Aspek Geografi dengan Contohnya, dan Objek Geografi

April 15, 2019 No Comments PENGETAHUAN ZigerWix

Kedua hal ini wajib dikuasai oleh seorang ahli geografi. Bahkan sebelum mempelajari ilmu geografi lebih dalam, pelajar harus menguasai kedua hal tersebut terlebih dahulu. – Aspek Geografi dan Objek Geografi.

Aspek Geografi

Aspek Geografi dan Objeknya – Ada bebarapa aspek dalam studi geografi, yaitu sebagai berikut:

a) Aspek Fisik – Aspek Geografi

Aspek Geografi dan Objeknya. – Geografi fisik adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari gejala fisik dari permukaan bumi yang meliputi tanah, air, dan udara. dengan segala prosesnya. Selain itu, geografi fisik juga menkaji gejala-gejala alamiah permukaan bumi yang menjadi lingkungan hidup manusia. Dapat dijadikan pelengkap dalam mempelajari geografi manusia sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan. Geografi fisik terdiri atas geomorfologi, hidrologi, klimatologi, pedologi, dan lain-lain.

b) Aspek Manusia – Aspek Geografi

  • Geografi manusia adalah cabang dari ilmu geografi yang mempelajari semua aspek gejala dipermukaan bumi. yang mengambil manusia sebagai objek utamanya.
  • Dapat dibagi menjadi geografi ekonomi, geografi penduduk, geografi perkotaan, dan geografi pedesaan.

c) Aspek Regional – Aspek Geografi

Geografi regional merupakan perpaduan dari geografi fisik dan geografi manusia. Geografi regional merupakan studi tentang variasi persebaran gejala dalam ruang pada waktu tertentu baik lokal, nasional, maupun kontinental. Melalui analisis geografi regional, karakteristik yang khas dari suatu wilayah dapat ditonjolkan sehingga perbedaan wilayan dapat terlihat jelas. Dalam studi geografi regional, semua gejala geografi ditinjau dan dideskripsikan secara berkaitan dalam hubungan integrasi dan interrelasi keruangan. – Aspek Geografi dan Objek Geografi.

Objek Studi Geografi

Objek studi geografi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu objek material dan objek formal.

a) Objek Material

Aspek Geografi dan Objeknya – Objek material geografi adalah sasaran atau isi kajian geografi. Objek material yang umum dan luas adalah geosfer (lapisan bumi). yang meliputi:

a) Litosfer (lapisan keras). Merupakan lapisan luar dari bumi kita, biasa disebut kerak bumi dalam ilmu geologi. Lapisan ini adalah lapisan terluar dari kulit bumi.

b) Atmosfer (lapisan udara). Adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi kita. Lapisan ini dibagi lagi ke dalam beberapa bagian, dan setiap bagiannya memiliki karakteristik yang berbeda.

c) Hidrosfer (lapisan air). Merupakan lapisan air yang ada di permukaan bumi, baik berupa air tawar maupun air asin. Kebanyakan air tawar berada di danau dan sungai, sedangkan air asin berada pada daerah laut.

Baca Juga:  Pengertian Suhu Lengkap! Plus Mudah Dipahami

d) Biosfer (lapisan tempat hidup). Adalah lapisan dimana makhluk hidup berasda. Makhluk hidup tersebut meliputi jenis hewan, tumbuhan dan manusia sebagai suatu komunitas bukan sebagai individu.

e) Pedosfer (lapisan tanah). Merupakan lapisan batuan yang telah mengalami pelapukan, baik pelapukan fisik, organik, maupun kimia. Pada lapisan inilah, manusia menginjakan kakinya. – Aspek Geografi dan Objek Geografi.

  • Objek material geografi meliputi gejala-gejala yang terdapat dan terjadi di muka bumi. Seperti aspek batuan, tanah, gempa bumi, cuaca, iklim, gunung berapi, udara, air, serta flora dan fauna. yang terkait kehidupan manusia.

b) Objek Formal

  • Aspek Geografi dan Objeknya – Objek formal adalah sudut pandang dan pola berpikir terhadap suatu gejala di muka bumi, baik yang sifatnya fisik maupun sosial. yang dilihat dari sudut pandang keruangan (spasial). Dalam geografi selalu ditanyakan mengenai di mana gejala itu terjadi, dan mengapa gejala itu terjadi di tempat tersebut.
  • Ilmu geografi diharapkan mampu menjawab berbagai pertanyaan sebagai berikut:
  1. Apa (what). berkaitan dengan struktur, pola, fungsi dan proses gejala atau kejadian di permukaan bumi.
  2. Dimana (where). berkaitan dengan tempat atau letak suatu objek geografi di permukaan bumi.
  3. Berapa (how much/many). berkaitan dengan hal-hal yang menyatakan ukuran (jarak, luas, isi, dan waktu). suatu objek geografi dalam bentuk angka-angka.
  4. Mengapa (why). berkaitan dengan rangkaian waktu dan tempat, latar belakang, atau interaksi dan interdependensi suatu gejala, peristiwa, dan motivasi manusia.
  5. Bagaimana (how). berkaitan dengan penjabaran suatu pola, fungsi, dan proses gejala dan peristiwa.
  6. Kapan (when). berkaitan dengan waktu kejadian yang berlangsung, waktu yang lampau, sekarang maupun yang akan datang.
  7. Siapa (who). berkaitan dengan subjek atau pelaku dari suatu kejadian atau peristiwa. – Aspek dan Objek Geografi.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *