Home>TEKNOLOGI>Apa itu WordPress? WordPress adalah CMS gratis!
Apa itu Wordpress?
TEKNOLOGI

Apa itu WordPress? WordPress adalah CMS gratis!

Setiap orang pasti menyukai kata gratis, terutama masyarakat indonesia. Oleh sebab itu, banyak produk gratis yang laris di pasar indonesia. Produk-produk gratis yang tersebar memang masuk ke segala bidang, tak terkecuali dunia blogging. Produk gratis yang mulai populer dikalangan para blogger adalah Content Management System (CMS). Salah satu CMS gratis yang sering digunakan adalah WordPress. Sebab wordpress mampu memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam membuat dan mengelola website/blog mereka. Sebenarnya, apa itu wordpress? Berikut penjelasan lengkapnya.

Sejarah – Apa itu WordPress?

Sejarah wordpress yang dijelaskan pada sub bab ini berasal dari buku yang berjudul Seri Otodidak : Belajar Sendiri Membuat Blog dengan Domain Sendiri yang ditulis oleh Jasmadi pada tahun 2008 silam. Berikut penjelasan tentang sejarah wordpress menurut Jasmadi.

Sejarah wordpress dimulai oleh seorang bernama Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2. Ketika mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh programernya yang bernama Michel Valdrighi, ia merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2.

WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 hasil kerja keras antara Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat wordpress makin terkenal (selain karena fiturnya yang banyak dan tampilannya yang menarik) adalah dukungan komunitas terhadap software open source untuk blog. Ini dikarenakan software blog pesaing wordpress yang bernama Movable Type sudah tidak menggratiskan layanannya lagi.

Masih dalam buku yang sama, Jasmadi juga menjelaskan bahwa wordpress dikembangkan juga oleh beberapa orang lainnya. Pengembang wordpress tersebut antara lain Dougal Campbell, Mark Jaquith, Donncha O’Caoimh, Andy Skelton, Michel Valdrighi, dan Peter Westwood. Apa itu WordPress?

Walaupun banyak dikembangkan oleh komunitas, namun wordpress banyak dikaitkan dengan sebuah perusahaan bernama Automattic pimpinan Matt Mullenweg. Hal ini disebabkan mayoritas pengembang aktif wordpress merupakan pegawai di Automatic. Komunitas berperan penting dalam pengembangan wordpress sebagai penguji software versi beta dan release candidate. Apa itu WordPress?

Wordpress.com - Apa itu WordPress?
Wordpress.org - Apa itu WordPress?

Pengertian WordPress

Wikipedia

WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org, yang keduanya memiliki perbedaan mendasar. Menurut wikipedia, perbedaan keduanya adalah sebagai berikut.

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automatic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan aksesoris apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus. Apa itu WordPress?

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:
WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website.
WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri. Apa itu WordPress?

Yahya Kurniawan

Pada buku yang berjudul Ngeblog dengan WordPress itu Gampang, Yahya Kurniawan menjelaskan bahwa:

WordPress adalah perangkat lunak publikasi untuk keperluan personal. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa wordpress adalah perangkat lunak untuk blogging atau ngeblog.

Seperti halnya perangkat lunak berlisensi GPL lainnya, WordPress juga dapat di-download secara bebas. WordPress dapat di-download melalui situs www.wordpress.org.

Ungkap Yahya Kurniawan dalam bukunya yang ditulis pada tahun 2008 tersebut. Selain mengungkapkan pengertian WordPress, Yahya Kurniawan dalam buku yang sama juga menjelaskan beberapa kelebihan wordpress sebagai berikut.

Kelebihan WordPress menurut Yahya Kurniawan:
1. Bersifat Bebas (free) karena dilisensikan dibawah lisensi GPL (GNU Public License).
2. Dapat digunakan secara offline (tanpa koneksi internet) menggunakan web server yang diinstal secara lokal.
3. Dapat diinstal pada web hosting yang mendukung penggunaan PHP dan MySQL.
4. Mudah dikustomisasi.
5. Menyediakan banyak tema dan plugin. Apa itu WordPress?

Andy Krisianto

Buku yang ditulis oleh Andy Krisianto dengan judul Jago WordPress mengatakan bahwa:

WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) yang paling banyak digunakan. Melalui CMS ini siapa saja bisa membuat website secara mudah. Seseorang tidak harus jago programming untuk membangun sebuah website. Cukup dengan beberapa klik, kita sudah bisa mempunyai sebuah website.

Dalam buku tersebut Andy Krisianto juga menyebutkan beberapa alasan memilih wordpress, yaitu:
1. Kemudahan dalam penggunaan fitur-fitur yang disediakan.
2. Memungkinkan untuk membuat website secara cepat.
3. Mudah dipelajari.
4. Tersedia banyak plugin gratis untuk berbagai keperluan website.
5. Tersedia banyak tema/template gratis untuk mempercantik tampilan website.
6. Bisa digunakan untuk membangun berbagai jenis website.
7. Dan lain sebagainya. Apa itu WordPress?

Bagus Wahyudi

Dalam buku yang ditulis oleh Bagus Wahyudi dengan judul Membuat Theme WordPress Responsive dari Awal hingga Akhir, mengatakan bahwa:

WordPress adalah sebuah software yang bisa kamu gunakan untuk membuat website, baik web pribadi, situs berita atau bahkan toko online sekalipun. Tahun 2003 Matt Mullenweg menemukan wordpress karena kebutuhannya akan sebuah software publishing online. Saat itu b2 adalah salah satu software serupa yang telah menghentikan pengembangnya. Maka Matt bersama dengan beberapa rekannya melakukan forking pada code b2 dan jadilah wordpress.

Menurut Bagus Wahyudi dalam buku yang sama juga mengatakan bahwa perkembangan wordpress sangat pesat. Bahkan, pamornya meningkat setelah kompetitornya Movable Type (platform online publishing) menetapkan harga untuk penggunaannya. Maka dari itu banyak pengguna dari platform ini mencari alternatif lain (yang juga gratis), wordpress adalah pilihan tepat saat itu. Apa itu WordPress?

Wahana Komputer

Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang teknologi komputer dan informasi ini mengungkapkan pengertian wordpress dalam buku yang berjudul Membuat Toko Online dengan WordPress dan WP E-Commerce, sebagai berikut:

WordPress adalah sebuah aplikasi web open source. CMS ini yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine) atau dijadikan platform untuk keperluan website lainnya. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak dengan kode sumber terbuka (open source software).

Wahana Komputer juga menjelaskan bahwa selain sebagai blog, wordpress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Dalam buku yang sama, Wahana Komputer juga mengatakan bahwa wordpress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Apa itu WordPress?

Su Rahman

Menurut Su Rahman dalam bukunya yang berjudul Buku Pintar Web Desain dan SEO WordPress 5 PLUS, menerangkat tentang apa itu wordpress, yaitu:

Secara singkat wordpress adalah sebuah software untuk membuat website berbasis online yang dikenal dengan nama CMS. CMS merupakan kepanjangan dari Content Management System atau dalam bahasa indonesia diartikan sebagai sistem management konten. Secara mudah, dengan CMS ini seseorang tidak perlu mengerti bahasa pemrograman website untuk bisa membuat website. Cukup mengetahui bagaimana menggunakan CMS tersebut dan sebuah website bisa tercipta dalam waktu yang singkat.

Dalam buku yang sama, Su Rahman juga menjelaskan bahwa wordpress berbasis Open Source. Berarti wordpress dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis untuk kebutuhan apa saja. WordPress juga diperbaharui dari waktu ke waktu demi menjaga keamanan dan memperbaiki kekurangannya. Pengguna juga bisa mendapatkan update dari wordpress secara gratis, bahkan update ini menjadi satu keharusan demi menjamin penggunaan software terbaru dan perlindungan keamanan yang terbaru di dalam wordpress. Apa itu WordPress?

Tema WordPress

Selain sebagai Content Management System (CMS) gratis, tersedia juga tema wordpress gratis (template wordpress gratis). Di dalam dashboard wordpress, tersedia tema atau template wordpress gratis yang dapat diinstall oleh pengguna. Tema wordpress gratis ini memiliki banyak jenis, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh sebab itu, sesuaikan tema wordpress gratis tersebut dengan kebutuhan anda. Apa itu WordPress?

Cara Memilih Tema WordPress Gratis

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih tema wordpress gratis ini, beberapa diantaranya antara lain: ringan, SEO friendly, responsive, menarik, aman dan memiliki fitur yang lengkap agar memudahkan dalam mengedit website anda. Agar lebih memahami tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih template wordpress gratis, silahkan baca penjelasan di bawah ini. Apa itu WordPress?

Tema WordPress yang Ringan

Tema/template wordpress gratis yang ringan akan membuat website anda lebih cepat ketika diakses. Tentu saja, kecepatan akses tersebut sangat berpengaruh terhadap jumlah visitor website anda. Sebab kebanyakan pengunjung website akan memilih halaman website yang mudah dan cepat untuk diakses. Walaupun website anda sudah diklik pada pencarian google, namun jika aksesnya lambat akan menyebabkan para pengunjung membatalkan kunjungannya. Oleh sebab itu, website anda harus memiliki kecepatan akses yang baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memilih tema wordpress yang ringan. Apa itu WordPress?

Memang ada banyak hal yang menyebabkan website anda terasa lambat, namun faktor penyebab yang bersumber dari tema juga harus diperhatikan. Tema wordpress yang ringan, bukan hanya membuat pengunjung menjadi nyaman. Namun juga dapat membuat kuota internet anda dan pengunjung menjadi lebih hemat. Sebab load yang ringan hanya memakan sedikit kuota internet anda. Oleh sebab itu, pilihlah tema yang ringan.

Tema WordPress yang SEO Friendly

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan dalam memilih tema wordpress adalah tema yang SEO friendly. Artinya, tema yang anda gunakan sangat mendukung perbaikan peringkat website anda pada mesin pencari seperti google. Sebab meningkatkan peringkat website pada mesin pencari juga dapat membuat website anda banyak dikunjungi. Percuma website anda menarik, namun berada pada peringkat bawah. Sehingga kemungkinan diklik oleh para pengunjung sangat kecil. Apa itu WordPress?

Teknik SEO friendly memang sulit dilakukan, namun jika tema wordpress anda sudah mendukung SEO friendly, berarti tugas anda semakin mudah. Anda hanya perlu mengikuti instruksi-instruksi pada tema tersebut. Ketika anda sudah menjalankan teknik SEO friendly, maka diharapkan website anda muncul di peringkat teratas mesin pencari.

Tema WordPress yang Menarik

Kebanyakan pengunjung akan merasa nyaman dengan tema wordpress yang menarik. Arti dari menarik disini bukan hanya tampilannya yang bagus, namun juga keserasian dari komponen-komponen pembentuk tema tersebut. Komponen tersebut antara lain warna, penempatan tema, blok-blok yang tersusun rapi, dan sidebar yang rapi. Apa itu WordPress?

Semua komponen tersebut dapat menarik pengunjung untuk mampir ke website anda jika tersusun dengan rapih dan serasi. Anda juga bisa memilih tema wordpress dengan fitur yang menarik, seperti terdapat sidebar, terdapat animasi saat loading, dan sebagainya. Namun usahakan semua fitur tersebut tidak mengurangi kecepatan website anda.

Tema WordPress yang Aman

Faktor terpenting lainnya yang harus diperhatikan dalam memilih tema wordpress adalah aman. Artinya, tema yang anda pilih harus bersih dari virus atau script hack seperti backdoor. Banyak kasus website yang di deface atau bahkan diambil alih hostingnya oleh hacker melalui celah yang ada pada tema wordpress. Celah pada tema atau script hack yang sengaja dimasukan oleh hacker sangat membahayakan website anda. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam memilih tema. Apa itu WordPress?

Pastikan anda tidak mendownload tema dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Sebaiknya gunakan tema yang sudah disediakan oleh wordpress (yang ada di dalam admin wordpress). Sebelum menginstall tema wordpress, pastikan juga bahwa tema tersebut sering di update oleh pengembangnya. Jika anda menginstall tema dari admin wordpress, maka keterangan tanggal terakhir di update tertera pada bagian bawah tema.

Tema WordPress yang Memiliki Fitur Lengkap

Selain fitur yang dapat menarik pengunjung, ada beberapa fitur lainnya yang perlu diperhatikan dalam memilih tema wordpress. Usahakan tema wordpress gratis anda memiliki fitur yang lengkap. Seperti fitur untuk mengubah gaya dan ukuran huruf, fitur untuk mengatur warna huruf, fitur untuk menyesuaikan blok-blok wordpress dan sebagainya. Apa itu WordPress?

Dengan fitur yang lengkap tersebut, diharapkan akan memudahkan anda dalam membuat website. Diharapkan juga tampilan website yang dibuat menjadi maksimal tanpa mengurangi fungsi-fungsi utamanya. Pastikan bahwa fitur yang sudah diterapkan pada tema wordpress anda juga menyediakan navigasi. Hal ini penting, mengingat navigasi juga dipertimbangkan dalam meningkatkan website anda menjadi nomor satu pada mesin pencari.

Tema/Template WordPress Gratis

Jika anda sudah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tema wordpress, kini saatnya anda memilih tema wordpress gratis tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tema wordpress harus ringan, SEO friendly, menarik, aman dan memiliki banyak fitur. Pastikan anda juga memilih tema dari sumber yang dapat dipercaya atau melalui halaman admin wordpressnya langsung. Berikut kumpulan tema atau template wordpress gratis yang bisa anda pilih. Apa itu WordPress?

Hestia

Tema atau template wordpress gratis yang pertama adalah Hestia. Tema ini merupakan tema wordpress yang modern dan profesional. Sangat cocok digunakan untuk berbisnis dengan media website, seperti bisnis restoran, pernikahan, olahraga, toko dan sebagainya. Tema ini memiliki desain one-page yang serba guna dan bagian footer yang bisa juga difungsikan sebagai widget. Tampilannya enak dilihat, cocok dipadukan dengan Parallax Slider, Photo Gallery, Travel Map dan Elementor Page Builder. Apa itu WordPress?

Tema WordPress Hestia - Apa itu WordPress?

Selain itu, Hestia juga sangat responsive, WPML, Retina, SEO Friendly, dan menggunakan Material Kit untuk desainnya. Tema Hestia saat ini sudah update hingga versi 3.0.5 (Terakhir di update pada tanggal 29 September 2020). Jumlah instalasi aktif saat ini mencapai lebih dari 100.000. Template wordpress gratis ini sudah kompatibel dengan versi PHP 5.4.0 atau lebih.

Astra

Astra merupakan tema wordpress gratis yang cepat dan dapat disesuaikan sepenuhnya. Website yang dibuat dengan menggunakan tema ini sangat cocok untuk blog, portofolio pribadi, situs web bisnis, dan toko online dengan dukungan plugin WooCommerce. Tema ini sangat ringan dengan tampilan depan yang hanya memakan 50KB saja. Selain itu, Astra juga mempertimbangkan SEO dan responsive dengan dukungan AMP. Apa itu WordPress?

Tema WordPress Gratis Astra - Apa itu WordPress?

Tema Astra datang dengan menawarkan fitur dan template khusus sehingga berfungsi sempurna dengan dukungan dari beberapa plugin. Seperti Elementor, Beaver Builder, Visual Composer, Siteorigin, Divi dan lain-lain. Terakhir diupdate, Astra berada pada versi 2.6.0 yang diperbarui pada tanggal 22 Oktober 2020. Instalasi aktif dari penggunaan tema ini lebih dari 1 juta. Kompatibel dengan WordPress versi 5.3 dan versi PHP 5.3 atau lebih tinggi.

GeneratePress

Tema wordpress gratis yang tidak kalah hebatnya adalah GeneratePress. Tema ini dibuat dengan mengutamakan kecepatan dan fungsionalitasnya. Ukuran file penginstalan GeneratePress hanya menambahkan kurang dari 10 kb (gzip) pada halaman website anda. GeneratePress memanfaatkan editor blok Gutenberg, yang akan memudahkan anda dalam mengatur pembuatan konten website anda. Jika anda ingin menggunakan editor pembuat halaman, GeneratePress adalah solusinya. Apa itu WordPress?

Template WordPress Gratis GeneratePress

GeneratePress kompatibel dengan berbagai editor pembuat halaman yang populer, seperti Beaver Builder dan Elementor. Selain itu, GeneratePress juga kompatibel dengan plugin lain seperti WooCommerce dan sebagainya. Tema ini terakhir di update pada tanggal 14 Oktober 2020 dengan versi 3.0.2, dengan kemampuan yang semakin meningkat. Tercatat sudah lebih dari 300.000 instalasi terhadap tema ini. GeneratePress didukung oleh minimal versi wordpress 4.5.0 dan versi PHP 5.4.0 atau lebih.

OceanWP

Tema wordpress gratis yang satu ini sangat ringan dan akan menjadi masa depan yang baik. Sebab tema OceanWP dapat digunakan untuk membuat hampir semua jenis situs web seperti blog, portofolio, situs web bisnis, dan toko online WooCommerce. Bermodalkan desain yang indah dan profesional, tema ini menjamin masa depan website anda lebih cerah. Kelebihan yang mencolok dari tema ini adalah dapat dibuka dari device tablet dan mobile. Sehingga akan membantu bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi. Apa itu WordPress?

Tema WordPress Gratis OceanWP

Versi terakhir tema OceanWP diupdate pada tanggal 30 September 2020, dengan versi 1.9.0. Tercatat lebih dari 600.000 pengguna aktif yang memakai tema ini. Template wordpress gratis OceanWP memang memiliki pengguna yang cukup banyak. Sebab, selain kelebihannya yang ringan, tema ini juga mendukung SEO friendly. Ini sangat bagus bagi anda yang ingin membuat blog menjadi peringkat pertama pada mesin pencari.

Ultra Seven

Template wordpress gratis yang juga tidak kalah menariknya adalah Ultra Seven. Tema ini begitu sempurna jika digunakan untuk website dengan nuansa majalah, blog maupun sebagai catatan perjalanan hidup anda. Kelebihannya adalah anda bisa mengatur tata letak dengan mudah dan fleksibel. Sebenarnya fitur tema ini difokuskan untuk situs majalah, dan anda bisa menaruh banyak iklan pada tempat yang sudah disediakan. Apa itu WordPress?

Tema WordPress Gratis Ultra Seven

Ultra Seven didukung dengan fitur-fitur SEO friendly, juga sudah kompatibel dengan plugin WooCommerce. Dimana anda bisa membuat toko online dengan plugin WooCommerce ini. Hingga saat ini, ada sekitar 500 lebih pengguna aktif. Tema ini terakhir di update pada tanggal 13 Oktober 2020 pada versi 1.2.5. Ultra Seven kompatibel dengan wordpress 4.7 keatas dan versi PHP 5.6 keatas.

Plugin WordPress

Plugin WordPress merupakan sebuah tools yang dapat ditambahkan pada CMS WordPress. Tools ini memiliki fungsi tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan kata lain, plugin berfungsi untuk memodifikasi dan mengembangkan fungsionalitas utama WordPress. Pada CMS WordPress, plugin dapat diinstal secara gratis melalui dashboard admin wordpress. Namun ada juga plugin yang berbayar, dengan fitur yang lebih lengkap tentunya. Apa itu WordPress?

Cara Memilih Plugin WordPress

Seorang blogger tidak semerta-merta menginstall plugin wordpress begitu saja, namun juga memperhatikan beberapa hal. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam memilih plugin wordpress, yaitu meningkatkan keamanan, meningkatkan kecepatan, dan meningkatkan SEO. Berikut cara memilih plugin wordpress yang baik untuk website anda.

Meningkatkan Keamanan

Plugin pertama yang harus anda instal adalah plugin wordpress yang memiliki fungsi untuk meningkatkan keamanan website anda. Faktor keamanan adalah hal terpenting yang harus anda perhatikan. Sebab, tanpa adanya sistem keamanan yang baik, website anda bisa di deface, disusupi virus, bahkan yang terburuk adalah diambil alih oleh hacker. Tentu saja anda tidak ingin hal seperti itu terjadi, oleh karena itu tingkatkan keamanan pada website anda dengan menggunakan plugin. Apa itu WordPress?

Meningkatkan Kecepatan

Selain keamanan, hal penting lainnya dalam memilih plugin wordpress gratis adalah faktor kecepatan. Seperti yang diketahui bahwa kecepatan akses sangat mempengaruhi jumlah visitor. Sehingga peningkatan kecepatan website berbanding lurus dengan kecepatan websitenya. Oleh sebab itu, pilihlah plugin wordpress yang mampu meningkatkan kecepatan website anda. Apa itu WordPress?

Meningkatkan SEO

Visitor akan dengan mudah menemukan website anda jika peringkat website anda berada di posisi pertama. Oleh karena itu, plugin yang mampu meningkatkan SEO juga dibutuhkan agar website anda memiliki banyak visitor. Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa plugin yang dapat digunakan untuk membantu website anda dalam meningkatkan SEO, seperti Yoast SEO dan sebagainya. Maka dari itu, disarankan juga untuk menginstall plugin tersebut. Apa itu WordPress?

Plugin WordPress Gratis yang Wajib Diinstal

Ada banyak plugin wordpress gratis yang bisa membantu performa website anda. Plugin-plugin tersebut dapat diinstall secara gratis pada halaman dashboard wordpress. Seperti yang diketahui bahwa plugin wordpress harus memiliki tiga kriteria, yaitu meningkatkan keamanan, meningkatkan kecepatan, dan meningkatkan SEO. Berikut plugin wordpress yang direkomendasikan untuk menunjang performa website anda.

Disable XML-RPC

Seperti namanya, plugin ini dapat menonaktifkan fungsi XML-RPC. Fungsi ini digunakan agar sistem wordpress anda dapat berkomunikasi dengan sistem lainnya. Data dapat ditransmisikan dengan menggunakan mekanisme transportasi XML-RPC melalui protokol HTTP. Ketika terhubung secara remote dengan perangkat anda, sistem wordpress membutuhkan akses yang dapat diaktifkan melalui file xmlrpc.php tersebut. Namun sayang, mekanisme XML-RPC ini seringkali disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. File ini biasanya digunakan oleh hacker untuk mengumpulkan informasi login atau melakukan serangan brute force. Apa itu WordPress?

Plugin WordPress Disable XML-RPC

Berdasarkan penjelasan tersebut, seharusnya anda menyadari bahwa file xmlrpc.php pada wordpress harus dinonaktifkan. Akan tetapi, sayangnya tidak ada menu atau tombol untuk menonaktifkan file tersebut pada wordpress. Lalu bagaimana cara menonaktifkan file xmlrpc.php tersebut? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan plugin Disable XML-RPC yang dapat diinstall secara gratis. Apa itu WordPress?

Invisible reCaptcha

Plugin Invisible reCaptcha merupakan plugin yang powerful untuk mengintegrasikan Captcha dari google dengan situs wordpress anda. Menurut halaman resmi plugin ini pada situs wordpress.org, menyebutkan fungsinya dari plugin Invisible reCaptcha yaitu:

  • Perlindungan formulir login.
  • Menghalau serangan brute force.
  • Perlindungan formulir pendaftaran.
  • Perlindungan formulir komentar.
  • Perlindungan formulir lupa kata sandi.
Plugin WordPress Invisible reCaptcha - Apa itu WordPress?

LiteSpeed Cache

Fungsi utama dari plugin ini adalah untuk mengatur cache website anda. Tentu saja, tujuannya adalah agar website anda lebih cepat ketika diakses. Plugin ini sudah mendukung multisite wordpress dan sudah kompatibel dengan plugin terkenal lainnya seperti WooCommerce, bbPress, dan Yoast SEO. Selain mengatur cache pada tingkat server, dalam plugin ini juga terdapat pengaturan optimalisasi gambar, optimalisasi halaman dan Content Delivery Network (CDN). Apa itu WordPress?

Plugin WordPress LiteSpeed Cache

Anda juga bisa melihat proses crawler yang terjadi pada website wordpress anda. Terdapat keterangan yang lengkap dan user interface yang menarik sehingga mudah dipahami oleh pengguna. Fitur menarik lainnya dari plugin ini adalah pengaturan error page. Anda bisa mengatur error page juga didalam plugin ini. Sungguh plugin yang layak untuk diinstall.

Wordfence Security

Plugin Wordfence Security adalah salah satu plugin untuk melindungi website anda dengan memasang fungsi seperti firewall dan malware scanner. Perlindungan tersebut dilengkapi dengan pengaturan firewall terbaru, penanda malware dan pengenalan IP jahat sehingga mampu melindungi website anda dengan maksimal. Fitur Wordfence Security disempurnakan dengan adanya 2FA dan serangkaian fitur tambahan, pengembang wordfence mengklaim bahwa plugin ini merupakan solusi keamanan terlengkap yang pernah ada. Apa itu WordPress?

Plugin WordPress Wordfence Security

Berikut fitur yang diunggulkan oleh Wordfence Security:
– WordPress Firewall
– WordPress Security Scanner
– Login Security
– Wordfence Central
– Security Tools

Yoast SEO

Plugin Yoast SEO merupakan salah satu plugin yang berfungsi untuk meningkatkan SEO website anda. Fitur-fitur pada plugin ini sangat membantu dalam memperbaiki situs website anda menjadi peringkat pertama pada mesin pencari. Penggunaannya juga sangat mudah, anda hanya perlu menginstalnya saja lalu otomatis fitur plugin ini akan muncul di bagian bawah ketika anda menulis artikel. Ada banyak petunjuk yang diberikan, misalnya keyword yang kurang, jumlah kata yang tidak memadai, dan sebagainya. Anda hanya perlu mengikuti instruksi dari Yoast SEO tersebut. Apa itu WordPress?

Plugin WordPress Yoast SEO - Apa itu WordPress?

Kesimpulan

WordPress merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang banyak diminati oleh para blogger. Ada dua macam wordpress, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. WordPress.com berperan sama seperti blogspot milik google, anda bisa membuat website pada blog tersebut dengan gratis. Sedangkan wordpress.org merupakan CMS yang harus di download dan diinstall pada sebuah hosting (online maupun offline). Apa itu WordPress?

WordPress memiliki banyak fitur dan dilengkapi dengan tema maupun plugin gratis. Sebagai pengguna, anda hanya perlu menginstall tema dan plugin tersebut dari halaman dashboard admin. Fungsi dari plugin-plugin wordpress sangat membantu dalam pembuatan website dan meningkatkan posisinya menjadi peringkat pertama pada mesin pencari. Pastikan anda menginstall tema dan plugin yang aman, karena serangan hacker selalu menghantui. Apa itu WordPress?

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *