Jenis Peta dan Klasifikasinya yang Mudah Dipahami

April 21, 2019 No Comments PENGETAHUAN ZigerWix

Ada empat jenis peta yang dapat di klasifikasikan. Klasifikasi tersebut sudah dirangkum agar mudah dimengerti seperti berikut:

Jenis Peta

A) Berdasarkan Isi

Peta Umum

Jenis Peta – Adalah peta yang menggambarkan segala sesuatu di permukaan bumi secara umum. Seperti;

(a) Peta Topografi adalah peta yang menampilkan relief permukaan bumi.

(b) Peta chorografi adalah peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dengan skala yang lebih kecil. antara 1:250.000 sampai 1:1.000.000 atau lebih, seperti peta dunia, peta benua, dan peta kabupaten.

Peta Tematik

Adalah peta yang hanya menggambarkan kenampakan tertentu saja di permukaan bumi. Contoh peta tematik antara lain: peta pariwisata, peta kepadatan penduduk, peta pertambangan, dan sebagainya.

B) Berdasarkan Skala

Jenis Peta

(1) Teknik/kadaster, skala 1:100 s.d. 1:5.000

(2) Besar, skala 1.5000 s.d. 1:250.000

(3) Sedang/medium, skala 1:250.000 s.d. 1:500.000

(4) Kecil, skala 1:500.000 s.d. 1:1.000.000

(5) Sangat kecil/geografis, skala lebih dari 1:1.000.000

Berdasarkan Sumber Data

Peta Induk (Basic Map). yaitu peta yang dihasilkan dari survei langsung di lapangan. Peta induk dapat digunakan sebagai dasar untuk pembuatan peta topografi. sehingga dapat dikatakan pula sebagai peta dasar (basic map).

Baca Juga:  Letak Geografis Indonesia - Penyebab dan Akibatnya.

Peta Turunan (Derived Map). yaitu peta yang dibuat berdasarkan acuan peta yang sudah ada, sehingga tidak memerlukan survei langsung ke lapangan.

Berdasarkan Keadaan Objek

Peta Dinamis merupakan peta yang isinya menggambarkan keadaan yang dinamis atau cepat berubah. seperti pada peta guna lahan, peta tranportasi, dan sebagainya.

Peta Stasioner. adalah peta yang isinya menggambarkan keadaan yang relatif tetap atau jarang berubah seperti pada peta jenis tanah dan peta negara.

peta tanah

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi AA IBE pada halaman KONTAK. AA IBE juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir AA IBE meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *