Cek NISN Dengan Benar? Begini Cara Lengkapnya!

Agustus 15, 2019 No Comments TEKNOLOGI ZigerWix

Bagi anda yang masih menjadi pelajar, mungkin NISN adalah nomor identitas yang sering anda cari. Atau jika anda memiliki anak, saudara, bahkan teman yang masih menjadi pelajar, pasti masih membutuhkan NISN. Karena NISN memang sangat dibutuhkan, apalagi bagi seorang pelajar. Apakah anda pernah cek NISN online? Dimana anda mengeceknya?

CEK NISN yang Benar

Ada dua cara untuk mengecek NISN, keduanya sama-sama baiknya. Dengan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua cara tersebut adalah menggunakan aplikasi yang di instal pada smartphone, atau dengan mengunjungi situs resmi nya di web browser. Kedua cara tersebut membutuhkan akses internet, agar dapat berjalan. – Cek NISN Online.

Untuk mengecek NISN, disarankan melalui situs resminya. Karena lebih mudah, dan tidak memakan waktu. Sebab, jika menggunakan aplikasi smartphone sedikit lebih lama. Dimana anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasinya, ini sangat membuang-buang waktu. Berikut cara mengecek NISN secara online, melalui situs resmi. – Cek NISN Online.

  • Langkah pertama yang perlu disiapkan adalah koneksi internet, dan web browser. Web browser disini bisa menggunakan PC/Komputer, bisa juga dengan web browser di smartphone. Setelah itu, pastikan koneksi internet yang anda gunakan cukup cepat. Karena untuk mengecek NISN, harus menggunakan koneksi yang stabil. Jika tidak, maka data yang di load akan lama tampil, bahkan tidak tampil sama sekali.
  • Silahkan buka web browser anda, kemudian kunjungi situs resmi untuk mengecek NISN. http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data atau klik di sini. Setelah itu akan muncul tampilan input data, seperti gambar di bawah.
Input Data
  • Jika anda amati, dalam tampilan tersebut terdapat dua tab. Yaitu, tab “Pencarian Berdasarkan NISN” dan tab “Pencarian Berdasarkan Nama”.
Tab Cek NISN

Pencarian Berdasarkan NISN, dimaksudkan jika anda ingin mengecek apakah NISN tersebut terdaftar atau tidak. Jika terdaftar, maka ketika anda memasukan NISN tersebut, akan muncul data diri dari pemilik NISN. – Cek NISN Online.

Pencarian Berdasarkan Nama, merupakan cara untuk mengecek apakah anda, teman, saudara, atau anak anda terdaftar di Kemdikbud atau tidak. Hal ini dilakukan jika anda tidak mengetahui NISN nya, maka dari itu bisa dicek dengan cara ini. – Cek NISN Online.

Pencarian Berdasarkan NISN – Cek NISN

  • Kita akan coba mencari data siswa dengan menggunakan Pencarian Berdasarkan NISN terlebih dahulu. Jika menggunakan cara ini, diasumsikan bahwa kita sudah mempunyai NISN nya. Kemudian ingin mengecek apakah NISN tersebut terdaftar atau tidak, atau untuk mengecek siapa pemilik NISN tersebut. Silahkan masukan NISN dan nama Ibu kandung dari pemilik NISN tersebut. kemudian klik Cari.
Cek NISN Berdasarkan NISN
  • Setelah itu, akan muncul hasilnya. Yaitu berupa NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Juga keterangan “Tercatat di arsip”, yang menunjukan bahwa pemilik NISN tersebut sudah terdaftar.
Hasil Pengecekan Berdasarkan NISN

Pencarian Berdasarkan Nama – Cek NISN

  • Berikutnya adalah Pencarian Berdasarkan Nama, yaitu untuk mencari NISN dari seseorang. Jika kita ingin mengecek apakah orang tersebut sudah terdaftar atau belum, maka bisa dengan menggunakan cara ini. Pencarian Berdasarkann Nama, diasumsikan anda sudah mengetahui detail seseorang, dan ingin mencari NISN nya. Silahkan klik tab “Pencarian Berdasarkan Nama”. Kemudian masukan Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu. Lalu klik Cari.
Cek NISN Berdasarkan Nama
  • Setelah itu, akan muncul hasilnya. Yaitu berupa NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir.
Hasil Pengecekan Berdasarkan Nama

Hati-hati! Karena mengecek NISN di sembarang situs, dapat menyebabkan data pribadi anda dicuri. Dalam artikel ini, akan dijelaskan dengan lengkap dan detail. Cara untuk mengecek NISN yang benar, juga pengertian dan semua tentang NISN yang harus anda tahu. – Cek NISN Online.

Bahaya Cek NISN Sembarangan

Dalam mengecek NISN, orang akan mencarinya di internet dengan kata kunci yang mudah. Yaitu, “Cek NISN”, setelah itu akan keluar banyak sekali website yang bisa digunakan untuk mengecek NISN. Namun, tanpa disadari, kemungkinan besar nomor NISN yang anda masukan pada sebuah situs website akan direkam. Seorang programmer website, bisa saja menyimpan nomor NISN yang anda masukan pada websitenya. – Cek NISN Online.

Bayangkan jika banyak orang yang mengunjungi websitenya, kemudian mengecek NISN di website tersebut. Semua data NISN milik pengunjung webiste akan dikumpulkan, sehingga menjadi basis data yang besar. Ketika data-data NISN terkumpul, hal ini sangat rawan sekali disalah gunakan. Karena bisa jadi, data tersebut akan di perjual belikan.

Maka dari itu, berhati-hatilah dalam mengecek NISN. Kunjungilah website resmi Kemdikbud jika ingin mengecek NISN, bukan di situs sembarangan. Silahkan pahami lebih detail menganai NISN pada website ini, demi meningkatkan pengetahuan anda. Sehingga tidak menjadi korban dari pencurian data, yang marak terjadi di internet. Untuk mengecek NISN, sebaiknya gunakan link/situs resmi nya, yang ada di sub judul Cek NISN pada artikel ini. – Cek NISN Online.

Baca Juga:  Jaringan Komputer - Pengertian dan Komponen Penunjang

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

NISN merupakan singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional, yang dimiliki seluruh siswa di Indonesia. Pengertian NISN menurut website resmi nya, adalah sebagai berikut. Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa. Yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan sekolah Indonesia di luar negeri. NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di referensi Kemendikbud. – Cek NISN Online.

Kartu NISN - Cek NISN

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud. Yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi, oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu situs NISN. – Cek NISN Online.

Tujuan dan Manfaat NISN

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah. Yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya. Baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten, hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), UN, PIP, SNMPTN. – Cek NISN Online.

Aturan dan Kebijakan

Pusat Data dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan dalam melaksanakan tugas pengelolaan data Pendidikan berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. – Cek NISN Online.

1) Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kelola Kerja Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Pasal 806.

  • Penyusunan bahan kebijakan teknis pengelolaan data ketenagaan, peserta didik, dan warisan budaya benda.
  • Pengumpulan dan pengolahan data ketenagaan, peserta didik, dan warisan budaya benda.
  • Pelaksanaan validasi dan integrasi data ketenagaan, peserta didik, dan warisan budaya benda.
  • Penyusunan bahan koordinasi dan fasilitasi pengelolaan data ketenagaan, peserta didik, dan warisan budaya benda.

2) Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 79 Tahun 2015 tentang Dapodik Pasal 11.

  • PDSPK menerbitkan dan mengelola data referensi pendidikan untuk menjamin integrasi data pendidikan.
  • Data referensi merupakan data yang terverifikasi dan tervalidasi keabsahannya untuk memenuhi kualifikasi. Sebagai acuan yang terdiri atas referensi data wilayah, referensi data operasional dan referensi nomor identitas.
  • Kualifikasi sebagai acuan wajib memenuhi persyaratan identitas tunggal.
  • Referensi nomor identitas meliputi:
  1. Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional yang merupakan pengkodean referensi satuan pendidikan.
  2. Nomor Induk Siswa Nasional yang merupakan pengkodean referensi peserta didik.
  3. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan pengkodean referensi pendidik dan tenaga kependidikan.
  4. Nomor Pokok Yayasan Pendidikan yang merupakan pengkodean referensi yayasan yang memiliki satuan pendidikan.
  • Penerbitan nomor identitas ditetapkan oleh PDSPK

Kontak yang Dapat Dihubungi

Jika anda mengalami kesulitan dalam mengecek NISN, atau kebingungan tentang informasi NISN. Sebaiknya hubungi pihak yang tepat, dan berkewajiban, serta badan resmi. Maka dari itu, silahkan bisa menghubungi detail kontak berikut. – Cek NISN Online.

  • Alamat: Gedung C Lantai 1 Komplek Kemdikbud. Senayan, Jakarta 10270.
  • Call Center : 177.
  • Telp : (021) 5703303.
  • Fax : (021) 5733125.
  • SMS : 0811976929.
  • Email : pengaduan@kemdikbud.go.id.

Kesimpulan

Cek NISN dengan sembarangan, di tempat yang tidak dapat dipercaya, dapat meningkatkan resiko pencurian data. Maka dari itu, usahakan selalau cek NISN pada website resminya. Sebab website yang tidak resmi dapat menyimpan data anda, secara diam-diam. Kalaupun data yang dicuri bukan merupakan data penting, namun jika diolah dengan teliti, bisa menimbulkan bocornya data yang lain. Ini seperti efek domino, yang jatuh secara beruntun. – Cek NISN Online.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kita mencegah hal buruk yang akan terjadi. Dengan cara berhati-hati dalam memilih situs, dan selalu gunakan situs resmi. Entah mengecek NISN, NIK, atau yang lainnya yang berhubungan dengan data pribadi. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. – Cek NISN Online.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tags
ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *