Pelindo Bersatu dan Dampaknya untuk Indonesia Maju

Nenek moyangku orang pelaut, gemar mengarung luas samudra. Menerjang ombak tiada takut, menempuh badai sudah biasa. Angin bertiup, layar berkembang. Ombak berdebur di tepi pantai. Pemuda berani bangkit sekarang, ke laut kita beramai-ramai“. Lagu ciptaan Saridjah Niung atau yang biasa dikenal dengan sebutan Ibu Soed ini begitu sarat akan pesan moral. Lagu tersebut menunjukan bahwa nenek moyang kita adalah seorang pelaut yang gagah berani dalam mengarungi samudra luas. Bukan tidak mungkin dulu nenek moyang kita juga mengarungi lautan Nusantara yang luas untuk menjelajahi ribuan pulau yang ada di Negeri tercinta ini, mengingat Indonesia merupakan negara maritim dan menjadi salah satu negara yang memiliki garis pantai terluas di dunia. Maka jangan heran, jika saat ini negara Indonesia sangat serius dalam melakukan pembangunan di bidang kemaritiman. Salah satunya adalah dengan membuat sinergi Pelindo Bersatu, Indonesia Maju!

PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo)

Memang sudah sejak dulu orang-orang mengenal negara Indonesia dengan kemaritimannya, maka tak heran jika para penjajahan Belanda juga serius dalam membangun pelabuhan-pelabuhan sebagai sarana pelayaran. Cikal bakal PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dimulai sejak tahun 1945-1950 yang saat itu masih bernama Haven Bedrijf, yaitu salah satu perusahaan yang berada di bawah Departement van Scheepvaart (Departemen Pelayaran salah satu lembaga pada masa pemerintahan Belanda). Perusahaan Haven Bedrijf memiliki tugas untuk memberikan layanan jasa kepelabuhanan agar kegiatan operasional di pelabuhan dapat berjalan dengan baik.

Aktifitas Pelabuhan Indonesia
Sumber: pexels.com

Seiring berjalannya waktu, perusahaan yang awalnya berasal dari kolonial Belanda tersebut dirombak menjadi perusahaan milik Negara Indonesia melalui kebijakan-kebijakan pemerintah. Sekarang perusahaan ini bernama PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) yang terdiri dari Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV. Pelindo merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di bawah pembinaan Departemen Perhubungan Republik Indonesia. Ada beberapa layanan yang disediakan oleh Pelindo yaitu: penyelenggaraan depo peti kemas, cleaning, fumigasi, pelayanan logistik, pengelolaan jasa konsultasi, jasa bongkar muat, dan sebagainya.

PT. Pelabuhan Indonesia memiliki wilayah kerja yang berbeda-beda, di mana setiap wilayah dipegang oleh Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV. Wilayah tersebut tersebar di seluruh titik strategis yang merupakan jalur laut kapal Indonesia maupun dunia. Berikut ini adalah wilayah kerja Pelindo yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pelindo 1 Pelindo Bersatu

Wilayah Kerja Pelindo I
Nanggroe Aceh Darussalam
Sumatera Utara
Riau dan Kepulauan Riau

Pelindo 2 Pelindo Bersatu

Wilayah Kerja Pelindo II
Jakarta
Sumatera Selatan
Lampung
Kalimantan Barat
Banten
Bengkulu
Jawa Barat
Jambi
Bangka Belitung

Pelindo 3 Pelindo Bersatu

Wilayah Kerja Pelindo III
Kalimantan Selatan
Kalimantan Tengah
Jawa Timur
Jawa Tengah
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Bali

Pelindo 4 Pelindo Bersatu

Wilayah Kerja Pelindo IV
Papua Barat
Papua
Maluku Utara
Maluku
Sulawesi Utara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Selatan
Gorontalo
Kalimantan Utara
Kalimantan Timur

Sinergi Pelindo Bersatu

Seperti yang telah diketahui bahwa PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) terdiri dari Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV. Di mana setiap Pelindo memiliki Management dan kebijakan yang berbeda-beda, sehingga client yang menggunakan jasa Pelindo harus menyesuaikan dengan kebijakan yang berlaku di masing-masing Pelindo. Jelas hal ini akan menghambat tercapainya mobilitas yang efisien dan efektif di pelabuhan yang mengakibatkan terhambatnya percepatan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menyadari permasalahan tersebut, pihak Pelindo menggagas sebuah ide inovatif yang disebut sebagai Pelindo Bersatu. Gagasan Pelindo Bersatu dimaksudkan agar dilakukannya merger Pelindo I – IV sehingga pelayanan kepelabuhanan dapat terintegrasi satu sama lain. Hal ini tentu saja merupakan terobosan sekaligus tantangan yang harus dihadapi oleh Pelindo, mengingat merger perusahaan bukanlah suatu hal yang mudah. Akan tetapi jika terobosan Pelindo Bersatu ini dapat dilaksanakan, maka dampaknya akan sangat baik untuk perkembangan perekonomian Indonesia.

Baca Juga:  Penghasilan Tambahan dari Hobi yang Menyenangkan!

Dampak Pelindo Bersatu untuk Indonesia Maju

Gagasan tentang Pelindo Bersatu ternyata bukan hanya sekadar wacana, tetapi juga dapat direalisasikan menjadi kenyataan. Inilah hal yang sangat dibutuhkan oleh Pelindo untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas mobilitas di pelabuhan agar meningkatnya percepatan perekonomian Indonesia. Secara garis besar, Pelindo Bersatu akan membuat dampak positif antara lain sebagai berikut.

Pelindo Bersatu Memiliki Kendali Strategis yang Lebih Baik

Integrasi yang dilakukan sebagai wujud dari Pelindo Bersatu akan berdampak pada peningkatan kinerja dan efisiensi aktivitas di pelabuhan. Sementara itu di sisi lain, integrasi tersebut juga akan membuat Pelindo memiliki kendali strategis yang lebih baik. Hal ini dikarenakan adanya satu atap management yang memiliki standarisasi yang sama, sehingga mempermudah proses pelayanan yang telah tersedia di pelabuhan. Adapun kelebihan lain dari satu atap management ini yaitu tidak akan terjadi perbedaan kebijakan yang berlaku di setiap pelabuhan.

Mempermudah Proses Pelayanan untuk Meningkatkan Kepuasan Customer

Setiap pelabuhan yang dinaungi oleh Pelindo I-IV memiliki tingkat kapabilitas yang berbeda, sehingga para customer harus mengikuti dan menyesuaikan dengan perbedaan tersebut. Hal ini jelas akan mempersulit customer karena harus melakukan penyesuaian setiap kali berlabuh pada pelabuhan yang berbeda naungan Pelindo. Masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan integrasi antara Pelindo melalui Pelindo Bersatu, sehingga terciptanya standarisasi yang sama pada semua pelabuhan. Para customer akan merasakan kepuasan dari Pelindo Bersatu karena proses pelayanan yang mudah dan cepat.

Pemerataan dan Pembangunan Indonesia Maju yang Lebih Cepat

Pemerataan dan pembangunan untuk Indonesia maju akan lebih cepat jika merger Pelindo berhasil dilakukan. Pasalnya, kapal-kapal besar yang mengangkut berbagai macam bahan makanan, bahan konstruksi, dan bahan-bahan logistik lainnya akan dengan mudah mendarat di pelabuhan tanpa adanya proses yang rumit. Standarisasi yang dilakukan pada semua pelabuhan juga akan mempermudah proses keluar-masuknya bahan-bahan tersebut. Sehingga pemerataan dan pembangunan akan berjalan lebih cepat dan lebih hemat.

Kesimpulan

Integrasi pada seluruh PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) yang saat ini sedang direalisasikan akan membawa dampak positif bagi seluruh stakeholder. Para customer juga akan terbantu karena standarisasi pengelolaan pelabuhan yang akan dilaksanakan jika merger Pelindo berhasil dilakukan. Sebab, standarisasi ini dapat mempermudah proses pengiriman barang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Barang-barang yang dikirimkan melalui transportasi laut juga akan cepat sampai dan tentunya dengan biaya yang jauh lebih hemat. Hal ini akan berpengaruh juga bagi pemerataan dan pembangunan untuk Indonesia yang lebih maju.

Dirut Pelindo Bersatu

Ayo, kita dukung integrasi Pelindo Bersatu agar Indonesia lebih maju!

Pelindo Bersatu, Indonesia Maju!

Tinggalkan komentar