eDABU BPJS Kesehatan: Pengertian dan Manfaatnya

Siapa yang tak mengetahui BPJS? Tentu semua sudah mengetahuinya. Tapi masih sedikit orang yang tahu mengenai sistem yang dibuat oleh BPJS. Ada beberapa sistem yang sudah dirilis oleh BPJS, terutama BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah eDABU. Sebenarnya apa itu eDABU? Lalu apa fungsinya? Pada artikel kali ini, idebebas.com akan membahas tentang eDABU milik BPJS Kesehatan. Silahkan simak artikel ini hingga selesai agar mendapatkan pengetahuan baru.

Pengertian eDABU BPJS Kesehatan

eDABU adalah sistem yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengelola layanan BPJS milih karyawannya. Pengelolaan tersebut meliputi perubahan data, penambahan atau pengurangan peserta, menambahkan anggota keluarga, perubahan segmen peserta dan sebagainya. Hal ini sama seperti yang dikatakan oleh Herdiansyah, petugas BPJS Kesehatan cabang luwuk saat mensosialisasikan tentang aplikasi ini.

Aplikasi E-Dabu ini memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk proses administrasi seperti cek tagihan dan rincian tagihan, penambahan dan pengurangan data peserta, penambahan anggota keluarga dan perubahan segmen peserta ke PPU BU.

Herdiansyah | Petugas BPJS Kesehatan
Dikutip dari Website BPJS Kesehatan
Sosialisasi eDABU BPJS Kesehatan
Sumber: BPJS Kesehatan

Aplikasi eDABU BPJS Kesehatan dapat kamu akses melalui website maupun aplikasi. Pengembangan aplikasi eDABU bertujuan untuk memudahkan badan usaha dalam mengontrol dan memantau data karyawan. Versi terbaru dari eDABU sudah rilis beberapa waktu yang lalu. Hal ini membuat penggunaannya semakin mudah. Dengan semua kemudahan ini, seharusnya tidak ada alasan lagi untuk malas mengelola BPJS Kesehatan.

Baca Juga:  Perpanjang SIM Online, Gampang Koq!

Fungsi eDABU BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui tentang pengertian eDABU, lalu apa sih manfaatnya? Sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat kamu nikmati dari aplikasi ini, tapi idebebas.com sudah merangkumnya agar pembahasan tidak terlalu melebar. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari eDABU yang paling umum.

Mengelola Data melalui eDABU BPJS Kesehatan

Maksud dari mengelola di sini yaitu sistem pengelolaan yang dikhususkan untuk perusahaan. Pengelolaan tersebut meliputi pendaftaran, perubahan dan penghapusan data peserta BPJS yang merupakan karyawan dari perusahaan tersebut. Sebelum adanya aplikasi eDABU ini, PIC dari perusahaan harus mendatangi kantor BPJS untuk melakukan pengelolaan tersebut. Tapi setelah adanya aplikasi ini, semuanya jadi mudah dan singkat. Sehingga dapat mengurangi beban pengeluaran, baik waktu maupun uang transportasi.

Mengelola Data dengan eDABU BPJS Kesehatan

Pemantauan Secara Berkala dengan Mudah

Jelas, sistem eDABU BPJS Kesehatan akan membuat pihak perusahaan dapat dengan mudah memantau data karyawan yang merupakan peserta BPJS juga. Pemantauan ini bertujuan untuk mengecek apakah ada data yang aneh, berbeda, atau tidak sesuai. Bayangkan jika tidak ada eDABU, bagaimana cara memantau data tersebut secara berkala. Mungkin bisa dilakukan secara offline, tapi PIC perusahaan harus datang langsung ke kantor BPJS. Hal ini akan menyita banyak waktu dan tenaga.

eDABU BPJS Kesehatan untuk Memantau

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tinggalkan komentar