Jalan Tuhan Lebih Indah – Percayalah

Desember 26, 2019 No Comments PEMIKIRAN ZigerWix

Sekitar 5 tahun yang lalu, kisah nyata ini dimulai. Akan ku tunjukan bahwa jalan Tuhan lebih indah dari apa yang kita rencanakan.

Awal Sebuah Kisah

Aku pernah membuat sebuah tulisan tentang mimpi-mimpiku pada selembar kertas. Kemudian, ku gantung kertas tersebut pada dinding kamar tidurku. Tujuannya agar aku selalu terpacu untuk menggapai mimpiku. Dalam kejauhan, tulisan mimpi-mimpi itu terlihat seperti garis lurus yang teratur berwarna hitam. Akan tetapi, ada satu tulisan tentang mimpiku yang terlihat sangat jelas dari kejauhan. Karena aku sengaja menuliskan mimpi tersebut, berbeda dengan mimpi-mimpi yang lain. Sebab, itu adalah salah satu mimpi terbesar dalam hidupku. Tertulis dengan huruf yang besar, sehingga terlihat dengan jelas “Masuk ITB”. – Jalan Tuhan Lebih Indah.

Dapat dikatakan bahwa aku adalah siswa yang tidak tahu diri. Sempat memilih jurusan IPS saat kelas 2 SMA, namun ingin masuk jurusan Teknik Informatika di ITB. lucu? memang seperti itulah ceritanya. Saat itu, semua rencanaku tertuju pada Universitas yang ingin aku pilih. Karena memang aku berniat untuk kuliah setelah lulus SMA nanti, dan tak terpikirkan untuk bekerja atau yang lainnya. Beruntung, saat itu aku berkesempatan mendapatkan beasiswa bidikmisi untuk menempuh jenjang kuliah hingga lulus (S1) gratis.

Aku sempat ragu dan bingung harus mendaftar kuliah dimana. Sebab, saat itu aku ingin mewujudkan mimpiku untuk kuliah di ITB. Sedangkan temanku menyarankan aku untuk kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Bukan tanpa alasan, temanku mengingatkan aku agar tidak mendaftar di ITB karena persaingan disana sangat ketat. Penyeleksian beasiswa bidikmisi pun bersifat “gaib”, maka dari itu temanku menyarankan untuk memilih universitas yang “pasti” saja. Namun, akhirnya aku memutuskan untuk mendaftar di ITB, kampus impianku. Padahal jika aku mendaftar di UPI, aku memiliki “kartu AS”. Hal tersebut dikarenakan aku dan temanku pernah mengikuti lomba National Geosmart Commpetition 2013. Lomba geografi tingkat nasional yang di selenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia. – Jalan Tuhan Lebih Indah.

Geo Smart Competition - Jalan Tuhan Lebih Indah
National Geo Smart Commpetition 2013

Belum sadar – Jalan Tuhan Lebih Indah

Semua terasa sia-sia ketika aku tahu bahwa aku gagal dalam menerima beasiswa bidikmisi tersebut. Sebenarnya ada satu beasiswa lagi yang bisa aku ikuti. Namun, aku ingin memberi tahu orang tua ku terlebih dahulu tentang kegagalan ini. Aku ingin melihat bagaimana respon orang tua ku. Aku kira orang tua ku akan menyuruh aku untuk mengikuti tes seleksi beasiswa yang lain. Atau menyuruh aku untuk kuliah di kampus swasta yang dekat. Sebab jauh sebelumnya orang tua ku sudah menyanggupi untuk biaya nya, namun ternyata itu semua salah. Orang tua ku justru menyuruh aku untuk bekerja terlebih dahulu. Sebab uang yang selama ini dikumpulkan untuk biaya kuliah ku akan di pakai untuk kepentingan yang lain. – Jalan Tuhan Lebih Indah.

Saat itu aku tidak percaya dengan semua ini, ku kira itu hanya mimpi dan sesaat lagi aku akan terbangun. Tapi inilah kenyataannya, kenyataan bahwa aku tidak bisa meneruskan kuliah karena harus membantu perekonomian keluarga. Entah apa yang saat itu aku rasakan, waktu seakan berhenti. Jantungku berdetak sangat kencang hingga akhirnya aku tersadar, ini adalah kenyataan pahit yang harus dihadapi. Aku harus merelakan impian yang selama ini aku genggam dengan erat, impian yang sejak dulu aku dambakan, kini harus hilang. Bahkan, aku sempat berpikir bahwa hidup ini tak adil. – Jalan Tuhan Lebih Indah.

Menjalani hal yang membosankan

Perlahan aku dapat menerima kenyataan ini, aku harus menjalani hal yang tidak aku inginkan. Bahkan, tidak pernah aku rencanakan sebelumnya. Dengan bantuan seorang calo, aku berhasil masuk pada sebuah perusahaan yang ada di Bekasi. Ternyata calo ini lah yang menghasut orang tua ku agar aku ikut denganya. Sebab jika aku bekerja dengan jasanya, maka calo tersebut akan mendapatkan uang. Ya, aku masuk ke perusahaan itu dengan membayar calo tersebut.

Ternyata, kenyataanya tidak sesuai dengan janji manis sang calo. Perusahaan tempatku bekerja sangat jauh dari kata standar, bahkan saat itu aku di gaji sangat jauh di bawah UMR. Selama 6 bulan bekerja di perusahaan tersebut, akhirnya aku memutuskan untuk resign. Setelah itu, ada beberapa perusahaan yang aku coba dan selalu berakhir dengan resign. Hingga akhirnya aku bekerja pada sebuah perusahaan otomotif, dengan gaji nya cukup lumayan. Karena merasa gaji yang aku dapatkan cukup banyak, akhirnya aku memutuskan untuk kuliah. Bekerja sambil kuliah sepertinya tidak buruk, pikirku saat itu. – Jalan Tuhan Lebih Indah.

Baca Juga:  Belajar Menulis, Hingga Akhirnya Memahami

Secerca Harapan

Pilihanku untuk kuliah memang tepat, aku menikmati bisa kuliah dan belajar seperti rencanaku dulu. Walaupun aku harus pandai dalam membagi waktu tidurku, itu bukan menjadi masalah. Aku sering kelelahan dalam membagi waktu kuliah dan pekerjaan saat itu, namun aku merasa senang. Oh iya, Aku berkuliah di salah satu universitas swasta di Bekasi, Universitas Pelita Bangsa.

Kampus Pelita Bangsa
Universitas Pelita Bangsa

Setelah beberapa bulan kuliah, aku mendapatkan teman baru. Ada beberapa teman yang dulu telat mendaftar pada tahap pertama, lalu mendaftar di tahap ini. Jadi bisa dibilang ini adalah teman-teman yang telat mendaftar kuliah. Salah satu dari teman baru ku adalah seorang bapak-bapak. Beliau bernama Bapak Yanwar Purnama, sebut saja Pak Yanwar. Beliau sangat paham tentang pelajaran yang diberikan oleh dosen, hingga akhirnya aku berkenalan dan belajar banyak dari beliau.

Terbukti – Jalan Tuhan Lebih Indah

Tak terasa masa kontrak kerjaku di perusahaan otomotif hampir berakhir. Aku harus memutar otak, bagaimana caranya agar cepat mendapatkan pekerjaan lagi. Sekaligus memikirkan bagaimana membayar uang kuliah saat itu. Aku pun berusaha mencari loker pada teman-teman sekelas ku. Tak disangka, ternyata Pak Yanwar mengajakku untuk bergabung ke dalam perusahaannya. Ternyata, beliau adalah pemilik perusahaan PT. Tujuh Ion Indonesia. Dimana perusahaan tersebut memiliki brand IndoWebsite, siapa yang tak kenal dengan IndoWebsite?. Perusahaan jasa penyedia hosting dan domain ini sudah sangat terkenal di Indonesia. – Jalan Tuhan Lebih Indah.

Tak pikir panjang, aku pun langsung menyetujui ajakan Pak Yanwar untuk bergabung ke dalam IndoWebsite. Di IndoWebsite, aku banyak sekali mendapatkan ilmu baru. Ilmu tentang hosting, domain, server dan dunia internet lainnya. Perusahaan ini sangat cocok denganku yang selama ini menyukai dunia komputer dan teknologi. Sangat menyenangkan dapat bekerja disini. 

Maskot Indowebsite
Kang Iwe – Maskot IndoWebsite

Tersadar – Jalan Tuhan Lebih Indah

Apakah ini kebetulan? Bagaimana jika sejak awal aku diterima kuliah di ITB?. Apakah aku akan mendapatkan pekerjaan yang aku sukai seperti saat ini?. Aku rasa tidak ada yang kebetulan di dunia ini, semua pasti sudah direncanakan olehNya. Walaupun rencana ku berbeda dengan rencanaNya, namun akhir dari rencana yang Dia buat sungguh sangat indah. Aku masih ingat, bagaimana dulu Dia menggagalkan rencanaku untuk masuk universitas impianku. Aku juga masih ingat, bagaimana dulu saat Dia mengecewakankku karena tidak bisa meneruskan ke  jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hingga akhirnya, saat ini terjawab sudah. Bagaimana Dia menunjukan bahwa JalanNya lebih indah. – Jalan Tuhan Lebih Indah.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tags
ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *