Home>TEKNOLOGI>Konten Lokal, Penghenti Bom Waktu yang Merusak Ekonomi
Pentingnya Menggunakan Konten Lokal
TEKNOLOGI

Konten Lokal, Penghenti Bom Waktu yang Merusak Ekonomi

Apa yang akan kamu lakukan jika melihat bom waktu di dalam rumahmu? Tentu saja kamu akan berusaha keras untuk menghentikan bom waktu tersebut bukan? Namun kenyataannya tidak seperti itu, ada bom waktu yang tidak kamu sadari yang saat ini sedang berputar dan siap meledak kapanpun juga. Sadarkah kamu, apa dan dimana bom waktu itu berada? dan apa hubungan antara bom waktu dan konten lokal?

Penggunaan Konten Lokal

Menurut riset dari Wearesosial Hootsuite yang dilakukan pada tahun 2019 tentang penggunaan internet di Indonesia, menunjukan bahwa pengguna media sosial mobile mencapai 130 juta. Bisa dilihat bagaimana antusiasme masyarakat indonesia terhadap media sosial yang ada. Cukup banyak, karena dari 150 juta pengguna internet, 130 juta diantaranya mengakses media sosial mobile. Hal tersebut menunjukan bahwa masyarakat indonesia mulai bergantung pada media sosial.

Media Sosial Konten Asing

Disadari atau tidak, dari sekian banyak media sosial yang populer saat ini tidak satupun media sosial yang dimiliki oleh indonesia. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan pengguna internet di indonesia sudah bergantung pada konten asing. Jika dilihat dari data tersebut, konten lokal yang kita miliki dibidang media sosial kalah telak oleh konten asing.

Beruntung, konten lokal dibidang marketplace (toko online) milik perusahaan indonesia masih menempati peringkat teratas. Menurut data dari iPrice pada tahun 2019, menunjukan bahwa akses terbesar pengguna internet di indonesia terhadap toko online adalah sebagai berikut:
Tokopedia = 66 juta.
Shopee = 56 juta.
Bukalapak = 42,9 juta.
Lajada = 28 juta.
Blibli = 21,4 juta.

Dibidang jasa penyedia hosting dan domain, para pengguna internet juga masih banyak yang menggunakan konten lokal. Akan tetapi, ekspansi-ekspansi perusahaan asing yang datang ke indonesia menimbulkan kekhawatiran. Perusahaan asing tersebut menawarkan berbagai kelebihan seperti harga yang murah dan akses yang cepat. Akan tetapi dua kelebihan yang ditawarkan oleh perusahaan asing tersebut sudah dimiliki oleh perusahaan dalam negeri. Bahkan, perusahaan dalam negeri masih memiliki kelebihan pada kemudahan bahasa. Meskipun ada beberapa perusahaan hosting dan domain yang sudah diakuisisi oleh perusahaan asing, namun perusahaan penyedia hosting dan domain kita masih bisa bersaing dengan mereka.

Namun hal tersebut tidak menutup fakta bahwa akses terbesar pengguna internet saat ini adalah pada media sosial milik perusahaan asing. Presentase akses penggunaan terhadap konten asing masih tinggi jika dibandingkan dengan konten lokal. Harus adanya kesadaran dari diri sendiri untuk mencintai konten yang berasal dari dalam negeri. Sumber daya manusia pun harus dikembangkan demi meningkatkan konten-konten buatan anak bangsa.

Bom Waktu

Pada Ferbruari 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada sekitar 6,88 juta pengangguran di indonesia. Jumlah tersebut diperkirakan akan mengalami kenaikan, mengingat saat ini indonesia sedang dilanda pandemi covid19. Tingkat kemiskinan masyarakat berbanding lurus dengan tingkat pengangguran. Semakin banyak pengangguran di indonesia, maka semakin tinggi juga tingkat kemiskinannya. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk memperbaiki tingkat kemiskinan adalah dengan memperkecil jumlah pengangguran yang ada.

Bom Waktu

Potensi buruk terhadap meningkatnya jumlah pengangguran terjadi pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang online-teknologi. Salah satunya adalah perusahaan penyedia konten lokal seperti hosting, domain, website dan sebagainya. Meskipun perusahaan lokal tersebut masih bisa bersaing dengan perusahaan asing, namun penggunaan internet terhadap konten asing yang tinggi merupakan bom waktu yang kapanpun juga bisa meledak.

Kekalahan yang kita alami dibidang media sosial seharusnya bisa menjadi ‘sentuhan’ agar kita mempersiapkan diri menghadapi persaingan pada bidang lainnya. Jangan sampai kemenangan kita terhadap akses marketplace dan jasa penyedia hosting-domain mengalami kekalahan juga. Apapun harus kita lakukan untuk menghentikan bom waktu yang saat ini telah berputar. Satu-satunya cara untuk menghentikan bom waktu tersebut adalah dengan menumbukan kesadaran terhadap penggunaan konten lokal. Serta hindari kebergantungan terhadap konten asing, karena itu bisa memperlambat perputaran bom waktu.

Kesadaran Penggunaan Konten Lokal

Jika bom waktu tersebut meledak (pengguna internet lebih memilih konten asing dibandingkan konten lokal), apa yang akan terjadi? Tentu akan ada banyak perusahaan dibidang online-teknologi yang harus gulung tikar. Sedangkan dalam perusahaan tersebut ada banyak karyawan yang harus mencari nafkah. Jika perusahannya tutup, maka semua karyawannya akan menjadi pengangguran. Tingkat kemiskinan akan bertambah dan kondisi ekonomi indonesia akan memburuk. Efek jangka panjang dari meningkatnya jumlah kemiskinan akan mengakibatkan tingkat kriminalitas yang tinggi. Begitu mengerikan bukan?

Kesadaran Pengggunaan Konten Lokal

Oleh sebab itu, mari kita tumbuhkan kesadaran terhadap penggunaan konten lokal. Cintai produk-produk dalam negeri yang dibuat oleh perusahaan milik anak bangsa. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan karyawannya dan mencegah meningkatnya jumlah pengangguran.

Penyedia Konten Lokal

Ada banyak perusahaan dibidang online-teknologi yang menyediakan layanan milik anak bangsa. Salah satu pelopor pergerakan konten lokal di indonesia adalah perusahaan yang bergererak dibidang jasa penyedia hosting dan domain, Indowebsite. Perusahaan ini begitu mencintai konten lokal indonesia, sehingga nama website resminya menggunakan ekstensi asli indonesia yaitu indowebsite.co.id yang sebelumnya sudah berubah-ubah. Layanan yang ditawarkan antara lain adalah web hosting, email hosting, domain, hosting murah dan sebagainya. Bahkan demi mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dibidang online-teknologi, indowebsite menyediakan layanan hosting gratis untuk mereka yang ingin belajar.

Penyedia Konten Lokal - Indowebsite

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *