Konsumen Adalah Raja, Benarkah? – Just My Opinion

Konsumen Adalah Raja, Benarkah? – Just My Opinion
September 2, 2019 No Comments PEMIKIRAN ZigerWix

Banyak pepatah yang mengatakan bahwa, pembeli atau konsumen adalah raja. Apakah benar demikian? Atau itu hanya pepatah dan opini dari seseorang saja?. Jika pembeli adalah raja, maka penjual adalah apa?. Tentu tidak adil bukan?. Ini menurutku, silahkan tidak setuju.

Pengertian Pembeli / Konsumen adalah Raja

Pembeli atau konsumen diambil dari bahasa asing yaitu consumer. Secara harfiah dapat diartikan sebagai seseorang atau sesuatu perusahaan, yang membeli barang tertentu atau menggunakan jasa tertentu. Pembeli atau konsumen dibedakan menjadi dua, yaitu pembeli secara pribadi dan pembeli sebagai perusahaan.

Perlu diketahui, bukan hanya penjual saja yang memiliki hak dan kewajiban. Pembeli atau konsumen pun memiliki kedua hal tersebut, setidaknya ada dua hak dan satu kewajiban pembeli, secara umum. Hak pembeli yaitu Menerima barang yang dibeli, dan menerima jaminan atas keadaan barang yang dibeli. Sedangkan kewajiban pembeli atau konsumen adalah membayar harga pembelian, pada tempat dan waktu yang ditentukan.

Biasanya, sebelum terjadi transaksi, ada kegiatan antara penjual dan pembeli untuk menentukan harga. Hal ini, disebut dengan kegiatan tawar-menawar. Sebelum deal dalam bertransaksi, memang ada baiknya proses tawar-menawar dilakukan. Ini untuk menghindari kecurangan, seperti barang yang rusak, atau harga yang dibesar-besarkan.

Baca Juga:  Mindset yang Salah

Lalu bagaimana kedudukan pembeli atau konsumen dan penjual?. Apakah benar bahwa pembeli adalah raja?. Silahkan simak baik-baik artikel ini. – Konsumen adalah Raja.

Pengertian Pembeli atau Konsumen Menurut Para Ahli

1. Dewi (2013:1). Konsumen merupakan seseorang yang menggunakan suatu produk (barang dan/atau jasa) yang dipasarkan.

2. Sri Handayani (2012:2). Konsumen adalah seseorang/suatu organisasi yang membeli atau menggunakan sejumlah barang atau jasa dari pihak lainnya.

3. Aziz Nasution. Arti konsumen adalah setiap orang yang mendapatkan barang atau jasa yang digunakan untuk tujuan tertentu.

4. Philip Kotler (2000) dalam bukunya “Principles Of Marketing”. Konsumen merupakan semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi secara pribadi.

Hak dan Kewajiban Pembeli atau Konsumen

Hak Pembeli atau konsumen adalah sebagai berikut.

  1. Konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam penggunaan barang maupun jasa.
  2. Konsumen berhak untuk memilih barang/jasa serta mendapatkan barang/jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
  3. Konsumen berhak untuk mendapatkan informasi yang benar, jelas, dan jujur tentang kondisi dan jaminan barang/ jasa yang dibeli.
  4. Konsumen berhak untuk didengar pendapat dan keluhannya terkait barang/jasa yang dipakai.
  5. Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut.
  6. Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan konsumen.
  7. Konsumen berhak untuk mendapatkan perlakukan dan pelayanan yang benar dan jujur serta tidak diskriminatif.
  8. Konsumen berhak mendapatkan kompensasi, ganti rugi, dan/atau penggantian, jika barang/jasa yang diterima tidak sesuai dengan semestinya.
  9. Hak-hak yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan lainnya.
Pembli/Konsumen adalah raja adalah anggapan yang salah

Kewajiban pembeli atau konsumen adalah sebagai berikut.

  1. Konsumen wajib membaca dan mengikuti petunjuk informasi maupun prosedur penggunaan atau pemanfaatan barang/jasa, demi keamanan dan keselamatan.
  2. Konsumen harus memiliki itikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang/jasa.
  3. Konsumen wajib membayar pembelian barang/jasa sesuai dengan nilai tukar yang disepakati.
  4. Konsumen wajib mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut.
Baca Juga:  Cara Berhenti Merokok dalam Satu Detik

Kesalahan – Pembeli atau Konsumen Adalah Raja

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa pembeli atau konsumen adalah raja, yang selalu benar. Padahal, itu semua sangat tidak benar. Karena kedudukan pembeli dan penjual adalah sama, kedua nya memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Jadi dapat dipastikan bahwa pembeli tidak bisa disamakan dengan raja, atau orang yang selalu benar.

Baca Juga:  Mengapa Cinta Dilambangkan Love

Jangan samakan pembeli dan raja, karena keduanya sangat jauh berbeda. Jika ada pembeli yang salah, maka tegur saja. Tidak perlu merasa sungkan, dan takut. Karena penjual harus menerapkan sistem dan peraturan nya sendiri. Ketika sebuah peraturan sudah berjalan, maka harus ditaati oleh penjual maupun pembeli.

Kata Mutiara Pembeli/Konsumen adalah Raja

Lalu bagaimana jika ada pembeli yang melanggar peraturan?. Apakah harus ditegur, dengan resiko pembeli tersebut akan pergi ke penjual lain? YA. Memang harus seperti itu, pembeli yang melanggar kesepakatan memang tidak bisa dipertahankan. Jangan takut bila pembeli tersebut pergi ke penjual lain.

Bahkan seorang raja yang serakah, dapat dilengserkan oleh para rakyatnya. Karena raja juga manusia biasa, yang dapat melakukan kesalahan. Jadi, jika ada pembeli yang semena-mena, dan merasa benar, lepas saja. Toh sebenarnya keduduan keduanya sama, dan saling membutuhkan. – Konsumen adalah Raja.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tags
ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *