Melatih Mental

April 5, 2019 No Comments PEMIKIRAN ZigerWix

Salah Kaprah dalam Melatih Mental

Banyak orang yang salah dalam mengartikan Melatih Mental. Terkadang mereka berpendapat bahwa itu adalah sesuatu yang keras dan tahan malu. Sering kita jumpai di media masa atau secara langsung. Pelatihan yang tidak sesuai dengan aturan dan sangat menyimpang. Dengan dalih “Jangan malu, anggap saja melatih mental!”.

kesalahan melatih mental
Gambar Ilustrasi

Seperti memakai atribut memalukan, dan menyusuri saluran pembuangan. Sama hal nya dengan saat MOS (Masa Orientasi Siswa). MOS yang seharusnya digunakan untuk momen mengenalkan sekolah pada siswa baru, malah disalah artikan. Bagaimana tidak, peserta MOS diharuskan memakai atribut yang memalukan. Bukan hanya di sekolah tapi sudah dipakai dari rumah. Ada lagi contoh kasus penyimpangan serupa. Pada beberapa ekstrakurikuler di sekolah, terdapat pelatihan yang tidak masuk akal. Dimana anggotanya dilatih berjalan menyusuri pedesaan. Tak masalah jika seperti itu, karena masih dalam batas wajar. Tapi mereka justru menyusuri saluran pembuangan (got/selokan). Ini merupakan penyimpangan melatih mental yang tidak bisa toleransi.

Jika Pelatihan nya Salah

Bisa kita bayangkan jika pelatihan demikian terus dilakukan. Kira-kira mental seperti apa yang akan terbentuk?. yang kuat? Tidak. yang Tangguh? Tidak juga. Mental orang gila? Mungkin saja. Karena tidak seharusnya melatih mental diartikan dengan hal konyol seperti itu. Mental merupakan hal dasar yang harus dilatih dengan benar. Jika salah, tak bisa dibayangkan seperti apa jadinya.

Pengertian

Menurut Kamus Besar Bahas Indonesia (KBBI). adalah hal yang bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga. Ini berarti melatih batin kita untuk menjadi baik atau lebih baik lagi. membiasakan sesuatu yang baik tertanam dalam diri kita sebagai manusia. 

Baca Juga:  Mindset yang Salah

Kesimpulan

Pertanyaannya adalah, apakah memakai atribut memalukan dan berjalan di saluran pembuangan adalah hal yang baik? Tidak. Jadi apakah hal tersebut dapat dikatakan sebagai melatih mental? Jelas tidak. Satu pertanyaan yang harus dijawab. Kira-kira mental seperti apa yang tercipta dari pelatihan seperti itu?. Mental orang gila? Mungkin. Jadi itu bukanlah cara untuk melatih mental. tapi kebodohan yang sudah membudaya dan menjadi biasa. ayo berpikir, ayo sadar.

Cara Melatih Mental

Ada banyak cara sederhana, mudah dilakukan dan normal. Berikut beberapa contoh yang sederhana:

1. Tepat Waktu

2. Tidak Melanggar lampu lalu lintas

3. Berkata Jujur

4. Menepati Janji

5. Sholat Tepat Waktu

Contoh diatas adalah beberapa cara yang baik dan mudah dilakukan. Ketimbang harus melakukan hal konyol yang tidak bernilai. dan ada satu yang perlu diingat. Melatih mental bukan berani malu, tapi berani benar.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *