Belajar Oracle – Cara Install Oracle 11g di Windows

Oktober 21, 2019 No Comments TEKNOLOGI ZigerWix

Bagi sebagian orang, mungkin sudah mengetahui apa itu Oracle. Tapi, sebagian lagi kemungkinan tidak mengetahuinya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan apa itu Oracle?. Bukan hanya itu, pada artikel ini juga akan dijelaskan cara install oracle 11g. Belajar oracle dari download software, hingga installasi. Silahkan simak, dan semoga bermanfaat.

Pengertian Oracle – Belajar Oracle

Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya. Mendengar nama ORACLE, bagi kaum IT (baca ‘IT Professionals’) langsung terbayang Server Database kelas atas, sebanding kemasyurannya dengan MYSQL maupun SQL Server. Hal ini memang tidak salah, namun kalau mau ditilik lebih lanjut, sebenarnya ORACLE memiliki 3 makna:

1. Oracle Database Server – Cara Intall Oracle

Citra umum bagi sementara masyarakat, merupakan Relational Database yang sangat konsisten sejak di release tahun 1979. Sebagai database, Oracle dapat dijalankan pada Windows maupun Linux. Hal ini merupakan salah satu keunggulan dibanding dengan SQL Server yang hanya bisa dijalankan dalam Windows. | Belajar Oracle – Cara Install Oracle 11g.

2. Oracle Sebagai Platform

Sebagai platform, ORACLE memberikan alternatif yang sangat luas. Tidak saja memiliki dukungan terhadap JAVA, tetapi mempunyai solusi PHP dan bahkan mendukung implementasi dotNet Framework dari Microsoft. Selain itu, Oracle juga memiliki berbagai alternatif Aplikasi Siap Pakai.

3. Oracle Corporation

Sebagai Perusahaan Raksasa di bidang IT. Hal ini yang mungkin belum disadari banyak orang (kecuali pengamat/pelaku IT). Perusahaan yang didirikan tahun 1982 sebagai ORACLE Corporation, merupakan pengembangan dari perusahaan Relational Software Inc (RSI) yang sudah merilis Oracle Versi 2. Di tahun 2009 ini, Oracle Corporation sudah dapat disandingkan dengan Raksasa Software Microsoft. Bahkan, bila saja pembelian Sun Microsystem disetujui, Oracle sudah menjadi perusahaan yang memiliki segalanya: Database, Application Platform, Application Software, dan (kalau jadi membeli SUN Microsystem) memiliki Hardware. | Belajar Oracle – Cara Install Oracle 11g.

Belajar Oracle – Persiapan Installasi

Sebelum kita menginstall oracle, ada beberapa yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Yaitu, software installasi oracle itu sendiri dan juga akun oracle untuk login. Sebab, jika ingin mendownload software installasi oracle, harus login terlebih dahulu dengan menggunakan akun oracle. Silahkan bisa download terlebih dahulu software oracle nya, pada situs resmi di link berikut. https://www.oracle.com/database/technologies/xe-downloads.html

Website Resmi Oracle
Halaman Download

Setelah itu, kalian akan diarahkan pada sebuah halaman website resmi milik oracle. Ada dua pilihan, yaitu software installasi untuk linux dan windows. Silahkan bisa klik Oracle Database 18c Express Edition for Windows x64. Setelah itu akan muncul pop up konfirmasi, bahwa kalian setuju dengan ketentuan oracle. Silahkan pilih Accept, lalu klik Download. Kemudian kalian akan diarahkan pada halaman login, benar!. Sebelum mendownload software oracle, kalian harus memiliki akun login dahulu seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya. | Belajar Oracle – Cara Install Oracle 11g.

Halaman Login

Namun jangan khawatir, kalian bisa mendapatkan akun oracle dengan gratis. Ada beberapa website yang menyediakan kumpulan akun untuk download oracle. Kalian bisa memilih akun tersebut, dan mencoba nya satu persatu. Jika beruntung, maka kalian bisa mendownload oracle dengan gratis. Salah satu website yang menyediakan kumpulan akun oracle adalah website berikut http://bugmenot.com/view/oracle.com.

Baca Juga:  Ecampus Pelita Bangsa Anda Berpotensi Terhack!

Belajar Oracle – Cara Install Oracle 11g di windows

Setelah berhasil mendownload software installasi oracle, selanjutnya kita masuk pada cara installasi nya. | Belajar Oracle – Cara Install Oracle 11g.

Buka file installasi oracle yang tadi di download, lalu cari dan double klik pada file Setup.exe. Setelah itu akan muncul halaman persetujuan.

Installasi - Belajar Oracle

Lalu pilih I accept the terms in the license agreement. Setelah itu klik Next >

Pilih Directory - Belajar Oracle

Lalu akan muncul halaman untuk memilih file directory. Silahkan pilih file directory ingin di install dimana, sebaiknya pilih default nya saja (tidak diubah). Jika sudah selesai klik Next >

Masukan Password Oracle

Kemudian akan muncul halaman untuk memasukan password, password ini digunakan untuk membuka database nya nanti. Silahkan masukan password yang diinginkan, lalu klik Next >

Halaman Detail Installasi - Belajar Oracle

Selanjutnya muncul halaman installasi, pada bagian ini akan muncul keterangan detail installasi oracle nya. Kalian hanya perlu klik Install saja.

Proses Installasi - Belajar Oracle

Setelah itu tunggu sekitar 10 – 30 menit untuk proses installasi nya. Jika proses installasi oracle sudah selesai, maka akan muncul halaman pemberitahuan seperti berikut.

Proses Installasi Selesai

Klik Finish untuk mengakhiri proses installasi nya. Saat ini, RDBMS oracle sudah terinstall di komputer kalian.

Cara Install Oracle 11g Memang Mudah – Belajar Oracle

Setelah kita ikuti langkah-langkah untuk menginstall oracle, ternyata cukup mudah bukan?. Namun sekali lagi, untuk dapat menggunakan oracle, kita harus memiliki akun terlebih dahulu. Walaupun sudah ada website-website yang menyediakan akun oracle, namun tidak menjamin itu legal. Maka dari itu, disarankan untuk membuat akun resmi oracle. Tentu saja, kalian harus membayarnya karena licensi oracle memang berbayar.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tags
ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *