Perpanjang STNK (Bayar PKB) itu Mudah, Begini Caranya!

Setiap pemilik kendaraan bermotor, pasti memiliki STNK. Dokumen ini merupakan syarat wajib yang harus dibawa ketika sedang berkendara. Jika lupa membawa STNK, maka pengendara bisa ditilang. STNK sangat penting sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor, sebab di dalamnya terdapat berbagai informasi seperti nomor polisi, nomor mesin, hingga catatan pajak tahunan. Setiap tahun, pemilik kendaraan harus membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang nantinya bukti pembayaran pajak tersebut akan dicatat pada STNK. Sedangkan STNK sendiri harus diperpanjang setiap 5 tahun sekali. Sebenarnya, apa itu STNK? Bagaimana cara membayar PKB tahunan? Dan bagaimana cara perpanjang STNK yang dilakukan setiap 5 tahun sekali?

Pengertian STNK

STNK adalah singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan yang merupakan bukti pendaftaran dan pengesahan kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya di Indonesia. Secara singkat, STNK merupakan dokumen yang sah untuk membuktikan kepemilikan dari sebuah kendaraan bermotor. STNK diterbitkan dan disahkan oleh tiga instansi, yaitu: Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT. Jasa Raharja. Tempat pelayanan dari tiga instansi tersebut dinamakan SAMSAT.

Setiap tahun, pemilik kendaraan bermotor harus membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang dibuktikan dan disahkan pada STNK. Selain itu, perpanjang STNK juga harus dilakukan setiap lima tahun sekali. Proses perpanjangan STNK mengharuskan dilakukannya pengecekan pada kendaraan. Pengecekan tersebut antara lain cek fisik, nomor rangka, nomor mesin, dan sebagainya. Apabila pemilik kendaraan berganti, maka pemilik yang baru akan dikenakan BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor).

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Tahunan

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa pemilik kendaraan, wajib membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Berbeda dengan perpanjang STNK, pembayaran PKB dilakukan setiap setahun sekali. Mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui cara untuk membayar PKB, oleh sebab itu, artikel ini akan menjelaskan bagaimana step by step langkahnya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

1. Datang ke kantor SAMSAT.

SAMSAT

2. Serahkan persyaratan untuk membayar PKB pada bagian PAJAK PROGRESIF, lalu tunggu beberapa saat. Setelah bagian PAJAK PROGRESIF mengecek semua persyaratan dan dianggap sesuai, kemudian kamu akan menerima dokumen-dokumen di dalam sebuah map besar.

Pajak Progresif

3. Berikan dokumen yang tadi kamu dapatkan dari bagian PAJAK PROGRESIF ke LOKET PENDAFTARAN DAN PENETAPAN.

Loket Pendaftara Perpanjang STNK

4. Pada langkah ketiga, kamu akan diberikan nomor antrian untuk membayar tagihan PKB. Silakan tunggu hingga namamu dipanggil.

Nomor Antrean Perpanjang STNK

5. Ketika namamu dipanggil, siapkan uang untuk melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada Kasir.

Kasir Perpanjang STNK

6. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan kuitansi/bukti pembayaran. Silakan tunggu kembali hingga namamu dipanggil untuk mengambil STNK asli milikmu.

Bukti Bayar PKB

7. Loket PENYERAHAN akan memanggil namamu untuk mengembalikan STNK dan memberikan stiker bahwa kamu sudah melunasi pembayaran PKB.

8. Pembayaran PKB selesai, sekarang kamu bisa melihat ada tanda lunas PKB di STNK milikmu.

PKB Selesai Dibayarkan

Syarat Membayar PKB

Syarat pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) cukup sedikit jika dibandingkan dengan syarat perpanjang STNK. Meskipun begitu, namun kamu harus tetap memastikan bahwa semua persyaratan tersebut sudah terpenuhi sebelum menuju SAMSAT. Hal ini dilakukan agar memudahkan kamu nantinya ketika berada di SAMSAT. Adapun persyaratan membayar PKB adalah sebagai berikut.

  1. KTP asli.
  2. Fotocopy KTP.
  3. STNK asli.
  4. Fotocopy STNK.
  5. Fotocopy BPKB.
  6. Surat Kuasa, jika pembayaran diwakilkan.
Baca Juga:  Pengertian Hujan dan Jenisnya, Mudah Dipahami!

Cara Perpanjang STNK Setiap 5 Tahun

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk memperpanjang SNTK. Semua itu harus dilakukan dengan benar agar tidak ada kesalahan dalam prosesnya, terutama saat mengecek nomor mesin kendaraan. Lalu apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperpanjang STNK? Berikut ini adalah langkah-langkah yang dijelaskan secara singkat dalam melakukan perpanjangan STNK.

  1. Membawa persyaratan ke SAMSAT.
  2. Melakukan cek fisik kendaraan.
  3. Mengambil blanko cek fisik.
  4. Mengisi formulir pendaftaran.
  5. Menyerahkan persyaratan.
  6. Menunggu proses perpanjangan STNK.
  7. Melakukan pembayaran.

Syarat Perpanjang STNK

Persyaratan untuk perpanjang STNK setiap lima tahun sekali memang lebih banyak dari pembayaran PKB. Oleh sebab itu, persiapkan dengan teliti agar tidak ada yang tertinggal. Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut.

  1. KTP asli.
  2. Fotocopy KTP.
  3. STNK asli.
  4. Fotocopy STNK.
  5. BPKB asli.
  6. Kendaraan yang diperpanjang STNK-nya.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tinggalkan komentar