Pengalaman Menjadi Blogger dan Suka Duka yang Dialami

Seperti biasa, Aplikasi Super (superapp.id) mengadakan lomba blog untuk yang kesekian kalinya. Ada banyak hadiah menarik yang bisa didapatkan untuk para pemenang, sehingga kompetisi ini selalu diikuti oleh banyak blogger ternama. Selain hadiah yang menarik, tema dari lomba ini juga tak kalah menariknya. Peserta harus memilih salah satu dari beberapa tema yang disediakan, dan aku sendiri langsung fokus pada pilihan tema tentang “Pengalaman & Motivasi Menjadi Blogger”. Tema ini membuat aku tergugah untuk mengikuti kompetisi dari SuperApp. Terlebih, beberapa tahun yang lalu aku punya pengalaman yang sama seperti ini, yaitu mengikuti lomba blog SupperApp. Meskipun waktu itu aku tidak menjadi juara, namun semangatku untuk menulis tidak akan pernah pudar. Sekarang, aku ingin berjuang lagi, berjuang untuk mendapatkan keberhasilan! Dan inilah kisahku.

Si Pendiam

Sejak kecil aku sudah menjadi anak yang pendiam, sulit bergaul, dan jarang berbicara. Orang-orang menganggap sifat ini muncul karena kejadian mati suri yang pernah aku alami ketika bayi, bahkan aku sempat dianggap akan menjadi anak yang memiliki keterbelakangan mental.

Meskipun perkataan orang-orang tersebut tidak terbukti benar, namun sifat ini masih aku bawa hingga sekarang. Aku menjadi orang yang pendiam, sulit bergaul, dan jarang berbicara. Terkadang karena sifatku ini, orang-orang sering salah memahami aku. Ada yang bilang aku ini sombong, cuek, tidak asik, dan kuper. Aku tak pernah mendengarkan perkataan mereka, karena bagiku, manusia memiliki sifat yang berbeda-beda dan tak bisa disamakan satu sama lain.

Blogger Penyendiri

Sifatku ini akhirnya membuat aku hanya memiliki beberapa sahabat saja. Bagiku ini bukanlah suatu masalah, sebab kualitas sahabat itu tidak diukur dari seberapa banyak kamu memilikinya, tetapi seberapa setia mereka ketika kamu didera musibah. Namun seiring bertambahnya usia, aku maupun sahabatku yang tak banyak itu, menempuh jalan hidup dan sibuk dengan kegiatan masing-masing. Kami semakin jarang bertemu dan berkomunikasi karena memang sudah memiliki kesibukan tersendiri.

Hal ini membuat aku semakin menjadi seorang pendiam dan jarang bergaul. Apa lagi setelah aku lulus sekolah dan bekerja di luar kota, aku benar-benar jauh dari sahabat-sahabatku. Tinggallah aku sendiri dengan sifatku yang sangat jarang dipahami oleh orang-orang. Aku selalu kesulitan untuk bersikap akrab dan berbasa-basi kepada orang-orang, sehingga memunculkan persepsi buruk di benak mereka.

Mulai Ngeblog

Setahun sudah aku merantau dan bekerja di luar kota, namun tak ada satu orang pun yang aku jadikan sebagai sahabat. Aku semakin menjadi pendiam dan sulit untuk mengungkapkan apa yang ada dipikiranku. Tak tinggal diam, aku terus mencari kegiatan yang cocok untuk orang sepertiku. Mengerjakan sesuatu yang hanya melibatkan diri sendiri dan bisa mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran.

Beruntung, aku menemukan kegiatan yang cocok dengan sifatku, yaitu menulis blog. Saat itu aku menggunakan platform blogspot sebagai sarana untuk menyampaikan ide dan pemikiran. Aku yang merupakan seorang pendiam, seperti mendapatkan jalan untuk menyalurkan semua imajinasiku tanpa harus berbicara kepada orang lain. Dari sinilah, aku mulai menyukai kegiatan ngeblog.

Menjadi Blogger

Meskipun aku belum bisa disebut sebagai blogger yang baik, jika dilihat dari kualitas tulisan maupun jam terbang, namun aku selalu senang ketika menulis pemikiranku di laman blog milikku. Aku seperti bajak laut yang menemukan pulau berisi banyak harta karun. Tak kusangka, ternyata menulis blog akan sebahagia ini.

Kegiatan ngeblog yang aku lakukan hanya bertahan beberapa tahun saja. Sebab pada akhir tahun 2016, aku pindah kerja dan diterima bekerja di pabrik baru yang pekerjaannya jauh lebih berat. Sehingga waktu luang aku gunakan untuk beristirahat atau menonton televisi. Pada tahun itu juga aku memutuskan untuk berkuliah dan sibuk dengan tugas-tugas perkuliahan.

Membuat Website Pribadi

Sekitar akhir tahun 2017, masa kontrak kerjaku habis. Beruntung aku segera mendapatkan pekerjaan baru, yaitu diterima bekerja pada perusahaan penyedia hosting dan domain, Indowebsite. Nah, di Indowebsite inilah aku diajarkan untuk menulis blog yang baik. Mulai dari konten tulisan, hingga teknik dasar SEO pada artikel, semua diajarkan secara gratis.

Dua tahun kemudian, aku diberikan hosting dan domain gratis dari Indowebsite sehingga bisa membuat website pribadi menggunakan nama yang aku inginkan. Terpilih nama website IDE BEBAS dengan domain idebebas.com yang aktif hingga saat ini. Sejak saat itulah aku mulai giat menulis artikel di website milikku.

Membuat Website Pribadi

Ada banyak hal yang aku tulis di website IDE BEBAS, mulai dari pemikiran yang ada di kepalaku, pengalaman jelajah ke tempat wisata, hingga berbagi pengetahuan seputar teknologi. Semua bisa aku ungkapkan melalui tulisan, tanpa harus berbicara kepada siapapun. Sangat cocok dengan sifatku yang merupakan seorang pendiam dan jarang bergaul. Sekali lagi, aku seperti kembali menemukan media untuk menyalurkan apa yang aku rasakan dan pikirkan, setelah sebelumnya aku berhenti ngeblog untuk beberapa lama.

Motivasi menjadi Blogger

Sampai sekarang aku masih aktif menulis di website IDE BEBAS, bahkan aku memiliki satu website lagi yang bernama Wikocak dengan domain wikocak.com. Mengapa aku membuat website lagi? Nanti akan aku jawab pada pembahasan di bawah. Namun jika ditanya “Apa motivasi menjadi blogger?“, maka akan langsung aku jawab: ada tiga motivasi utama memilih menjadi blogger.

Baca Juga:  Mindset yang Salah

1. Sebagai Kebutuhan

Sejak dulu memang aku sudah menjadi seorang yang pendiam dan sulit bergaul. Jangankan memiliki banyak sahabat, untuk berbicara pada orang-orang di sekitar saja sangat jarang. Hingga akhirnya, aku berkenalan dengan dunia blogger yang mana aku bisa mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiranku tanpa harus berbicara kepada siapapun. Aku yang tidak pandai dalam mengolah lisan, akhirnya bertemu dengan sebuah metode yang bernama tulisan.

Kebutuhan Menulis Blog

Apapun yang aku pikirkan, rasakan, dan aku alami dapat diungkapkan melalui tulisan. Dengan menjadi blogger, aku seperti memiliki mulut berupa website. Ya, anggap saja website ini sebagai representasi dari diriku. Sekarang, kegiatan menulis sudah menjadi hobi baru bagiku. Hal yang aku lakukan terus-menerus sehingga akhirnya kini menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi. Bahkan aku merasa ada yang kurang jika belum menulis dalam kegiatan keseharian.

2. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Siapa bilang menjadi blogger adalah hal sia-sia dan tidak bisa menghasilkan? Jangan salah, di luar sana ada banyak blogger yang memiliki penghasilan jutaan rupiah perbulan. Biasanya, para blogger ini mendapatkan penghasilan tersebut dengan cara bermitra bersama google adsense. Website yang sudah bermitra dengan google adsense akan menampilkan iklan dan mendapatkan penghasilan ketika iklan tersebut berhasil dilihat atau diklik oleh para pengunjung.

Penghasilan Blogger

Website yang aku kelola juga sudah bermitra dengan google adsense ketika umurnya sekitar 1 bulan dan baru memiliki 6 artikel. Awalnya memang sempat ditolak beberapa kali, namun setelah mengikuti instruksi dari google, akhirnya aku berhasil diterima untuk bermitra. Penghasilan yang aku dapatkan dari google adsense memang tak seberapa, namun lumayan untuk tambahan uang jajan.

Hal ini juga menjadi motivasi tersendiri bagiku agar terus menjadi seorang blogger. Bukankah menyenangkan bisa menjalani hobi yang dibayar? Ya, seperti itulah yang aku rasakan sekarang. Selain bekerja dan mendapatkan penghasilan tetap, aku juga mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi yang aku jalani.

3. Menjadi Juara dalam Lomba Blog

Setelah beberapa lama menjadi blogger, aku baru tahu ternyata ada kompetisi menulis blog. Awalnya aku hanya iseng-iseng saja mengikuti lomba blog tersebut, namun akhirnya aku ketagihan. Hingga pada bulan April 2021, aku mencoba untuk serius dalam mengikuti setiap kompetisi blog.

Musabab alasan inilah aku membuat website Wikocak yang dikhususkan untuk mengikuti setiap kompetisi blog. Sedangkan website IDE BEBAS, aku gunakan khusus untuk meningkatkan SEO agar penghasilan dari adsense terus meningkat. Meskipun demikian, karena beberapa alasan, terkadang aku juga masih menulis artikel untuk lomba blog di website IDE BEBAS ini.

Menang Lomba Blogger

Selain untuk mengasah skill menulis yang aku miliki, mengikuti lomba blog juga bisa memberikan aku wawasan dan pengetahuan baru. Sebab aku bisa bertemu dan bertarung dengan para peserta lain yang merupakan blogger papan atas. Ada banyak blogger hebat yang aku kenal melalui kompetisi blog, bahkan beberapa di antaranya sudah menjadi teman diskusi. Sekarang aku tidak menganggap mereka adalah musuh yang harus dikalahkan, tetapi guru yang bisa dicontoh untuk pembelajaran.

Setelah beberapa bulan mengikuti lomba blog, aku hanya berhasil memenangkan sedikit kompetisi saja. Aku lebih sering mengalami kekalahan dibandingkan kemenangan. Namun itu tidak akan membuat aku menyerah, justru aku akan lebih giat untuk berlatih dan berusaha agar bisa seperti para blogger senior. Semoga aku bisa menjadi pemenang dalam lomba blog selanjutnya, karena ada kebahagiaan tersendiri ketika aku berhasil memenangkan kompetisi.

Suka dan Duka Menjadi Blogger

Sudah tiga tahun lebih aku mengelola website IDE BEBAS dan menulis berbagai macam artikel di dalamnya. Walaupun bisa dibilang masih newbie dalam dunia blogger, tetapi aku bisa merasakan bagaimana suka dan duka dalam menjalaninya. Semua itu selalu aku jadikan pembelajaran baru agar menjadi blogger yang lebih baik lagi. Lalu apa saja suka dan duka selama menjadi blogger?

Suka

  • Mengungkapkan pemikiran dan perasaan.
  • Bisa menyalurkan hobi.
  • Melatih skill menulis.
  • Mendapatkan penghasilan tambahan.
  • Ikut berkompetisi dengan blogger senior.
  • Bahagia ketika menang lomba blog.

Duka

  • Jengkel ketika artikel disalin tanpa izin dan tidak menyertakan IDE BEBAS sebagai sumbernya.
  • Harus bekerja keras untuk mendapatkan SEO website.
  • Bersaing dengan website besar, terutama portal berita.
  • Sedikit kecewa ketika mengalami kekalahan dalam kompetisi blog.
  • Sedih ketika pengunjung website sedikit.

Sepatah Kata untuk Mengakhiri

Seperti itulah pengalamanku dalam berkecimpung di dunia blogger. Semoga tulisanku ini sesuai dengan ketentuan lomba yang diadakan oleh SuperApp sehingga bisa mengikuti penjurian. Memang salah satu alasan dibuatnya artikel ini adalah untuk meraih kemenangan, namun ada hal yang lebih penting dari itu, yaitu mejadikan kisah ini sebagai pembelajaran dan motivasi bagi para blogger yang lain.

Dan untuk SuperApp, aku berharap kompetisi semacam ini bisa diadakan sesering mungkin. Sebab selain digunakan untuk bersilaturahmi antar blogger, juga bisa dijadikan sebagai gebrakan untuk meningkatkan semangat dalam menulis. Bisa dibilang aplikasi SuperApp membantu para pegiat literasi dalam mengajak orang-orang agar giat menulis. Aku ucapkan terima kasih dan salut atas kegiatan yang sangat bermanfaat ini.

Review SuperApp

Tinggalkan komentar