Cara Membuat Google Form hanya dengan Tiga Langkah!

Saat ini sudah banyak form pengisian online yang digunakan oleh pegiat internet, mulai dari perorangan hingga sebuah instansi. Platform favorit yang digunakan untuk membuat form online adalah Google Forms (Biasanya ditulis dengan nama Google Form). Layanan ini sangat membantu orang-orang yang memang membutuhkan data secara cepat. Sebenarnya apa itu Google Form? Bagaimana cara membuat Google Form dengan mudah?

Pengertian Google Form

Google Form adalah sebuah fitur yang dapat membantu pengguna untuk mendapatkan data dari orang-orang secara online. Selain digunakan untuk merencanakan sebuah acara, google form juga dapat digunakan sebagai sarana survei online, kuesioner, dan sebagainya. Hal ini sangat membantu bagi para mahasiswa yang membutuhkan data dengan cepat dan mudah. Tak heran jika saat ini fitur dari google ini banyak digunakan oleh masyarakat. Alasan lain yang membuat masyarakat memilih google form karena fitur ini gratis dan dapat digunakan oleh siapapun yang memiliki akun google.

Manfaat dari google formulir adalah pengguna dapat menghemat penggunaan kertas, sebab pengguna tidak perlu menyalin hardcopy untuk melakukan survei atau kuesioner. Dari sisi responden, manfaat google formulir adalah tidak perlu menggunakan alat tulis. Sebab pengisian form yang dibagikan bisa melalui device secara online. Hal inilah yang membuat para akademisi memilih google form untuk mengumpulkan data. Maka dari itu, kemungkinan fitur dari google ini akan menjadi sarana masa depan dalam hal mengumpulkan data. Oleh karenanya, pelajari dari sekarang agar anda tidak ketinggalan teknologi masa depan ini. – Cara Membuat Google Form.

Cara Membuat Google Form

Cara membuat google form sangat mudah, yang anda butuhkan hanyalah membuat akun google drive. Pembuatan google drive bisa menggunakan akun gmail anda, maka dari itu silahkan buat akun gmail terlebih dahulu sebelum mengikuti artikel ini. Berikut langkah-langkah untuk membuat Google Forms.

Langkah 1: Login Google Drive

Pada dasarnya fitur google forms berada di dalam akun google drive, keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Oleh sebab itu, jika ingin membuat google form, anda harus login ke akun google drive terlebih dahulu. Silahkan akses link ini untuk membuka halaman login google drive. Jika anda belum memiliki akun google drive, silahkan buat terlebih dahulu. Google drive dapat dibuat dengan menggunakan akun gmail anda. – Cara Membuat Google Form.

Halaman Login Google Drive

Langkah 2: Pilih Menu Google Forms

Setelah login google drive, anda tidak akan menemukan halaman pembuatan google forms. Sebab, sebenarnya google drive ditujukan untuk menyimpan data milik anda dengan sistem cloud. Oleh karena itu, yang akan anda lihat ketika pertama login adalah file atau folder milik anda. Jika anda belum pernah mengupload file atau folder, maka tampilannya kosong. Silahkan klik tombol + New di sebelah kiri atas. Setelah itu pilih Google Forms. Kemudian anda harus memilih apakah ingin membuat google form dengan tampilan Blank form (belum terdapat apapun) atau From a template (sudah disediakan template oleh google). Disarankan pilih Blank form agar anda bisa leluasa dalam membuat form sendiri.

Membuat Google Forms

Langkah 3: Buat Form

Setelah itu akan muncul halaman pembuatan form baru. Silahkan isi judul form, deskripsi dan komponen pengisian yang anda butuhkan. Google form menyediakan berbagai komponen pengisian yang dapat anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jika sudah selesai membuat google form tersebut, silahkan klik tombol Send di sebelah kanan atas.

Halaman Pembuatan Form

Kemudian akan muncul popup untuk mengatur pendistribusian/menyebarkan form yang sudah anda buat. Terdapat tiga pilihan, yaitu melalui email, link dan iframe. Disarankan untuk menyebarkan form dengan menggunakan link, dengan mengklik tab link. Jika anda ingin memperpendek link tersebut, silahkan centang Shorten URL. Copy link yang muncul, kemudian sebarkan link tersebut. – Cara Membuat Google Form.

Link Google Forms

Komponen dan Fitur Google Form

Dalam pembuatan google form, anda akan dimanjakan dengan fitur-fitur yang cukup lengkap. Fitur tersebut terletak pada empat komponen utama, yaitu:

Komponen Google Forms
  1. Header.
  2. Tab.
  3. Inti.
  4. Widget.
Baca Juga:  Face App dan Resiko dalam Menggunakannya - Penting!

Berikut penjelasan keempat komponen tersebut secara lengkap.

1. Header

Header - Cara Membuat Google Form

Di dalam header terdapat empat fitur, yaitu: Tampilan, Preview, Pengaturan dan tombol Send. Adapun fungsi dari keempat fitur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Tampilan. Berfungsi untuk mengatur tampilan form yang anda buat, seperti mengubah tema, warna, dan jenis font.
  • Preview. Digunakan untuk melihat hasil pembuatan form sebelum disebarkan. Fitur ini memungkinkan bagi anda untuk menimbang kembali apakah tampilan form sudah sesuai atau belum.
  • Pengaturan. Anda bisa mengatur beberapa hal pada form, seperti: respon email, membatasi jumlah pengisian form, pengeditan setelah mengisi form, menampilkan beberapa fitur, dan sebagainya.
  • Tombol Send. Digunakan untuk mempublikasikan form yang anda buat.

2. Tab

Tab - Cara Membuat Google Form

Di dalam Tab terdapat dua fitur utama, yaitu Questions dan Responses. Berikut fungsi dari kedua fitur tersebut. – Cara Membuat Google Form.

  • Questions. Merupakan fitur yang digunakan untuk membuat form dan semua komponen yang anda butuhkan.
  • Responses. Digunakan untuk melihat hasil pengisian form dari responden.

3. Inti

Inti - Cara Membuat Google Form

Sesuai namanya, inilah inti dari pembuatan google form. Anda bisa mengisi judul, deskripsi, dan semua komponen yang anda butuhkan untuk membuat form. Terdapat berbagai komponen disini, yaitu sebagai berikut.

  • Untitled form. Kolom untuk membuat judul formulir anda.
  • Form description. Kolom untuk membuat deskripsi formulir.
  • Untitled Question. Kolom untuk membuat pertanyaan pada formulir.
  • Option. Kolom untuk membuat pilihan jawaban.
  • Jenis Tampilan Jawaban. Pada kolom ini anda bisa memilih tampilan seperti apa untuk menampilkan kolom jawaban.
  • Sub menu. Terdapat beberapa sub menu di bawah komponen yang berfungsi untuk menghapus komponen, mengatur agar jawaban wajib dijawab, menyalin pengaturan komponen dan menghapus komponen.

4. Widget

Widget - Cara Membuat Google Form

Widget digunakan untuk menambahkan beberapa komponen seperti pertanyaan baru, gambar, video dan sebagainya. Berikut penjelasan komponen pada widget di google forms. – Cara Membuat Google Form.

  • Add question. Digunakan untuk menambahkan pertanyaan baru, sekaligus komponen yang ada di dalamnya.
  • Import question. Memasukan pertanyaan dari form lain yang pernah anda buat.
  • Add title and description. Digunakan untuk menambahkan judul dan deskripsi.
  • Add Image. Menambahkan gambar.
  • Add Video. Menambahkan video.
  • Add Section. Menambahkan sesi pertanyaan baru pada form.

Cara Melihat Hasil Google Forms

Setelah anda membuat dan menyebarkan formulir, kemudian diisi oleh para responden, lalu bagaimana cara melihat hasilnya? Formulir yang sudah anda buat secara otomatis akan tersimpan pada google drive anda. Jadi anda bisa melihat hasilnya pada google drive milik anda. Berikut cara melihat hasil survei atau kuesioner google forms. – Cara Membuat Google Form.

1. Login ke akun google drive anda.

2. Cari nama form yang sudah anda buat dan ingin anda lihat hasilnya.

Formulir - Cara Membuat Google Form

3. Setelah itu formulir yang sudah anda buat akan terbuka, silahkan pilih Tab Responses. Disitu anda dapat melihat semua jawaban yang sudah diisi oleh para responden. Ada tiga cara untuk melihat hasil survei atau kuesioner tersebut, yaitu melalui Summary, Question dan Individual.

Melihat Hasil Survei - Cara Membuat Google Form
  • Summary. Digunakan untuk melihat hasil jawaban berdasarkan akumulasi semua jawaban. Terdapat juga presentasi jawaban berdasarkan jawaban yang dipilih oleh responden.
  • Question. Digunakan untuk melihat hasil jawaban dari responden berdasarkan pertanyaan yang ada.
  • Individual. Digunakan untuk melihat hasil jawaban berdasarkan individu responden.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tinggalkan komentar