Jaringan Komputer – Pengertian dan Komponen Penunjang

Maret 4, 2020 No Comments TEKNOLOGI ZigerWix

Kemudahan akses internet saat ini tidak lepas dari peranan jaringan komputer yang mumpuni. Setiap bit data yang di transfer dari satu perangkat komputer ke perangkat lainnya dapat dilakukan dengan sangat cepat. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan transfer data adalah topologi jaringan yang digunakan. Seperti yang diketahui bahwa ada berbagai macam topologi jaringan yang sering digunakan. Selain itu, jenis dari jaringan ini juga bervariasi. Berikut uraiannya secara lengkap.

Pengertian Jaringan Komputer

Merupakan rangkaian dua buah komputer atau lebih yang terhubung melalui kabel maupun nirkabel yang digunakan untuk berbagi data antar komputer. Rangkaian tersebut dibangun dengan menggunakan hardware dan software penunjang. Hardware dan software penunjang itu sendiri memiliki berbagai macam jenis. Semua itu saling berhubungan dan membentuk suatu jaringan yang utuh.

Hardware yang digunakan untuk membuat suatu jaringan komputer antara lain adalah hub/switch, router, bridge, access point, dan sebagainya. Sedangkan software penunjangnya antara lain nmap, wireshark, look@lan, advanced IP scanner, dude dan lainnya. Penjelasan lengkapnya silahkan bisa dipahami pada artikel ini.

Hardware Jaringan Komputer

Sebenarnya ada banyak hardware yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan. Namun, pada artikel ini hanya akan dijelaskan hardware yang sering disebutkan saja. Hal ini dilakukan agar pembaca familiar dengan hardware yang dibutuhkan dalam membuat jaringan.

Hub/Switch

Network hub adalah alat elektronik yang mampu menghubungkan satu komputer dengan komputer lain. Media yang digunakan biasanya berupa kabel yang dihubungkan pada port di dalam hub tersebut. Setiap komputer yang sudah terhubung dengan hub, dapat bertukar data melalui jaringan LAN. Ada satu alat lagi yang fungsinya sama dengan hub, yaitu switch. Meskipun fungsinya sama dengan hub, namun switch jauh lebih cerdas. Switch mampu membagi data ke port spesifik yang dituju, berbeda dengan hub yang mengirimkan data ke semua port. Switch juga mampu menganalisa data yang dikirimkan sehingga dapat mendeteksi kerusakan pada data tersebut.

Router

Router merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui koneksi internet. Proses pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain melalui router disebut routing. Proses routing memungkinkan dilakukan jika ada koneksi internet yang terhubung.

Bridge

Bridge adalah perangkat yang menghubungkan beberapa jaringan komputer LAN (Local Area Network) menjadi satu. Seperti yang kita ketahui, setiap jaringan LAN memiliki setingan dan tipe yang berbeda-beda, maka akan sulit untuk menghubugkannya. Oleh karena itu, bridge dibuat sebagai solusi untuk menyatukan beberapa jaringan yang memiliki perbedaan. Seperti contohnya, jaringan Ethernet dapat dihubungkan dengan jaringan fast Ethernet.

Access Point

Access point adalah hardware yang mampu menghubungkan suatu perangkat ke perangkat lain dengan menggunakan koneksi nirkabel/wireless. Fungsi access point adalah sebagai perantara lalu lintas data dari client dengan jaringan lokal yang ada. Selain itu juga berfungsi sebagai penyebar sinyal internet untuk perangkat client.

Software Jaringan Komputer

Penggunaan jaringan komputer yang baik, tidak lepas dari komponen software penunjang yang baik pula. Ada berbagai macam software yang digunakan, dengan setingan yang berbeda-beda. Berikut akan dijelaskan beberapa software yang biasa digunakan dalam membuat jaringan.

Baca Juga:  Pengertian Hosting dan Domain, Mudah Dimengerti

Nmap

Nmap adalah singkatan dari Network Mapping, yang merupakan tools untuk mengeksplore dan mengaudit keamanan jaringan. Tools ini diciptakan oleh seorang penulis yang juga ahli dalam keamanan jaringan, yaitu Gordon Lyon. Fungsi Nmap sendiri antara lain untuk memeriksa jaringan, melakukan scanning pada port jaringan, dan sebagainya.

Wireshark

Wireshark adalah program yang digunakan untuk menganalisa protokol jaringan. Fungsi program ini sering kali disalah artikan oleh para orang-orang yang baru belajar teknik hacking. Mereka mengira bahwa wireshark merupakan tools untuk meretas jaringan. Mereka salah, karena sebenarnya fungsi utama wireshark bukan untuk hacking. Fungsi utama program ini adalah untuk melacak apa yang terjadi pada sebuah jaringan komputer, dan memastikan jaringan tersebut tidak bermasalah.

Look@LAN

Software look@lan merupakan program yang digunakan untuk memonitoring jaringan. Program ini mampu mendeteksi host yang aktif dalam sebuah jaringan. Penggunaan program ini cukup mudah, dan bisa dijalankan pada berbagai sistem operasi. Output yang dihasilkan adalah sebuah tabel pada layar monitor yang menyatakan kondisi jaringan.

Angry IP Scanner

Angry IP scanner merupakan tools yang digunakan untuk memonitoring jaringan komputer. Fungsi utamanya hampir sama dengan look@lan, yaitu mendeteksi host yang aktif alam range IP tertentu. Beberapa fungsi lainnya adalah untuk mendeteksi keberadaan IP yang terhubung, dan IP mana saja yang aktif. Program ini memiliki banyak manfaat, terutama di bidang koneksivitas

Dude

Program dude adalah sebuah tools yang digunakan untuk memonitoring lalu lintas data pada sebuah jaringan. Tools ini juga dapat mengerjakan fungsi layaknya look@lan dan angry IP scanner tapi memiliki desain interface yang berbeda. Dude memiliki beberapa versi, yang terbaru adalah versi yang mengikuti router OS nya.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan adalah sebuah teknik yang digunakan untuk membuat jaringan komputer. Ada berbagai macam teknik yang digunakan untuk membuat jaringan. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa contoh topologi jaringan yang sering digunakan antara lain topologi bus, star, ring, mesh, dan sebagainya. Topologi jaringan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat koneksi jaringan.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jika dilihat dari luas area jangkauannya, jenis jaringan komputer dibagi kedalam empat kategori. Antara lain adalah LAN, WAN, MAN dan Internet. Topologi dengan luas wilayah terkecil adalah LAN (Local Area Network). Hal tersebut memang disebabkan karena ruang lingkup LAN sangat terbatas, yaitu hanya satu gedung saja. Sedangkan jenis jaringan komputer yang mencakup global adalah internet. Sebelum terjun langsung untuk membuat jaringan komputer, sebaiknya pelajari dahulu tentang jenis dan topologi jaringan. Setelah dirasa cukup menguasai materi, barulah kemudian terjun langsung untuk membuat jaringan.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tags
ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *