Lewati Semua Batas…
Review Indowebsite

Review Indowebsite Berdasarkan Pengalaman

Pada kesempatan kali ini, idebebas.com akan mereview salah satu penyedia hosting dan domain yang ada di indonesia. Review ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dalam menggunakan layanan yang ditawarkan. Rumornya, provider ini akan menjadi kandidat provider hosting dan domain terbaik di indonesia. Apakah benar demikian? Berikut review Indowebsite berdasarkan pengalaman pribadi (skip pada bagian yang menurut anda tidak perlu).

Sejarah Indowebsite

Ada pribahasa yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Oleh sebab itu, sebelum melakukan review terhadap provider hosting ini, akan dijelaskan dahulu asal-usulnya. Hal ini dirasa perlu karena untuk memahami sebuah perusahaan yang baik atau tidak, itu harus dari akarnya. Maka dari itu, silahkan berkenalan dahulu dengan provider ini.

September 2005, pendiri indowebsite membangun sebuah jasa pembuatan web design yang dikelola secara personal. Saat itu, peminat web design semakin tinggi hingga akhirnya kebutuhan resource hosting juga meningkat. Sehingga terbesit ide untuk membuat jasa web hosting juga. Pada pertengahan desember 2005, dibuatlah sebuah jasa web hosting yang diberi nama dplanet. Tak disangka, ternyata peminat dari jasa hosting ini sangat banyak dan terus meningkat.

Merasa penting dengan identitas sebuah merek (branding), maka nama dplanet diubah menjadi Indowebsite pada bulan november 2007. Perubahan ini dilakukan karena nama dplanet dirasa kurang cocok dan tidak SEO friendly. Saat itu juga, perusahaan ini memiliki kantor resmi yang berada di Cibitung, Bekasi dengan website resminya indowebsite.net. Setelah memiliki nama website resmi, beberapa tahun kemudian provider ini memiliki payung hukum bernama PT. Tujuh Ion Indonesia pada tahun 2013.

Hingga pada tahun 2016, website resmi indowebsite berubah menjadi indowebsite.id. Kebijakan ini diambil demi mendukung penggunaan domain lokal indonesia juga mendukung penggunaan konten lokal. Pada tahun 2019, website resmi perusahaan penyedia hosting dan domain ini berubah menjadi indowebsite.co.id. Para pelanggannya pun semakin meningkat seiring berkembangnya waktu. Tercatat hingga saat ini, terdapat lebih dari 40.000 orang yang menggunakan layanannya. Banyaknya pelanggan, biasanya berbanding lurus dengan layanan yang baik. Lalu apakah layanan di provider ini juga baik? Silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Layanan Indowebsite

Sebagai penyedia hosting dan domain yang ternama, perusahaan ini memiliki berbagai layanan yang dapat digunakan oleh para pelanggannya. Layanan tersebut meliputi Hosting, Server, Website, Domain, SSL (Secure Socket Layer), dan afiliasi. Berikut akan dijelaskan layanan dan paket yang tersedia di indowebsite.

Hosting

Hosting merupakan tempat penyimpanan data pada server agar data tersebut dapat diakses melalui internet. Data yang dimaksud meliputi data website, email, database, dan sebagainya. Biasanya, dalam satu server terdapat beberapa hosting. Hal tersebut merupakan shared hosting. Namun ada juga yang menggunakan satu server untuk satu hosting yang disebut sebagai Virtual Private Server (VPS). Pada indowebsite terdapat berbagai layanan hosting, yaitu sebagai berikut.

Web Hosting

Web hosting adalah layanan hosting yang biasanya digunakan untuk membangun sebuah website. Akan tetapi, pada beberapa penyedia hosting dan domain, layanan ini dapat juga digunakan untuk aktivitas email. Walaupun aktivitas email tersebut kurang maksimal (karena tidak didukung oleh fitur-fitur tertentu), namun cukup membantu. Oleh sebab itu, web hosting merupakan salah satu layanan yang paling banyak diminati. Ada berbagai layanan web hosting di provider ini, antara lain sebagai berikut.

Layanan Web Hosting Indowebsite

Cloud Hosting

Pada dasarnya, cloud hosting hampir sama seperti web hosting. Hanya saja pada cloud hosting menggunakan teknologi cloud computing dan litespeed enterprise. Cloud computing memungkinkan server membagi tugasnya menjadi mesin pemroses dan tempat penyimpanan. Mesin pemroses dan tempat penyimpanan tersebut dibuat dari beberapa server yang digabungkan menjadi satu-kesatuan. Oleh sebab itu, performanya lebih baik dibandingkan layanan web hosting. Ada banyak paket cloud hosting di indowebsite, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Layanan Cloud Hosting Indowebsite

WordPress Hosting

Hampir sama seperti web hosting, namun layanan ini sangat cocok digunakan untuk membangun website menggunakan CMS WordPress. Fitur litespeed enterprise yang ada pada cloud hosting juga terdapat pada layanan ini. Oleh sebab itu, fitur LS Cache juga ada di dalam paket WordPress Hosting. Salah satu kelebihan dari fitur LS Cache adalah mempercepat akses website anda. Berikut beberapa paket wordpress hosting yang tersedia.

Layanan WordPress Hosting Indowebsite

Hosting Murah

Bisa dibilang ini adalah salah satu layanan yang sangat luar biasa. Sebab dengan harga murah (bahkan terjangkau untuk pelajar), sudah bisa mendapatkan hosting dan domain (ekstensi tertentu). Hal ini sudah sangat baik, karena jarang ada provider lain yang menyediakan layanan seperti ini. Sebenarnya layanan hosting murah sama seperti web hosting, hanya saja ada beberapa fitur yang dikurangi dalam layanan ini. Fitur yang dikurangi tersebut antara lain: Tidak support parked/add on/subdomain, Maksimal hanya bisa membuat 2 MySQL, 1 akun FTP dan maksimal 2 akun email. Berikut beberapa paket layanan hosting murah yang ada di indowebsite.

Layanan Hosting Murah Indowebsite

Email Hosting

Berbeda dengan jenis hosting sebelumnya (yang diutamakan untuk membangun website), layanan email hosting diutamakan untuk aktivitas email. Maka dari itu, fitur untuk membuat website pada layanan ini dihilangkan. Namun ada beberapa fitur untuk menunjang aktivitas email pada layanan ini yang tidak dimiliki oleh paket hosting biasa. Salah satu fitur unggulan layanan email hosting adalah adanya fitur spam expert. Fitur ini melindungi email anda dari aktivitas spamming, baik itu pengiriman email maupun penerimaan email. Berikut beberapa paket layanan email hosting.

Layanan Email Hosting Indowebsite

Suite Hosting

Berbeda dengan layanan shared hosting yang resourcenya dibatasi, suite hosting memungkinkan anda untuk mendapatkan resource penuh pada server. Hal ini dikarenakan hanya ada akun anda saja di dalam satu server (Virtual Machine) berteknologi XEN/KVM. Jika website anda memiliki visitor yang cukup banyak, maka anda diwajibkan untuk menggunakan layanan ini. Pada dasarnya, suite hosting mirip dengan VPS. Bedanya, pada layanan ini sudah terinstall berbagai fitur penunjang dan sudah siap pakai layaknya layanan hosting pada umumnya. Berikut beberapa paket layanan suite hosting.

Layanan Suite Hosting Indowebsite

Reseller Hosting

Di indowebsite terdapat layanan yang memungkinkan anda menjadi mitranya, yaitu layanan reseller hosting. Layanan ini membuat anda untuk memanage layanan hosting (produk) anda sendiri. Jika anda menggunakan layanan ini, maka anda akan mendapatkan akun WHMCS yang digunakan untuk memanage layanan hosting anda. Anda juga bisa mengatur sendiri resource, disk space, dan membuat paket sesuai keinginan. Selain itu, harga dari layanan hosting anda juga dapat ditentukan oleh anda sendiri. Berikut beberapa paket dari layanan reseller hosting yang dapat anda pesan.

Layanan Reseller Hosting

Server

Server merupakan bentuk fisik dari hosting. Layaknya komputer, server juga memiliki prosesor, RAM, tempat penyimpanan dan sebagainya dalam bentuk yang lebih tinggi. Daya tahan server juga lebih baik dari komputer pada umumnya. Oleh sebab itu, server juga biasa disebut sebagai super komputer. Layanan server pada indowebsite memiliki empat sub layanan yaitu VPS Indonesia, Dedicated Server, Colocation Server dan Rack Server. Berikut layanan server yang dapat anda gunakan.

VPS Indonesia

VPS adalah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk memanage server sendiri (dalam bentuk virtual). Meskipun berbentuk virtual mesin, namun semua resource dan sistem operasinya dapat berjalan mandiri. Selain itu, VPS juga menyediakan full akses root seperti anda memiliki layanan Dedicated server. Berikut paket yang ada di dalam layanan VPS indonesia.

Layanan VPS Indonesia

Dedicated Server

Dedicated server merupakan layanan yang menyediakan server fisik secara utuh. Otomatis anda sebagai pemilik layanan harus memahami dasar-dasar server. Server yang disediakan ini sudah siap pakai (terhubung ke internet/IP public) yang diletakan pada datac enter indowebsite. Data center ini berada di jakarta yang sudah memenuhi standar dan dilengkapi dengan jaringan Open IXP maupun Internet Exchange (IIX). Bandwidth sampai dengan 1 Gbps shared dan link internasional 3 Mbps. Jika dilihat dari performanya, layanan ini adalah layanan terbaik untuk kecepatan website yang maksimal. Ada beberapa layanan dedicated server antara lain sebagai berikut.

Layanan Dedicated Server

Colocation Server

Layanan colocation server ditujukan untuk anda yang memiliki server sendiri dan ingin mengonlinekannya. Jadi anda menyewa tempat untuk menaruh server milik anda agar memiliki daya listrik yang memadai, bandwidth yang mencukupi dan IP public agar bisa diakses melalui internet. Tempat penyimpanan tersebut berada di data center yang memiliki rack dengan tipe 1U, 2U dan 4U. Terdapat juga layanan pendukung seperti Fully manage server, dedicated bandwidth, dedicated IP public, dan lisensi cpanel/WHM. Berikut beberapa paket colocation server yang dapat anda pilih.

Layanan Colocatiaon Server

Rack Server

Layanan ini hampir sama seperti colocation server, yaitu menyediakan tempat untuk server anda di data center. Hanya saja, layanan rack server lebih besar lagi, yaitu penyewaan satu rack penuh. Jika pada layanan colocation server, anda hanya menyewa satu atau beberapa slot di dalam rack, maka pada layanan rack server anda menyewa keseluruhan rack. Tersedia 45U rack tertutup yang dilengkapi dengan lock-and-key, sehingga membuat anda memiliki aksesnya secara pribadi. Berikut beberapa pilihan layanan rack server.

Layanan Rack Server Indowebsite

Website

Website adalah kumpulan informasi yang memuat berbagai elemen seperti teks, gambar, animasi, dan sebagainya yang dapat diakses menggunakan internet. Elemen-elemen tersebut dibangun pada sebuah halaman web dan dapat ditampilkan pada aplikasi web browser. Layanan website yang disediakan indowebsite terdiri dari website builder dan jasa pembuatan website. Berikut penjelasan tentang keduanya.

Website Builder

Website builder adalah layanan yang menyediakan template pembuatan website. Pada layanan ini, anda tidak memiliki akses ke hosting. Anda hanya bisa mengakses halaman editing website saja, namun sudah bisa online dan diakses. Keunggulan layanan ini adalah dapat membuat website dengan mudah, yaitu hanya dengan drag and drop saja. Anda bisa menambahkan teks, gambar, video dan sebagainya dengan mudah. Ditambah pengaturan tata letak yang fleksibel, menjadi keunggulan tersendiri. Akan tetapi kelemahan dari layanan ini adalah tidak bisa membuat email dan add on/parked/subdomain layaknya layanan hosting biasa. Berikut beberapa paket pada layanan website builder.

Layanan Website Builder Indowebsite

Jasa Pembuatan Website

Seperti namanya, layanan jasa pembuatan website dikhususkan bagi anda yang benar-benar tidak bisa membuat website. Pada layanan ini, anda akan dibuatkan website oleh team development sesuai template yang tersedia. Jangan khawatir jika websitenya tidak sesuai dengan yang anda inginkan, sebab semua konten website (teks, gambar dan sebagainya) berasal dari anda. Jadi, anda hanya menyediakan konten websitenya saja. Waktu pengerjaannya pun sangat cepat, sehingga dapat diandalkan untuk hal-hal urgent. Berikut beberapa paket yang tersedia pada layanan jasa pembuatan website.

Jasa Pembuatan Website

Domain

Domain adalah penamaan sebuah website agar mudah diingat. Pada dasarnya, IP server juga dapat disetting agar bisa diakses oleh visitor. Namun mengingat IP server jauh lebih sulit daripada mengingat nama domain. Contoh: hosting website ini berada pada server dengan IP  103.112.244.78 dengan nama domain idebebas.com. Mana yang lebih mudah diingat? IP kah atau domain? Agar lebih mudah memahami hubungan hosting dan domain, orang-orang biasa menganalogikan hosting sebagai rumah dan domain sebagai alamat rumah tersebut. Di indowebsite, layanan domain yang ditawarkan terdapat berbagai ekstensi antara lain Domain Internasional, Domain Indonesia dan Domain Khusus.

Baca Juga:  Arduino IDE, Pengertian dan istilah yang sering digunakan

Domain Internasional

Domain internasional adalah ekstensi domain yang biasanya digunakan untuk website berskala internasional. Maksudnya adalah ekstensi domain ini tidak memandang website anda dari negara mana, karena bersifat publik dan umum. Domain internasional antara lain adalah sebagai berikut.

Layanan Domain Indowebsite

Domain Indonesia

Domain indonesia yang dimaksud adalah semua domain yang berekstensi .id (ccTLD dan SLD). Domain dengan ekstensi tersebut menunjukan identitas suatu negara pada domain anda. Seperti contohnya .id untuk negara indonesia, .co.id untuk perusahaan indonesia, .org.id untuk organisasi indonesia, dan sebagainya. Berikut layanan domain indonesia yang dapat anda order.

Domain Indonesia Indowebsite

Domain Khusus

Domain khusus merupakan ekstensi domain yang biasanya digunakan untuk penamaan khusus. Biasanya harga domain khusus lebih mahal dari domain lainnya. Contoh domain khusus antara lain .cooking, .dance, .fishing, .host dan sebagainya. Berikut beberapa layanan domain khusus yang dapat anda order.

Domain Khusus

SSL

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer yang digunakan untuk membuat sambungan antara browser dan server menjadi aman. Maksud dari aman disini adalah semua data yang dikirimkan dari browser akan di enkripsi hingga sampai ke server. Misalkan anda membuka sebuah halaman login, kemudian memasukan username dan password. Data username dan password inilah yang dienkripsi oleh layanan SSL agar tidak mudah dicuri saat dikirim dari browser ke server. Berikut layanan SSL yang disediakan oleh indowebsite.

Layanan SSL

Afiliasi

Afiliasi adalah program yang dilakukan oleh indowebsite untuk mengembangkan bisnisnya dengan cara merekrut mitra secara mudah. Dimaksud mitra disini adalah anda memasarkan produk indowebsite menggunakan link periferal. Nantinya, anda akan mendapatkan fee jika ada orang yang order layanan menggunakan link periferal milik anda. Program afiliasi indowebsite berlaku untuk semua layanan hosting. Silahkan gabungkan diri anda agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Support Indowebsite

Indowebsite merupakan provider dengan fasilitas support terbanyak di indonesia. Sepertinya provider ini sadar akan kebutuhan orang indonesia yang ingin selalu mendapatkan kemudahan dalam melakukan pengaduan. Setidaknya ada 10 fasilitas support yang disediakan, yaitu: Whatsapp, Telegram, Facebook, Twitter, Skype, Ticket, Telepon, SMS, Email dan Live Chat. Inilah yang menjadi salah satu andalan dari provider hosting dan domain di indonesia.

Entah bagaimana caranya memanage sekian banyak fasilitas support, namun yang jelas responnya sangat cepat. Oleh sebab itu, banyaknya fasilitas support tersebut sangat membantu. Bayangkan jika terdapat banyak fasilitas support namun responnya lambat, apa yang akan terjadi? kesal! Tapi di indowebsite, semua fasilitas support direspon dengan sangat cepat. Seharusnya, provider-provider penyedia hosting dan domain lain meniru langkah inovatif yang dilakukan oleh indowebsite.

Promo Indowebsite

Pada provider ini terdapat promo-promo yang menarik dan dengan harga yang tidak wajar. Bahkan, terkadang indowebsite menjadi pelopor promo bagi para kompetitornya. Seperti contohnya promo PINDAHHOSTING50, yang diadopsi oleh beberapa kompetitornya. Promo tersebut adalah promo untuk migrasi/pindah hosting dari provider lain ke indowebsite. Pengguna mendapat keuntungan 50% dari harga normal, selain itu juga dapat dibayar nanti. Bahkan, jika anda tidak puas maka anda tidak perlu membayar. Promo-promo yang menarik dan inovatif seperti ini seharusnya dapat diterapkan sesering mungkin.

Perlu diingat, jika anda menerima tawaran promo yang menarik seperti itu, jangan terlalu cepat percaya. Baca dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku, jangan sampai anda tidak mengerti dan akhirnya berakhir kecewa. Jangan sungkan juga untuk menanyakan perihal promo tersebut pada customer service yang online. Sebab, biasanya rasa kecewa datang karena tidak adanya pemahaman sehingga terjadi miskomunikasi.

Pusat Bantuan Indowebsite

Selain support yang dilayani oleh para stafnya, indowebsite juga menyediakan knowledge base yang cukup lengkap. Halaman ini menyediakan artikel dari berbagai permasalahan dan solusi untuk mengatasinya, terdapat juga tips-tips seputar teknologi. Berdasarkan pengalaman dalam membaca artikel di halaman knowledge base, bahasa dan point yang disampaikan sangat jelas dan tidak bertele-tele. Jadi ketika ada permasalahan, cari tahu dahulu di halaman ini. Siapa tahu anda dapat menemukan dan mengatasi masalah itu sendiri.

Review Indowebsite – Berdasar Pengalaman

Review indowebsite ini aku tulis berdasarkan pengalaman pribadi dalam menggunakan layanannya. Sebelumnya aku informasikan dahulu bahwa tidak ada maksud untuk menjatuhkan maupun merugikan pihak lain. Ini pure review berdasarkan pengalaman. Aku juga ingin meminta maaf bila dalam tulisan ini ada kata-kata yang tidak dimengerti dan keliru. Silahkan bagi teman-teman yang menemukan kesalahan dari tulisan ini, bisa tulis di kolom komentar agar bisa aku perbaiki.

Sudah hampir dua tahun aku menggunakan layanan di indowebsite, hingga saat ini aku sudah nyaman menggunakan layanannya. Salah satu hal yang membuat aku betah menjadi member provider ini adalah karena layanan supportnya yang baik. Jika aku boleh memberi nilai, supportnya mendapat bintang 4,9. Permasalahan-permasalahan yang aku alami juga dapat diselesaikan, bahkan diberikan penjelasan penyebab masalah tersebut dan solusinya. Sehingga aku tidak mengulangi kesalahan yang sama dan mampu memperbaiki sendiri masalah yang pernah terjadi.

Website idebebas

Sebenarnya, 6 bulan pertama aku menggunakan layanan indowebsite cukup kecewa. Sebab aku hitung dan analisa uptimenya hanya sampai 99,80% saja, ini merupakan uptime yang buruk bagi provider hosting. Namun setelah dijelaskan penyebabnya (karena ada pembaruan di sisi hardware server) akupun dapat menerima dengan sabar. Satu hal yang membuat aku tidak pindah saat itu adalah karena pelayanan supportnya. Ketika ada problem, tim support selalu memberitahukannya dengan jujur dan melakukan penanganan dengan sungguh-sungguh. Sehingga aku sebagai member merasa mendapatkan kepastian dan ketenangan.

Saat ini, aku makin nyaman menggunakan provider ini. Sebab, aku mencatat uptime indowebsite selalu mengalami peningkatan. Selama satu tahun terakhir, uptime indowebsite meningkat drastis menjadi 99.98%. Hal ini merupakan peningkatan yang sangat luar biasa menurutku. Sekarang, aku semakin mantap untuk menggunakan layanan di indowebsite. Terima kasih atas pelayanannya yang sangat memuaskan.

Kelebihan Indowebsite

Berdasarkan pengalaman menggunakan layanan disini, setidaknya ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh indowebsite. Pengalaman ini aku tulis menjadi sebuah review yang semoga bisa bermanfaat bagi anda. Berikut beberapa kelebihan indowebsite.

Seperti Keluarga

Menurutku, kelebihan ini merupakan salah satu hal yang membuat aku tetap bertahan menggunakan layanan indowebsite. Entah apa konsep yang diusung provider ini, namun aku merasa seperti teman ketika berkomunikasi dengan staf-stafnya. Bahkan, aku merasa berbicara dengan keluarga sendiri. Aku sampai kenal beberapa staf-stafnya, seperti Sakhid dan Indra di bagian billing. Kemudian di bagian support ada Rian, Rizky, dan yang lainnya. Mereka selalu melayani dengan ramah dan sabar dalam menyelesaikan masalah.

Support yang Cepat dan Tepat

Selain memiliki fasilitas support yang banyak, staf indowebsite juga sangat cepat dalam membalas chat dari membernya. Paling lama chat akan dibalas pada kisaran 1 menit, ticket 5 menit dan email 10 menit. Cepat dalam merespon sudah merupakan kelebihan tersendiri, ditambah dengan tindakan yang tepat. Hal ini membuat permasalahan yang ada dapat teratasi dengan cepat juga. Walaupun memang ada beberapa permasalahan yang terkadang membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya. Namun, kepastian akan dari respon yang cepat dapat membuat member merasa tenang dan terjamin.

Support Cepat Hosting Indowebsite

Murah Meriah

Sepertinya provider ini tahu betul yang menjadi kesukaan rakyat indonesia. Yups benar, harga yang murah. Jujur saja, ketika anda mencari suatu produk pasti akan memilih produk terbaik dengan harga semurah mungkin. Disini anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari harga yang murah. Bahkan beberapa produk di indowebsite dapat dijangkau oleh kantong pelajar. Bukan hanya itu, disini juga tersedia hosting gratis bagi anda yang ingin belajar tentang dunia website.

Paket Murah Indowebsite

Banyak Promo

Selain harga yang terjangkau, indowebsite juga menyediakan berbagai promo yang menarik. Bahkan, banyak promo-promo yang diadaptasi oleh para kompetitornya. Promo-promo tersebut mencakup pendaftaran baru maupun upgrade paket untuk member lama. Jika ada event atau tanggal-tanggal tertentu, indowebsite selalu mengadakan promo yang dapat membuat orang tertarik. Karena selain murah, promo tersebut juga bersifat inovatif.

Promo Hosting

Garansi 30 Hari

Jarang ada provider hosting yang berani memberikan garansi selama 30 hari. Tapi disini, garansi tersebut sangat mungkin didapatkan dan sudah menjadi jaminan. Jika sebelum 30 hari menggunakan layanan hosting indowebsite anda sudah merasa kecewa, maka anda dapat refund uang pembelian anda. Hal ini adalah salah satu jaminan yang disukai oleh orang-orang. Sebab dengan adanya jaminan tersebut, berarti uang anda bisa kembali bila memang layanannya buruk.

Gratis Migrasi

Proses migrasi yang dilakukan meliputi migrasi dari hosting lain, maupun migrasi sesami hosting di indowebsite. Itu semua dapat dilakukan secara gratis! Hanya saja memang prosesnya harus melalui ticket dan membutuhkan waktu propagasi DNS selama beberapa hari. Namun dengan adanya migrasi gratis ini, anda bisa dengan mudah pindah hosting jika hosting anda mengalami masalah.

Backup Harian

Nilai lebih juga didapatkan dari backup data. Disini, backup data otomatis yang dilakukan oleh server terbagi menjadi 3 backup. Yaitu backup harian, mingguan dan bulanan. Sangat jarang ada provider hosting yang menyediakan data backup harian seperti ini. Oleh karena itu, anda bisa melakukan restore pada data website yang baru di backup kemarin.

Kekurangan Indowebsite

Setiap provider pasti memiliki kekurangannya masing-masing, tak terkecuali indowebsite. Setidaknya ada tiga kekurangan yang ditemukan pada salah satu provider hosting dan domain terbaik di indonesia ini. Berikut kekurangan-kekurangan indowebsite.

Uptime yang Dipertanyakan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa awal mula menggunakan provider ini sedikit kecewa. Sebab 6 bulan pertama menggunakan provider ini, uptimenya cukup buruk yaitu sekitar 99,80%. Menurut penjelasan dari stafnya, pada waktu itu memang sedang ada perbaikan dari sisi hardware server. Namun karena alasan apapun, uptime yang buruk dapat merugikan pelanggan. Akan tetapi, satu tahun terakhir uptime indowebsite terus meningkat menjadi 99,98%. Ini merupakan peningkatan yang cukup drastis. Namun apakah indowebsite mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan uptimenya?.

Storage Minim pada Paket Pelajar

Pada layanan web hosting dan cloud hosting terdapat paket untuk pelajar, akan tetapi storagenya sangat minim. Selain itu juga ada beberapa fitur yang dihilangkan seperti tidak bisa addon domain, subdomain, dan parking domain. Storage yang minim dan beberapa fitur yang dihilangkan, jelas akan menyulitkan pengguna. Jika anda ingin menggunakan fitur yang dihilangkan, maka anda harus upgrade ke paket diatasnya. Hal ini tentu saja membuat anda harus membayar biaya upgrade paket yang tersedia.

Paket Pelajar Indowebsite

Garansi Berlaku untuk Order Minimal 1 Tahun

Indowebsite memang menyediakan garansi 30 hari untuk layanan hostingnya, namun itu garansi tersebut berlaku untuk minimal order 1 tahun. Jadi, jika anda membeli layanan hosting dibawah 1 tahun maka anda tidak akan mendapatkan garansi tersebut. Memang harga order dibawah 1 tahun tidak terlalu mahal, tapi pelanggan yang order dibawah 1 tahun butuh jaminan juga. Apalagi jika ternyata layanannya tidak sesuai yang diharapkan.

Kesimpulan

Berdasarkan review indowebsite yang sudah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan hal-hal seperti berikut.

  1. Support indowebsite sangat cepat dan handal, sehingga support indowebsite sangat direkomendasikan.
  2. Uptime indowebsite sempat menurun hingga 99,80%, namun terus meningkat hingga saat ini mencapai 99,98%.
  3. Jika dibandingkan dengan provider lain, indowebsite memiliki beberapa kelebihan yang lebih banyak.
  4. Indowebsite dapat direkomendasikan sebagai salah provider hosting dan domain yang patut untuk dicoba (dengan catatan, tetap mempertahankan atau bahkan meningkatkan uptimenya).

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *