Hutan Pinus Bekasi, Surga yang Tersembunyi

April 22, 2019 2 Comments JELAJAH ZigerWix

Bekasi terkenal dengan kota industri, dengan suara mesin kendaraan yang selalau menghiasi. Sangat jarang sekali di kaitkan dengan suasana pegunungan ataupun wisata alam. Namun tahu kah kamu bahwa ada tempat wisata di Bekasi yang murah, bahkan gratis. Salah satunya adalah Hutan Pinus Bekasi.

Tempat ini memang tidak banyak yang mengetahui, karena letaknya yang sedikit tersembunyi. Tapi siapa sangka, ditengah hiruk pikuk kota industri, Tersimpan surga yang tersembunyi. Sebuah keindahan yang kontras sekali, dengan apa yang terjadi saat ini. Hutan pinus Bekasi, menghiasi, manawarkan, dan membius diri. Siapapun akan terpana dan terpaku tak mau pergi, tempat yang tepat untuk mencari sunyi.

hutan pinus bekasi

Telat Liburan

Pada hari minggu 21 April 2019 sekitar pukul 10.00 WIB aku baru keluar dari kontrakanku. Setelah semua pekerjaan di kontrakan terselesaikan tentunya. Saat aku keluar, ternyata teman-temanku pun baru bangun. Kami memang menyewa tempat kontrakan yang berdekatan.

Kebetulan minggu itu kuliah dan kerjaanku sedang libur. Maka salah satu temanku mengajak untuk berlibur ke curug/air terjun untuk dapat merasakan dinginnya air sungai pegunungan. Namun kami mengurungkan niat itu karena kami lihat jam sudah cukup siang, jadi tidak memungkinkan untuk pergi ke curug.

Awal Cerita – Hutan Pinus Bekasi

Akhirnya salah satu temanku mengajak kami untuk wisata kuliner saja, saat itu tidak ada niat untuk ke Hutan Pinus Bekasi. Kebetulan ia pernah makan bakso dengan ukuran jumbo dan enak di daerah sekitar lipo cikarang. Tepatnya dijalan Raya Cikarang-Cibarusah, sebelum Cifest (Cikarang Festival) jika dari arah jababeka. Sekitar pukul 13:00 WIB, kamipun bergegas kesana dan hanya dalam waktu sekitar 30 menit kami sampai di tempat tujuan. Tempat ini cukup rekomended sebagai tempat wisata di Bekasi dalam hal kuliner. Karena bakso disini cukup enak.

Cukup lama juga kami ngobrol di warung bakso tersebut, hingga jam menunjukan pukul 15:00 WIB. Jika kami langsung pulang rasanya belum puas liburan hanya makan bakso saja. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi mengunjungi tempat wisata di Bekasi lainnya. Kami pergi ke Deltamas, dimana terdapat alang-alang dan pohon-ponon mirip pohon madagaskar. Namun kami memutuskan untuk melalui jalan dari serang-cicau-deltamas. Jadi sebelum kami ke deltamas, kami berniat untuk berhenti di pemkab bekasi sekalian mengambil beberapa foto disana. Karena pemkab bekasi berada di daerah perbukitan, ditambah lagi kami melewati desa cicau yang terkenal dengan bukitnya. Memang cukup jauh jika melewati rute tersebut, tapi tujuan kami bukanlah cepat sampai. Melainkan menikmati pemandangan yang ada, di setiap sudut jalan.

Bukit Cicau - Tempat Wisata Di Bekasi
Perbukitan Sebelum Desa Cicau

Di perjalanan

Saat menuju desa cicau, beberapa teman memutuskan untuk mengisi bahan bakar sejenak di pom bensin. Namun beberapa lagi terus melakukan perjalanan karena adanya miskomunikasi, kamipun terbagi menjadi dua kelompok. Aku termasuk ke dalam kelompok yang berhenti sejenak di pom bensin untuk mengisi bahan bakar. Saat kami menghubungi kelompok yang jalan duluan ternyata mereka sudah masuk ke desa cicau. Padahal niatku ingin berhenti sejenak diperbukitan sebelum desa cicau untuk sekadar istirahat dan berfoto disana.

Merekapun menunggu di desa cicau karena hanya aku yang mengetahui jalur ini. Setelah bertemu kami melanjutkan perjalanan ke deltamas sebagai tempat wisata di Bekasi yang cukup terkenal dan kami akan berhenti sejenak di pemkab. Namun sebelum sampai di pemkab bekasi kami melihat ada jejeran pohon pinus yang sangat cantik. Pandangan kamipun tertuju pada barisan pohon pinus itu dan memutuskan untuk berhenti sejenak disana.

Seperti menemukan

Keputusan yang tepat untuk berhenti disini karena ada spot yang indah seperti dipegunungan. Kelak, kami menyebut tempat ini Hutan Pinus Bekasi. Terdapat barisan pohon pinus dimana ditengah-tengahnya ada semacam genangan air yang menyerupai danau. Entah itu adalah saluran air atau memang genangan biasa namun itu menambah ke-alamian tempat tersebut.

Tempat Wisata di Bekasi
Cocok Untuk Merenung
Pemandangan Hutan Pinus - Tempat Wisata Di Bekasi
Pemandangan Hutan Pinus

Tak pernah kami sangka ternyata di tengah kota ada tempat seindah ini. Kamipun mengambil beberapa gambar disana dan menikmati hutan pinus mini ini. Kami seperti menemukan surga yang tersembunyi ditengah keramaian kota. Hutan Pinus Bekasi ini memang dapat menjadi tempat wisata di Bekasi yang murah (gratis).

hutan pinus bekasi 3 - Tempat Wisata Di Bekasi
Hutan Pinus Bekasi
Genangan Air Hutan Pinus -Tempat Wisata Di Bekasi
Genangan Air Hutan Pinus

Setelah sekitar pukul 16:30 WIB mulai banyak orang berdatangan disana. Karena kondisi dan situasi sudah tidak nyaman maka kami memutuskan untuk melanjutkan perjalan ke pemkab kemudian ke deltamas (spot foto rumput ilalang dan pohon yang seperti ada di madagaskar). Tak ada hal yang menarik di pemkab karena memang disana sudah sepi (hari minggu). Kami hanya mengambil beberapa gambar saja setelah itu kami teruskan perjalanan ke deltamas.

Pemandangan di Pemkab
Pemandangan di samping Pemkab Bekasi

Lokasi Hutan Pinus Bekasi

Aku hampir lupa, Lokasi tempat ini berada tepat sebelum pintu masuk kawasan industri GIIC. Jika dari arah desa Cicau menuju Pemkab Bekasi, maka dapat dipastikan akan melewati hutan pinus Bekasi ini. Atau jika dari arah Deltamas, cukup menuju ke kawasan industri GIIC saja, dapat dipastikan akan melewati tempat ini. Karena memang, lokasinya disamping jalan.

Baca Juga:  Camping Ground Ipukan - Menggapai Awan dengan Tangan

Jika ingin mengunjungi tempat ini, agar lebih mudah, silahkan bisa cek pada google maps berikut. Namun aku himbau, agar para pengunjung tidak mengotori apalagi merusak keindahan tempat ini. Karena tempat wisata di Bekasi ini sangat menawan, jika harus diperlakukan kejam oleh tangan manusia.

Cukup Puas Menelusuri Hutan Pinus Bekasi

Sampai di deltamas kami tidak bisa ke spot ilalang karena jalan cukup becek dan tidak memunginkan untuk pergi kesana. Namun demikian, jajaran pohon mirip di madagaskar, mengobati kekecewaan kami. Jika dilihat dari sudut pandang yang tepat, jajaran pohon tersebut memang mirip pohon-pohon di Benua Afrika. Tempat ini juga bisa dijadikan spot berfoto, dan bersantai tentunya.

Suasana Petang di Deltamas
Suasana Deltamas

Menikmati senja di tempat wisata Deltamas ini juga bukan pilihan yang buruk, sebab tempatnya cocok untuk suasana senja yang tenang. Karena, walaupun dekat jalan raya namun jarang orang yang melewati jalan tersebut. Ditambah lokasinya yang dipenuhi pepohonan, membuatnya semakin sejuk nan elok. Tidak ada gedung yang terlihat, yang ada hanyalah hijau nya pepohonan ‘madagaskar’.

Senja di Deltamas
Senja Deltamas
Pohon Madagaskar di Deltamas

Ada satu hal yang sangat berharga, bukan tentang keindahan, tapi tentang pelajaran yang aku dapatkan. Perjalanan ini mengajarkanku untuk lebih giat mencintai alam. Karena bagaimanapun, keindahan kota tak akan pernah bisa menandingi keindahan alam ini.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"
Leave Comment
  1. 1

Ali Wahyudin

Kayanya kenal nih tempat, emang bagus sih sekitar delta mas.
    Nanti kapan kapan maen ke Ranca Upas bandung mas ibe https://www.aliwahyudin.com/wisata-ranca-upas-surga-lain-yang-ada-di-bandung/

Balas
    1. 1

ZigerWix

Siap mas ali… boleh lah, ke ranca upas bareng…