Universitas Pelita Bangsa – Fasilitas & Penjelasan Lengkap!

September 4, 2019 No Comments CAMPURAN ZigerWix

Kabar menggembirakan datang dari dunia pendidikan, terutama bagi semua komponen Sekolah Tinggi Pelita Bangsa Cikarang. Bagaimana tidak, Sekolah Tinggi tersebut, kini sudah berubah menjadi Universitas Pelita Bangsa. Para Mahasiswa dan dosen pun ikut senang mendengarnya, karena bisa menjadi bagian dari Universitas ini. Berikut fasilitas dan penjelasan lengkap mengenai Universitas Pelita Bangsa.

Sejarah Universitas Pelita Bangsa

Pada tahun 2000, didirikan sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pelita Bangsa, yang dinaungi oleh Yayasan Pelita Bangsa. Beralamat di Ruko Bekasi Mas Blok D 21-22, Jl. Jenderal Ahmad Yani Kota Bekasi. Berdasarkan Akta Notaris Henry Siregar, S.H Nomor 2 tanggal 19 Mei 2000, Bekasi – Jawa Barat.

Terdapat 2 Program Studi (Prodi) di STIE Pelita Bangsa, yaitu Prodi Management (S1), dan Prodi Akuntansi (D3). STIE Pelita Bangsa mulai beroperasi pada tahun 2001, dan sejak saat itu, mengalami perkembangan yang pesat. Sehingga membuat 3 Prodi baru pada Sekolah Tinggi Teknologi Pelita Bangsa. Yaitu Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Lingkungan, dan Prodi Teknik Industri. Hingga saat ini, Pelita Bangsa memiliki dua gedung, dengan puluhan kelas dan berbagai fasilitas yang menunjang.

Nama Pelita Bangsa digunakan bukan tanpa alasan, karena memiliki arti yang sangat luar biasa. Pelita Bangsa sebenarnya adalah impian, atau keinginan dari para pendirinya. Keinginan tersebut berupa tindakan yang turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi. Hal tersebut diharapkan menjadi penerang bangsa melalui ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Gedung A Universitas Pelita Bangsa
Gedung A Universitas Pelita Bangsa
Gedung B Universitas Pelita Bangsa
Gedung B Universitas Pelita Bangsa

Saat ini, STIE dan STT Pelita Bangsa sudah meningkatkan mutu pendidikan di dalamnya. Sehingga pada tanggal 04 Agustus 2019, STIE dan STT Pelita Bangsa resmi berubah menjadi Universitas Pelita Bangsa. Memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Teknik, dan Fakultas Management.

Tujuan, Visi dan Misi Universitas Pelita Bangsa

Sebagai Universitas yang cukup terkenal di Cikarang, Pelita Bangsa memiliki tujuan yang luar biasa. Selain itu, juga selalu menjalankan Visi dan Misi nya dengan baik. Inilah salah satu hal yang membuatnya berkembang pesat, karena tanpa Tujuan, Visi dan Misi, maka langkah yang dilakukan akan tanpa arah. Dengan adanya tiga hal ini, maka dapat diharapkan menjadi acuan sebagai arah untuk melangkah. Tujuan, Visi dan Misi tersebut, juga dapat dijadikan motivasi untuk terus mengejar apa yang diharapkan. Berikut Tujuan, Visi dan Misi Universitas Pelita Bangsa.

Halaman Depan Universitas Pelita Bangsa

Tujuan

Sejalan dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan tinggi di STT Pelita Bangsa, maka menetapkan tujuan sebagai berikut.

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan kebangsaan, dan wawasan global. Untuk menjadi anggota masyarakat yang mampu menerapkan (profesionalisme), dan mengembangkan khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi (akademik).
  • Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang dipublikasikan pada kegiatan seminar nasional maupun jurnal nasional yang terakreditasi.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk kepentingan masyarakat luas.
  • Menghasilkan kegiatan kerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta dengan prinsip kesetaraan dalam mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Visi

Menjadi Sekolah Tinggi Teknologi yang unggul dengan standar mutu tertinggi dalam bidang Teknik Informatika, Teknik Aristektur dan Teknik Lingkungan. Pada tahun 2020 dengan dilandasi wawasan kebangsaan dan wawasan global serta didukung teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Suasana Loby

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  • Memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiahnya serta memiliki hak atas kekayaan intelektual. Sebagai aktualisasi pencapaian mutu penelitian di bidang teknik informatika, teknik arsitektur dan teknik lingkungan.
  • Menyelenggarakan, memfasilitasi, dan memotivasi implementasi hasil penelitian untuk diimplementasikan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  • Menjalin kerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta, dalam maupun luar negri. Dengan prinsip kesetaraan dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Arti Logo Pelita Bangsa

Lambang Pelita Bangsa / Logo Pelita Bangsa
  • Gambar Obor. Dimaksudkan untuk menggambarkan sumber penerangan atau pelita, kedamaian dalam masyarakat ilmiah.
  • Gambar Bola Duni. Dimaksudkan agar pendidikan dan pengajaran yang dilakukan dapat berguna dan dapat diakses oleh masyarakat luas secara global.
  • Gambar Buku. Dimaksudkan sebagai penerus bangsa yang selalu menerapkan kaidah keilmuan, yang mendukung Tridharma Perguruan Tinggi.
  • Tulisan “MEGAH”. Merupakan moto Universitas Pelita Bangsa.

Struktur Organisasi Universitas Pelita Bangsa

Struktur Organisasi Universitas Pelita Bangsa

Kontak dan Alamat Universitas Pelita Bangsa

Letak kampus Pelita Bangsa cukup mudah untuk ditemukan, karena berada di jalan utama Tegal Danas – Cikarang. Tepat disamping Kali Malang, dan dekat dengan kawasan industri Jababeka. Alamat lengkapnya berada di Jl. Inspeksi Kalimalang Tegal Danas, Cikarang Pusat. Agar lebih mudah, silahkan bisa cek pada google maps berikut.

Nomor Telp : (021) 2851 8181

Email : [mail[@]pelitabangsa.ac.id]

Fasilitas Universitas Pelita Bangsa

Sebagai universitas yang “MEGAH”, Pelita Bangsa memiliki banyak fasilitas di dalamnya. Fasilitas yang ada, tentu untuk menunjang bebagai kegiatan mahasiswanya. Agar siswa dapat belajar, dan berprestasi dengan nyaman. Sehingga, dapat mengharumkan nama Pelita Bangsa di kancah Nasional. Berikut beberapa fasilitas yang ada di Universitas Pelita Bangsa.

Baca Juga:  Video Putri Indonesia 2020 Lupa Naskah Pancasila

Perpustakaan Universitas Pelita Bangsa

Perpustakaan Universitas Pelita Bangsa
Perpustakaan Universitas Pelita Bangsa

Perpustakaan ini terletak di lantai satu, pada lorong sebelah kiri jika kita masuk. Suasana di dalam perpustakaan Universitas Pelita Bangsa sangat nyaman karena dilengkapi dengan AC, dan bangku-meja yang tertata rapih. Kondisinya pun sangat bersih, karena memang di dalam perpustakaan tidak diperbolehkan membawa makanan. Selain dilarang membawa makanan, mahasiswa yang datang juga tidak diperkenankan membawa tas. Maka dari itu, terdapat juga rak penitipan tas di dalam perpustakaan tersebut.

Tempat Penitipan Tas
Tempat Pinitipan Tas

Sebelum masuk ke dalam perpustakaan, para mahasiswa diharuskan mengisi daftar kehadiran terlebih dahulu. Untuk daftar kehadiran tersebut sudah cukup canggih, karena menggunakan komputer. Mahasisa yang datang hanya perlu mengetikan nama lengkap atau NIM, kemudian tekan “ENTER”. Secara otomatis, absensi dan detail mahasiswa pun tercatat.

Tempat Absen Perpustakaan Universitas Pelita Bangsa
Tempat Absen Perpustakaan

Terdapat berbagai peraturan di dalam perpustakaan, salah satunya adalah tidak boleh berisik. Ini demi kenyamanan dan kekhusyukan para pengunjung, agar tidak terganggu oleh suara bising. Suasana yang sejuk, nyaman, dan bersih akan membuat pengunjung betah berlama-lama di dalam perpustakaan.

Suasana Perpustakaan Universitas Pelita Bangsa
Kondisi Perpustakaan Universitas Pelita Bangsa

Berbagai jenis buku terdapat disini, bahkan jumlah nya ribuan. Mulai dari buku fiksi, jurnal, skripsi, dan sebagainya. Untuk beberapa jenis buku, boleh dipinjam, namun sebagian lagi tidak boleh. Buka yang boleh dipinjam biasanya buku-buku yang digunakan sebagai referensi karya ilmiah. Sedangkan buku-buku yang tidak boleh dipinjam adalah buku-buku yang ukurannya besar, skripsi, dan sebagainya.

Buku di Perpustakaan
Kumpulan Buku Di Perpustakaan
Kumpulan Skripsi Mahasiswa
Kumpulan Skripsi Mahasiswa

Masjid

Bagi mahasiswa yang beragama islam, kampus Pelita Bangsa juga menyediakan sarana masjid di dalamnya. Hal ini agar para umat muslim dapat beribadah dengan nyaman, dan tepat waktu. Masjid yang bernama Masjid Jami’ Moh. Mardiyana ini cukup luas, dengan kondisi yang sejuk. Dengan suasana seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan rasa religius para mahasiswa.

Masjid Universitas Pelita Bangsa
Masjid Jami’ Moh. Mardiyana

Untuk menjaga kerapihan, dan kebersihan, disediakan fasilitas rak sepatu di depan masjid. Pihak kampus benar-benar memperhatikan hal ini, karena memang, manusia yang cerdas harus di dasari dengan hati yang baik. Agar mendapatkan hati yang baik, maka harus mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Oleh karena itu, tempat ibadah sebagai sarana mendekatkan diri denganNya dibuat senyaman mungkin.

Rak Sepatu Masjid

Fasilitas Olah Raga

Terdapat lapangan olah raga di dekat tempat parkir Pelita Bangsa, lapangan ini digunakan untuk menunjang kegiatan olah raga mahasiswa. Selain itu, lapangan ini juga dijadikan tempat parkir jika sedang tidak digunakan. Selain untuk olah raga, jika ada acara hiburan seperti pertunjukan juga dilakukan disini.

Selain lapangan, alat-alat penunjang olah raga juga cukup lengkap. Hal ini agar para mahasiswa dapat berolah raga dengan baik, sehingga terciptanya tubuh yang sehat. Selain itu, prestasi juga sering didapatkan melalui perlombaan dari olah raga. Bahkan, ada salah satu cabang olah raga yang sudah berjaya di tingkat Nasional.

Kantin Universitas Pelita Bangsa

Setidaknya terdapat dua titik kantin di dalam Universitas Pelita Bangsa, yaitu di sebelah timur dan di sebelah barat. Berbagai jenis makanan dan minuman tersedia disini, tempat yang cocok saat jam istirahat. Selain dua titik tersebut, di dalam gedung Pelita Bangsa juga terdapat toko yang menjual beberapa makanan ringan dan alat tulis.

Lab

Untuk menunjung pembelajaran para mahasiswa, Universitas Pelita Bangsa juga menyediakan laboratorium. Ada berbagai macam ruang laboratorium disini, yang semuanya sangat membantu dalam pembelajaran. Laboratorium tersebut antara lain adalah, Lab. Komputer, Lab. Arsitektur, Lab. Management, dan sebagainya. Dimana tiap Prodi memiliki laboratoriumnya sendiri.

Tempat Parkir Luas

Untuk dapat menampung seluruh kendaraan mahasiswa, Pelita Bangsa menyiapkan tempat parkir yang sangat luas. Tempat parkir ini, luasnya hampir sama dengan tiga kali lapangan sepak bolah. Sistem keamanan termpat parkir ini juga cukup aman, karen setiap kendaraan yang masuk akan di data.

Layanan Penunjang

Selain Fasilitas diatas, terdapat juga layanan penunjang yang sangat membantu. Layanan tersebut, antara lain adalah printer untuk mahasiswa. Para mahasiswa diperbolehkan menggunakan printer tersebut gratis, untuk mencetak kartu UAS, seminar dan sebagainya. Dengan penggunaan kertas yang terbatas tentunya, dan tidak diperbolehkan melakukan cetak kertas dalam jumlah yang banyak. Dengan adanya printer gratis ini, sangat membantu para mahasiswa terutama saat dalam kondisi urgent.

Di Loby Terdapat Tempat Pint Gratis

Karena Gedung B Universitas Pelita Bangsa cukup tinggi, maka dibuat eskalator untuk memudahkan mobilitas yang ada. Bahkan, khusus untuk dosen terdapat sebuah lift agar lebih mudah. Pada sistem keamanan nya, Gedung kampus ini cukup lengkap. Yaitu terdapat sistem alarm kebakaran, dan pemadam api otomatis. Tangga darurat juga terdapat didalamnya, untuk digunakan jika diperlukan.

Eskalator Kampus

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tags
ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *