Letak Geografis Indonesia – Penyebab dan Akibatnya

Sebagai Warga Negara Indonesia, apakah kita sudah tahu dimana letak geografis Indonesia? Bagi kalian yang belum mengetahui letak geografis negara ini, silahkan baca artikel berikut hingga selesai. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal negara indonesia tercinta ini lebih dalam lagi. Sehingga kita dapat memaksimalkan potensi wilayah indonesia dengan baik.

Bukan hanya letak geografisnya saja, pada artikel ini juga akan dibahas tentang pengaruh letak geografis indonesia. Oleh sebab itu, silahkan pahami agar kamu tahu banyak tentang negara ini. Sebelum mulai, alangkah baiknya jika kamu mengetahui dahulu pengertian dari letak geografis itu sendiri. Berikut penjelasan lengkapnya sesuai ilmu geografi.

Pengertian Letak Geografis

Menurut website resmi kementerian luar negeri kemlu.go.id, pengertian letak geografis adalah sebagai berikut:

“Letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Letak geografis ditentukan pula oleh segi astronomis, geologis, fisiografis dan sosial budaya”.

Jadi dapat disimpulkan bahwa letak geografis adalah letak dari suatu wilayah yang dapat ditentukan dari segi astronomis, geologis, fisiografis dan sosial budaya. Selain itu, letak geografis juga dapat dilihat sebagai suatu titik di dalam peta bola bumi yang menandakan wilayah tertentu. Letak geografis juga dapat dilihat dengan membandingkan posisi wilayah lain pada peta bola bumi, sesuai kenyataan yang ada.

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis indonesia adalah suatu keadaan asli pada peta negara indonesia jika dibandingkan dengan wilayah-wilayah di sekitarnya. Secara geografis, Negara Indonesia terletak di antara Benua Australia dan Benua Asia. Serta diapit oleh Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Posisi seperti itu disebut sebagai posisi silang, yang memiliki arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian. Sedangkan secara astronomis, negara Indonesia terletak pada 6 derajat Lintang Utara sampai 11 derajat Lintang Selatan. dan 95 derajat Bujur Timur sampai 141 derajat Bujur Timur.

Sementara itu, jika dilihat dari letak geologisnya, indonesia dilalui oleh dua buah rangkaian pegunungan besar di dunia. Pegunungan tersebut adalah rangkaian sirkum mediterania dan sirkum pasifik. Indonesia juga terletak pada pertemuan 3 lempeng litosfer, yaitu lempeng Pasifik, lempeng Eurasia, dan lempeng Indo-Australia. Jika dilihat dari sosial budaya, indonesia sangat kental dengan budaya-budaya di dua benua yang mengapitnya. Namun begitu, kebudayaan tiongkok/china lebih kental. Sebab, kemungkinan besar karena alasan historis yang menyebabkannya.

Penyebab Letak Geografis Indonesia

Pergerakan lempeng tektonik merupakan penyebab utama yang mempengaruhi letak geografis Indonesia. Pergerakan lempeng tektonik adalah proses gerakan kerak bumi yang menyebabkan tinggi rendahnya permukaan bumi. Hal tersebut bisa mempengaruhi permukaan bumi karena gerakan tersebut menimbulkan retakan, lipatan, lekukan dan patahan.

Pergerakan lempeng tektonik memang hanya sesekali terasa di permukaan, itulah saat dimana gempa bumi terjadi. Akan tetapi, lambat laun pergerakan lempeng tektonik ini merubah letak suatu titik di permukaan. Tak dapat dipungkiri, letak geografis indonesia saat ini adalah hasil/akibat dari pergerakan lempeng tektonik ini. Mungkin, suatu saat nanti di masa depan letak geografis indonesia akan berubah. Sebab pergerakan lempeng tektonik masih terjadi, namun dalam pergerakan dengan skala kecil.

Baca Juga:  Pengertian Suhu Lengkap! Plus Mudah Dipahami

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Negara Indonesia yang terletak diantara dua samudra besar mempunyai dampak terhadap pergerakan angin yang melintasinya. Indonesia mendapatkan angin laut yang membawa banyak hujan, hal ini lah yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Letak geografis Indonesia juga menyebabkan Indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Ini disebabkan oleh angin musim yang berhembus setiap enam bulan sekali.

Karena berada pada cross position, maka negara Indonesia memiliki keragaman dalam bidang seni, peradaban, bahasa dan agama. Selain itu, Indonesia memiliki mitra dagang dengan negara-negara sekitar. Dikarenakan lokasi yang strategis sehingga kegiatan perdagangan pun meningkat. Berikut perbatasan negara Indonesia dengan wilayah sekitarnya.

  • Barat, berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Selatan, berbatasan dengan Benua Australia.
  • Timur, berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini.
  • Utara, berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Akibat Letak Geografis Indonesia

Ada berbagai macam dampak atau akibat letak geografis indonesia. Memang indonesia mendapatkan berbagai keuntungan dari cross position, namun tak sedikit juga kerugiannya. Berikut akan dijelaskan berbagai keuntungan dan kerugian dari letak geografis negara indonesia.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Berikut beberapa keuntungan yang dapat dirasakan oleh negara indonesia karena letak geografisnya.

  1. Letak Indonesia yang berada pada persilangan lalu lintas dunia membuat Indonesia sangat ramai. Hal ini bisa berpotensi menguntungkan bila ditinjau dari segi ekonomi.
  2. Negara indonesia beriklim tropis dan hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Oleh sebab itu, udara tidak sedingin di negara-negara bermusim salju.
  3. Globalisasi yang cukup mudah karena merupakan jalur mobilitas antar negara.
  4. Memiliki jajaran gunung berapi yang masih aktif karena berada pada area ring of fire. Sehingga memiliki potensi tambang emas terbesar di dunia.

Kerugian Letak Geografis Indonesia

Berikut kerugian negara indonesia karena pengaruh dari letak geografisnya.

  1. Intensitas gempa bumi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena indonesia berada pada pertemuan 3 lempeng tektonik.
  2. Area ring of fire yang melalui negara indonesia bagaikan pisau bermata dua, dapat menguntungkan sekaligus merugikan. Sebab potensi terjadinya gunung meletus sangat tinggi.
  3. Ancaman tsunami karena diapit oleh dua samudra besar.
  4. Arus globalisasi negatif dari negara lain yang mudah masuk.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tinggalkan komentar