Arduino IDE, Pengertian dan istilah yang sering digunakan

Juni 18, 2019 No Comments TEKNOLOGI ZigerWix

Sebelum mengenal Arduino IDE, mari kita pahami terlebih dahulu sedikit tentang kata IDE itu sendiri. IDE adalah singkatan dari Integrated Development Enviroenment. Secara harfiah dapat diartikan sebagai lingkungan terintegrasi yang digunakan untuk melakukan pengembangan.

Arduino IDE

Merupakan sebuah software untuk memprogram arduino. Pada software inilah arduino dilakukan pemrograman untuk melakukan fungsi-fungsi yang dibenamkan melalui sintaks pemrograman. Arduino menggunakan bahasa pemrograman C yang dimodifikasi. Kita sebut saja dengan bahasa pemrograman C for Arduino.

Bahasa pemrograman arduino sudah dirubah untuk memudahkan pemula dalam melakukan pemrograman dari bahasa aslinya. Didalam arduino sendiri sudah terdapat IC mikrokontroler yang sudah ditanam program yang bernama Bootloader. Funsi dari bootloader tersebut adalah untuk menjadi penengah antara compiler arduino dan mikrokontroler.

Arduino IDE dibuat dari bahasa pemrograman JAVA yang dilengkapi dengan library C/C++ (wiring), yang membuat operasi input/output lebih mudah.

Menulis Sketch Arduino IDE

Sketch merupakan program yang ditulis dengan menggunakan Arduino IDE. Sketch yang disimpan akan memiliki ekstensi file .ino. Fitur-fitur yang terdapat pada Arduino IDE ada beberapa macam dengan fungsi untuk memudahkan pengguna.

Istilah pada Arduino IDE

1. Uploading

Adalah proses untuk menyalin file .hex atau file hasil kompilasi kedalam IC mikrokontroler Arduino. Tombol uploading terdapat di bagian atas pada icon yang berbentuk anak panah menghadap ke kanan. Sebelum melakukan uploading, yang perlu diperhatikan adalah jenis board dan COM port yang digunakan. Untuk mengetahui keduanya bisa melalui menu Tools>Board dan Tools>Port.

Baca Juga:  Pengertian CMS, CMA, dan CDA dengan Mudah

2. Library

Library atau pustaka adalah file yang memberikan fungsi ekstra dari sketch yang dibuat. Didalam arduino sendiri sudah include beberapa library yang berfungsi untuk melakukan proses tertentu. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan library eksternal untuk memperkaya library yang ada di dalam  Arduino IDE. Untuk menambahkan library eksternal cukup mudah. Bisa melalui fitur Library Manager, Import file .zip, atau menyalin secara manual di folder libraries pada directory arduino.

3. Serial Monitor

Merupakan suatu kotak dialog yang menunjukan proses pertukaran data antara arduino dan komputer selama beroperasi. Sehingga serial monitor bisa digunakan untuk menampilkan hasil operasi atau pesan error debugging. Serial monitor juga digunakan untuk mengirim data dari komputer ke arduini dengan cara menuliskan pesan pada text box dan menekan tombol Send.

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi AA IBE pada halaman KONTAK. AA IBE juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir AA IBE meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *