Jembar Waterpark, Renang Seru Bareng Keluarga! (Review)

Agustus 15, 2019 No Comments JELAJAH ZigerWix

Pada tanggal 5 Agustus 2019, aku kembali mengambil cuti kerja. Tujuan awalnya karena ingin menghadiri pernikahan sepupu, di kampung halaman. Saat itu, aku mengambil cuti lebih lama. Tentu saja, tujuannya adalah untuk menyisakan waktu bersama orang-orang tercinta di kampung halaman. Waktu itu aku mengambil cuti 2 hari, yaitu hari sabtu dan senin. Karena kebetulan, hari pernikahan sepupuku jatuh pada hari minggu. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Sebuah Rencana

Hari jumat nya, aku sengaja ijin berangkat kerja pagi, Agar bisa pulang lebih cepat. Ketika pulang kerja, aku langsung OTW pulang kampung. Aku bergegas agar bisa sampai dengan cepat, sebab hari sabtu ingin digunakan untuk berkumpul dengan keluarga. Selain itu, juga untuk mempersiapkan pesta pernikahan sepupuku. Aku sampai rumah pada malam hari, saat itu memang semua keluarga sedang berkumpul mempersiapkan segalanya.

Kumpul Keluarga - Sebelum OTW Wisata Majalengka

Pada hari sabtu, aku dan keluarga sibuk mempersiapkan pernikahan sepupuku. Seperti biasa, acara pernikahan disini mungkin berbeda dengan di daerah lain. Karena setiap daerah, pasti memiliki adat istiadat yang berbeda-beda. Hingga keesokan harinya, acara pernikahan selesai dengan lancar. Dalam waktu santai, aku memikirkan kegiatan esok hari. Seperti biasanya, aku ingin liburan ke alam, namun pada tempat yang bisa berenang juga. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Pernikahan Sepupu - Sebelum OTW Wisata Majalengka

Kebetulan, saat itu Eca menemukan tempat wisata untuk berenang yang bagus. Tempat wisata ini merupakan kolam renang, yang berada di tengah perbukitan dengan pemandangan gunung Ciremai. Nama nya adalah Jembar Waterpark, wisata Majalengka. Seperti biasa, setelah menemukan destinasi yang cocok, aku langsung mencari rutenya di google maps.

Setelah berhasil menemukan tempatnya, dan menentukan rute perjalanan, kami mempersiapkan segala sesuatunya untuk besok. Sebenarnya persiapannya sangat sederhana, aku hanya menyiapkan sepeda motorku. Agar dalam kondisi prima, sehingga tidak ada masalah saat perjalanan nanti. Sedangkan Eca, mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk berenang. Mulai dari barang bawaan, kantong kresek, hingga skin care. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

OTW Jembar Waterpark

Keesokan harinya, sekitar pukul 08:00 WIB, kami berangkat menuju Jembar Waterpark. Kami sengaja berangkat pagi-pagi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti tersesat, terlambat datang, dan sebagainya. Sehingga kami memutuskan untuk berangkat pagi, seperti pepatah, lebih baik datang duluan dari pada terlambat. Kami cukup menikmati perjalanan, karena saat itu udara pagi memang menyejukan.

Barisan Pegunungan Indah yang Rusak

Setelah sekitar 1.5 jam, akhirnya kami sampai di perbatasan Cirebon-Majalengka. Saat itu, kondisinya sangat panas, karena hari mulai siang. Aku sempat merasa lelah dan gerah, sebelum akhirnya aku melihat sebuah pemandangan yang menyejukan mata. Tak lama setelah perbatasan Cirebon-Majalengka, di sebelah kanan jalan. Terlihat barisan pegunungan yang menakjubkan, karena pegunungan itu tepat di samping jalan. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Pegunungan yang Terluka 1

Pepohonan hijau menghiasai pegunungan tersebut, burung-burung pun berterbangan dengan bebas. Suasana indah, yang memang sedari tadi aku tunggu. Ini membuat lelah dan gerahku hilang seketika, dan seperti mendapatkan tenaga baru. Namun, disisi lain dari pegunungan itu, aku melihat sebuah luka. Pemandangan yang seharusnya tidak terjadi, sebuah rasa sakit yang di derita alam. Bagaimana besi-besi baja itu, menggerogoti pegunungan ini dengan kejamnya. Hal yang saat ini sudah dianggap lumrah, aku kira ini tidak benar. Aku tak bisa terus-menerus melihat pemandangan ini, hingga akhirnya kami pun berlalu.

Menjaga Stamina

Setelah perjalanan sekitar 2.5 jam, kami memutuskan untuk berhenti sejenak untuk makan. Karena sedari tadi kami belum makan, sehingga beresiko munculnya hal-hal yang tidak diinginkan. Saat itu, mataku tertuju pada warung disamping jalan. Pada papan warung tersebut tertulis “Empal Gentong”, makanan khas Cirebon ini ternyata ada di Majalengka. Tak pikir panjang, aku pun langsung menepikan motor disana. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Warung Makan di Jalan Jembar Waterpark

Kami memesan empal gentong, dengan dua lontong. Rasanya cukup enak, dan membuat nostalgia tersendiri. Karena jujur saja, setelah sekian lama tidak makan empal gentong, akhirnya pada hari itu aku bisa merasakannya lagi. Tak butuh waktu lama untuk menghabiskan makanan itu, sebab kami memang sudah cukup lapar.

Empal Gentong
Eca Makan

Untuk harga, di warung ini cukup normal. Satu porsi empal gentong dihargai Rp.14.000 saja, ini sangat murah jika dibandingkan dengan rasanya yang nikmat. Mungkin jika suatu saat nanti aku melewati jalan ini lagi, akan aku sempatkan untuk mampir ke warung ini. Setelah sekitar 20 menit di warung tersebut, kami melanjutkan perjalanan lagi. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Jalan Ditengah Bukit

Sekitar 15 menit perjalanan dari warung makan, kami masuk ke jalan pedesaan. Jalan yang dilalui mulai kurang terawat, dan banyak lubang. Namun dari sini, aku bisa melihat indahnya pemandangan perbukitan yang luas. Dengan dihasi pepohonan dan semak-semak, dan suasana sepi, membuat hati terasa tenang.

Baca Juga:  Hutan Pinus Bekasi, Surga yang Tersembunyi
Suasana Tenang Jalan Jembar Waterpark

Namun sayang, pada saat itu sedang musim kemarau. Jadi perbukitan itu dihiasi dengna warna kuing, yang diakibatkan oleh dedaunan yang kering. Akan tetapi, aku cukup puas menikmati ini semua. Hingga akhirnya, diujung jalan, aku melihat sebuah gapura yang cukup besar. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Musim Kemarau Jembar Waterpark

Sampai di Jembar Waterpark

Akhirnya, kami sampai di Jembar Waterpark sekitar pukul 11:00 WIB. Di gapura (pintu masuk), aku tak melihat siapapun. Terlihat dari jauh seorang penjaga melambaikan tangan, dengan maksud menyuruh kami menghampiri. Saat itu, tak terlihat banyak kendaraan terparkir, mungkin karena hari ini bukan merupakan hari libur.

Tempat Parkir Jembar Waterpark - Wisata Majalengka

Langsung saja, aku dan Eca mencari tempat parkir yang teduh. Setelah itu, kami membeli tiket masuk di loket yang tersedia. Aku hanya melihat satu loket saja, entah loket yang lain tutup, atau memang tidak ada loket lain. Kesan pertama melihat Jamber Waterpark dari luar, sangat megah. Terlihat patung-patung binatang (dinosaurus), di depan pintu masuk. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Halaman Depan Jembar Waterpark - Wisata Majalengka

Kemegahan Jembar Waterpark

Di dalamnya, terdapat beberapa kolam renang. Ada berbagai macam kedalaman kolam renang disini, mulai dari anak-anak, hingga orang dewasa. Hal pertama yang kami lakukan adalah mencari loker, namun pada saat itu penjaga loker tidak ada. Memang suasana disana sangat sepi, karena bukan merupakan hari libur. Aku lihat sekeliling, sangat luas dan megah.

Tangga Pelangi Jembar Waterpark - Wisata Majalengka

Diberbagai sudut terlihat patung-patung dinosaurus, yang sangat besar. Hal tersebut menambah nuansa megah, dan kesan luas. Saung-saung tempat duduk juga banyak menghiasi, yang cukup untuk menampung satu keluarga. Aku pun langsung menuju salah satu saung, dan bersiap-siap untuk berenang. Kami sangat menikmati suasana sepi ini, seperti milik kolam renang pribadi. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Patung Dinosaurus 1 - Wisata Majalengka
Patung Dinosaurus 2 - Wisata Majalengka

Cukup lama aku dan Eca berenang disitu, menikmati semua wahana yang tersedia. Namun sayang, wahana seluncuran dan waterboomnya tidak di buka. Entah mengapa, mungkin karena pada saat itu memang sedang sepi pengunjung. Ketika saat berenang, kami sempat makan kembali. Kami pesan makanan di warung yang buka, hanya ada 2 warung yang buka. Harga makanan disini cukup normal, dan tidak mahal. Makanan juga bisa diantarkan hingga saung kami, ini merupakan nilai lebih.

Wiko dan Eca di Jembar Waterpark - Wisata Majalengka
Kantin Jembar Waterpark - Wisata Majalengka

Cukup lama juga kami berenang, hal ini mengakibatkan badan kami mengigil, walaupun cuaca saat itu sedang panas. Sekitar pukul 14:00 kami memutuskan untuk berhenti berenang, dan mengganti pakaian. Kami ingin menikmati seluruh tempat disini, sembari berburu informasi. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Fasilitas Jembar Waterpark

Fasilitas yang di tawarkan oleh kolam renang Jembar Waterpark memang cukup banyak. Saat kami mengelilingi tempat ini, kami menemukan berbagai fasilitas. Beberapa fasilitas tersebut adalah

• Masjid dan Musholah
  • Kantin
  • ATV Mini
  • Kebun Binatang Mini
  • Rumah Pohon
  • Taman Bermain Anak

Biaya Masuk Jembar Waterpark

Untuk biaya masuk ke kolam renang ini, cukup murah. Dengan Rp.20.000/orang, sudah bisa menikmati semua fasilitas ini (belum termasuk ATV mini). Pada hari sabtu-minggu, dan hari libur, biaya masuknya menjadi Rp.30.000/orang. Harga tersebut berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak. Biaya parkirnya sendiri hanya Rp.2.000/motor. Memang cukup terjangkau, untuk tempat seluas dan semegah ini. Fasilitas yang di tawarkan juga lumayan komplit. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Ticket Masuk Jembar Waterpark

Kelebihan dan Kekurangan Jembar Waterpark

Kelebihan dari kolam renang ini adalah, terdapatnya fasilitas yang banyak. Tempat nya megah, dan halaman parkirnya luas. Sehingga mampu menampung banyak pengunjug. Tempatnya yang berada di tengah perbukitan juga membuat nilai plus. Gunung Ciremai juga dapat terlihat dari sini, menambah keindahan tersendiri.

Background Gunung Ciremai - Jembar Waterpark, Wisata Majalengka

Kekurangannya tidak terlalu banyak, setidaknya ada tiga kekurangan yang terlihat. Yang pertama adalah akses jalan yang rusak, sekitar 1 KM sebelum sampai tempat ini, jalanannya cukup rusak dan berlubang. Kemudian, beberapa fasilitas juga di non-aktifkan saat suasana sepi. Hal ini jelas merugikan bagi pengunjung yang ada. Kekurangan terakhir adalah, adanya fasilitas yang rusak dan kurang terawat. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Tempat Jembar Waterpark – Wisata Majalengka

Kesimpulan

Secara keseluruhan, aku dan Eca cukup menikmati tempat ini. Hanya beberapa saja yang harus di perbaiki, dan itu masih bisa dimaklumi. Kami mengelilingi tempat ini, hingga sekitar pukul 15.30 WIB. Setelah itu, kami bergegas untuk pulang. Secara keseluruhan, kami sangat menikmati ini semua. – Jembar Waterpark, Wisata Majalengka.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tags
ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"