Pendekatan Geografi dan Contohnya Lengkap!

April 13, 2019 No Comments PENGETAHUAN ZigerWix

Setiap disiplin ilmu mempunyai sudut pandang atau pendekatan yang bebeda-beda dalam melihat suatu kejadian. Seoarang ahli biologi akan memiliki cara pandang yang bebeda dengan ahli sosiologi, demikian pula ahli-ahli yang lain. – Pendekatan Geografi.

Begitupun ahli geografi dan ilmu lainnya, pasti akan bebeda satu sama lain. Sebelumnya kita pernah membahas tentang pengertian geografi. Untuk mengenal geografi lebih dalam lagi, sebaiknya kita juga mengetahui pendekatan yang ada digunakan.

Berkaitan dengan pengertian geografi seperti di atas. ada tiga pendekatan geografi untuk menganalisis suatu kejadian, yakni pendekatan keruangan, pendekatan kelingkungan, dan pendekatan kompleks wilayah. Ketiganya pendekatan tersebut saling berkaitan dan saling melengkapi, satu sama lain. Berikut pendekatan yang ada di dalam ilmu geografi:

Keruangan – Pendekatan Geografi

Pendekatan keruangan (Spasial) adalah ciri khas yang membedakan ilmu geografi dengan ilmu lain. Pendekatan ini dapat ditinjau dari 3 aspek. yaitu pendekatan topik, pendekatan aktivitas manusia, dan pendekatan regional.

1. Analisis dengan pendekatan topik adalah mengaitkan suatu kejadian dengan tema-tema apa yang  menjadi perhatian utama dalam permasalahan tersebut. Sebagai contoh. ketika menganalisis tentang banjir bandang, kita harus mengaitkan gejala tersebut dengan keadaan alam dan aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya banjir.

2. Analisis dengan pendekatan aktivitas manusia bertujuan mendeskripsikan kegiatan penduduk. ditinjau dari penyebaran, interelasi dan gejala lain yang mempengaruhinya. Misalnya aktivitas penduduk di pegunungan akan berbeda dengan penduduk di daerah pantai.

3. Analisis dengan pendekatan regional. maksudnya setiap wilayan yang ada di permukaan bumi tidak ada yang sama sehingga setiap daerah mempunyai karakteristik tersendiri. – Pendekatan Geografi.

Contoh pendekatan keruangan atau spasial

Misalnya ada sebidang tanah berharga mahal karena tanahnya bersifat subur dan terletak di tempat yang strategis. Peneliti menyimpulkan, nilai tanah berdasarkan produktivitas pertanian dan nilai ruangnya, yaitu letak yang strategis. – Pendekatan Geografi.

Kelingkungan – Pendekatan Geografi

Kehidupan manusia sangat erat hubungannya dengan lingkungan yang ditempatinya. Perkembangan kehidupan manusia dan lingkungan alam mempunyai pola:

1. Manusia tergantung kepada alam (fisis determinisme).

Pola ini terjadi pada saat manusia purba. Manusia belum menguasai teknologi sehingga hidupnya sangat bergantung pada alam. Contohnya aktivitas berburu dan meramu.

Baca Juga:  Pengertian Hujan dan Jenisnya, Mudah Dipahami!

2. Manusia menguasai alam.

Dengan kemampuan dan teknologi manusia dapat memanfaatkan alam dengan sebesar-besarnya. Contohnya penggunaan mesin-mesin.

pendekatan geo

3. Manusia dengan alam saling mempengaruhi.

Manusia menyadari bahwa tanpa alam yang lestari manusia tidak dapat hidup lebih panjang sehingga perlu adanya tindakan pelestarian alam. Contohnya banjir disebabkan oleh alam dan karena ulah manusia.

Contoh pendekatan kelingkungan atau ekologi

Misalkan terjadi fenomena banjir di suatu daerah. Fenomena ini bisa diidentifikasi melalui tahapan-tahapan dalam pendekatan ekologi yang hasilnya kemudian dapat dianalisa untuk menemukan solusi masalah.

Identifikasi yang dilakukan meliputi identifikasi kondisi fisik, identifikasi sikap dan perilaku masyarakat serta analisis interaksi. Yang pertama dilakukan adalah identifikasi fisik untuk menemukan kondisi fisik lingkungan yang mendorong terjadinya fenomena banjir. Misalnya seperti topografi, jenis tanah, curah hujan, dan kondisi bangunan di daerah banjir tersebut. – Pendekatan Geografi.

Kemudian dilakukan identifikasi sikap dan perilaku masyarakat untuk menemukan sikap dan perilaku masyarakat dalam mengelola alam di lokasi tersebut. Seperti alih fungsi lahan pertanian, penggundulan hutan, kebiasaan membuang sampah, dan pola pemukiman yang dibangun di daerah tersebut. Terakhir dilakukan analisa interaksi ekologi terkait hubungan antara identifikasi fisik dan sikap yang dianalisa untuk menemukan alternatif pemecahan masalah.

Kompleks Wilayah – Pendekatan Geografi

Pendekatan ini menekankan bahwa adanya hubungan antarwilayah merupakan wujud dari adanya perbedaan. Sebagai contoh perdagangan timbul karena adanya perbedaan komoditas dan kebutuhan. – Pendekatan Geografi.

Contoh Pendekatan Kompleks Wilayah atau Regional

Membangun rumah atau bangunan harus dilihat dari karakteristik wilayahnya. Misalkan membangun rumah di daerah rawan banjir atau dekat pantai. Maka, fondasi akan lebih ditinggikan untuk mengantisipasi terjadinya banjir atau pasang air laut.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *