versi pertama android yang diluncurkan secara komersil, versi ini juga yang pertama kalinya dibuat dengan nama kue atau cemilan. Pada tingkatan ini, android hanya memiliki fitur android standar. Seperti fitur widget, keyboard virtual, dan auto rotate yang memudahkan pengguna.

Android Donut

Google memberikan nama donut, pada versi setelah cupcake. Pada versi ini, fitur-fitur baru mulai diciptakan. Beberapa diantaranya adalah, indikator penggunaan baterai, dukungan CDMA, dan yang paling mencolok adalah mesin penerjemah teks ke suara. Update yang dilakukan pada versi ini adalah penambahan beberapa fitur, dan perbaikan bug yang ada. – Pengertian Android dan Tingkatan Android.

Android Eclair

Eclair

Merupakan versi android yang menjadi cikal bakal untuk menuju handphone pintar, yang sudah dibekali dengan fitur-fitur baru. Beberapa fitru tersebut adalah dukungan fitur kamera seperti fokus, efek warna, dan flash. Selain itu juga terdapat fitur live wallpaper, yang saat itu terlihat ‘keren’ pada masanya.

Android Froyo – Pengertian Android

Adalah singkatan dari Frozen Yogurt, yang dirilis dengan fitur-fitur baru karena banyaknya popularitas pengguna android. Dalam versi ini, tersedia fitur inovatif seperti portable WiFi Hotspot, push notification, dan USB teathering. Pengguna juga dapat memindahkan data pada memori eksternal, hal ini membuat performa dan optimalisasi yang cukup signifikan. – Pengertian Android dan Tingkatan Android.

Android Gingerbread

Gingerbread

Pada versi ini, popularitas android berada pada puncaknya. Dimana para pengguna OS lain, seperti iOS, dan blackberry, mulai berpindah menggunakan android. Tampilan versi gingerbread dibuat lebih intuitif dan simple, yang terdapat sistem pembayaran modern NFC.

Android Honeycomb

Versi ini hanya digunakan oleh perangkat tablet saja, sehingga jarang sekali ada yang mengetahuinya. Honeycomb dibekali dengan kelebihan fitur unggulan seperti System Bar, Home Screen, dan dukungan processor multi-core. Semua fitur tersebut dapat dikustomisasi dengan bebas.

Baca Juga:  Pengertian CMS, CMA, dan CDA dengan Mudah

Android ICS – Pengertian Android

Ice Cream Sandwitch

Pengalaman google dalam membuat versi Honeycomb yang terpisah antara handphone dan tablet, membuat pihak google mempertimbangkan kembali. Sebab versi yang terpisah ini, akan membuat tugas development sedikit lebih repot. Maka dari itu, pada versi ICS (Ice Cream Sandwich), google kembali menyatukan antara handphone dan tablet. Karena optimalisasi nya akan lebih mudah, jika dibandingkan dengan yang terpisah. Fitur tambahan yang mencolok pada versi ini adalah Android Beam, dimana pengguna bisa melakukan transfer data dengan mudah melalui NFC. – Pengertian Android dan Tingkatan Android.

Android Jelly Bean

Pada versi ini, google menambahkan dukungan konten gambar 4K UHD ditambah dukungan emoji. Google memfokuskan untuk meningkatkan keamanan sistem operasi dan performa, pada versi Jelly Bean. Sehingga sedikit fitur yang ditawarkan.

Android KitKat

Android Kitkat

Google meningkatkan performa sistem operasinya, pada versi ini. Selain itu, juga meningkatkan user experience. Namun sebagai konsekuensinya, para pengguna tidak bisa memindahkan data ke memori eksternal. Sebab, untuk mendapatkan performa yang tinggi, semua data harus berada dalam memori internal.

Android Lollipop – Pengertian Android

Pengguna berharap banyak pada versi ini, yaitu menginginkan tampilan yang lebih segar dan baru. Namun sepertinya kekecewaan harus dialami oleh para pengguna, sebab pada versi ini google dan android tidak merubah banyak dari sebelumnya. Justru tampilan UI nya, dianggap lebih membosankan. Fitur yang paling mencolok adalah, adanya fitur untuk melihat notifikasi saat layar terkunci. – Pengertian Android dan Tingkatan Android.

Android Marshmallow

Android Marshmallow

Demi mengobati para pengguna yang kecewa dengan versi Lollipop, google dan android kembali meluncurkan versi baru. Dalam versi Marshmallow, terdapat fitur yang baru yang lebih canggih. Fitur tersebut antara lain dukungan sensor sidik jari untuk membuka layar, Doze untuk menghemat baterai, dan dukungan USB tipe C. Selain itu, terdapat juga fitur percobaan yaitu Multi-Window agar pengguna bisa memakai dua aplikasi berbeda dalam satu layar.

Android Nougat

Versi Nougat dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif, dan juga performa yang lebih baik. Fitur percobaan Multi-Window pada versi sebelumnya, juga sudah di sempurnakan. Yaitu fitur untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan, contohnya membuka pesan sambil menonton youtube.

Android Oreo

Hal yang mencolok pada versi ini adalah tampilannya, yaitu lebih segar dan rapih jika dibandingkan dengan pendahulunya. Pada versi ini, difokuskan pengembangan agar pengguna dapat mencari informasi dengan cepat dan mudah dalam mengakses aplikasi. Ditambah dengan fitur baru seperti Picture in Picture, Notification Dots, emoji, Autofill untuk isi formulir, dan masih banyak lagi. – Pengertian Android dan Tingkatan Android.

Android Pie – Pengertian Android

Android Pie

Merupakan versi terbaru dari android, yang sangat terlihat jelas perbedaannya. Versi terbaik saat ini, yang melakukan lompatan besar dalam sejarah sistem operasi handphone. Dalam android Pie, sudah di dukung kemampuan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan). Dengan ini, android sudah bisa mempelajari pola penggunanya. Dapat menyesuaikan penggunaan baterai, sehingga lebih hemat. Jika ditanya, versi android terbaik apa? maka jawabannya adalah android Pie.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi AA IBE pada halaman KONTAK. AA IBE juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir AA IBE meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *