Home>TEKNOLOGI>Apa itu VPS? Fungsi, Kekurangan, Kelebihan, Tips Memilih
Apa itu VPS
TEKNOLOGI

Apa itu VPS? Fungsi, Kekurangan, Kelebihan, Tips Memilih

Dewasa ini, kita seringkali mendengar kata virtual yang seakan merepresentasikan kemajuan zaman berupa digitalisasi di segala bidang. Tak heran jika dalam dunia per-internetan pun terdapat kata virtual tersebut. Salah satunya adalah Virtual Private Server (VPS). Sebenarnya apa itu vps? banyak yang bilang jika VPS adalah solusi! Berikut penjelasannya lengkap mengenai VPS, fungsi, kelebihan, kekurangan, serta tips memilih Virtual Private Server (VPS).

Pengertian VPS

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, jika diartikan dalam bahasa indonesia yaitu Server Pribadi Virtual. Secara garis besar, VPS adalah sebuah server fisik yang dibagi menjadi beberapa server virtual. Virtual dalam bahasa indonesia memiliki arti Mirip. Jadi, walaupun server virtual ini bukan merupakan server fisik yang sebenarnya, akan tetapi semua cara mengoperasikannya mirip dengan server fisik pada umumnya. Sistem virtualisasi ini memungkinkan satu server fisik untuk dibagi-bagi menjadi beberapa server virtual. Sistem tersebut menggunakan teknologi virtualisasi server fisik yang nantinya dapat dibagi menjadi beberapa resource berbeda. – Apa itu VPS?

Apa itu VPS? Pengertian VPS

VPS Menurut beberapa Sumber

Agar memahami pengertian VPS secara menyeluruh, silahkan pahami beberapa arti VPS yang diambil dari beberapa sumber berikut.

  1. VPS merupakan teknologi sisi peladen tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa mesin virtual. Tiap mesin virtual ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat” (Wikipedia). – Apa itu VPS?
  2. VPS adalah server hosting yang digunakan secara pribadi (privat). Pelanggan VPS mempunyai akses penuh terhadap VPS tidak seperti shared yang terbatas pada level user. Dalam satu server masih dimungkinkan digunakan oleh beberapa user” (Sholechul Azis, 2013).
  3. VPS merupakan mesin virtual yang memungkinkan pengguna dalam mengakses hosting secara penuh layaknya akses server pada umumnya, kelebihan ini biasanya dimanfaatkan untuk pengembangan dan pengujian sistem” (Davide Gatti, 2014). – Apa itu VPS?
  4. VPS adalah singkatan dari virtual private server dan merupakan layanan web hosting pilihan bagi user yang menginginkan kebebasan dan kontrol lebih untuk mengelola platform dan website. Hanya saja, untuk menjalankan VPS hosting, anda harus punya skill manajemen server dan paham basic SSH commands” (Roni dkk, 2020).
  5. Para pengguna VPS mempunyai jatah sumber daya server sendiri, mulai dari prosesor, RAM, Harddisk dan lain sebagainya. Dan tentunya VPS ini akan lebih aman dari gangguan jika ada pengguna lain yang nakal dibandingkan dengan shared hosting. VPS atau Virtual Private Server ini cocok digunakan bagi yang mempunyai pengunjung website atau blog dengan angka diatas 5 digit (sudah mencapai puluhan ribu pengunjung)” (Efvy Zam, 2011). – Apa itu VPS?

Sumber:
1. Wikipedia
2. Buku “Gampang & Gratis Membuat Website untuk Web Personal, Organisasi dan Komersil” karya: Sholechul Azis.
3. Buku “VPS Toolkit” karya: Davide Gatti.
4. Buku “Sistem Informasi Peminjaman Ruang” karya: Roni Habibi dkk.
5. Buku “Trik Mengamankan Website dari Aksi Hacking” karya: Efvy Zam.
Apa itu VPS?

Fungsi VPS

Setelah memahami pengertian VPS dari beberapa sumber, dapat dikatakan bahwa VPS layaknya server pada umumnya. Namun VPS bukanlah sebuah server fisik, melainkan server virtual. Lalu apakah fungsi dari VPS sama seperti server fisik? Berikut beberapa fungsi VPS.

Fungsi VPS

Mengatasi Trafik Website Super Tinggi

Jika anda memiliki website dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak, sehingga membuat load hosting anda tinggi maka sebaiknya gunakan VPS. Sebab load hosting yang tinggi akan menyebabkan website anda lemot hingga tidak bisa diakses, yang terburuk adalah hosting anda bisa disuspend/ditutup aksesnya oleh penyedia hosting karena website anda membuat seluruh akun di server yang sama menjadi lemot juga (shared hosting). – Apa itu VPS?

Dalam mengatasi masalah tersebut, anda bisa mencoba upgrade ke layanan VPS. Layanan ini memungkinkan website anda memiliki resource yang maksimal, sebab penggunaannya hanya untuk anda seorang. Berbeda dengan layanan shared hosting yang membagi resourcenya ke semua akun dalam satu server yang sama. VPS akan memberikan semua resourcenya hanya untuk anda seorang, baik itu RAM, hardisk, prosesor dan sebagainya.

Membuat Usaha Web Hosting Skala Kecil

Virtual Private Server (VPS) memiliki fungsi yang hampir sama dengan server fisik pada umumnya. Oleh sebab itu, VPS juga dapat dijadikan untuk membuat layanan shared hosting (ada beberapa akun dalam satu server). Layanan shared hosting tersebut bisa anda manfaatkan sebagai usaha jasa penyewaan hosting dalam skala kecil. Dimana anda sendiri yang mengatur semua komponen yang ada di dalamnya, mulai dari disk space, hak akses, dan sebagainya. – Apa itu VPS?

Harga layanan shared hosting anda bisa disesuaikan dengan tagihan VPS anda, sehingga dapat menutupi tagihan tersebut atau bahkan bisa mendapatkan untung yang besar. Anda bisa pasang harga pada periode perbulan dan pertahun, sesuaikan dengan keinginan anda. Dalam hal ini, anda seperti memiliki perusahaan penyedia hosting sendiri.

File Sharing

Ada banyak kekurangan pada layanan shared hosting, salah satunya adalah pembatasan besar file yang diupload. Terutama file berupa film dan aplikasi yang memang memiliki besaran sekitar 1 GB. Hampir semua penyedia hosting dan domain tidak mengijinkan usernya untuk mengupload file film, karena dapat membuat load server tinggi. Namun ada kalanya anda harus mengupload file film tersebut agar dapat didownload oleh para pengunjung website anda. – Apa itu VPS?

Solusinya adalah layanan VPS, yang memungkinkan anda untuk bebas mengupload besaran file, bahkan file film sekalipun. Sebab anda bisa mengatur sendiri tanpa dibatasi oleh peraturan penyedia hosting di layanan shared hosting. Hal ini juga merupakan salah satu kelebihan dari layanan VPS jika dibandingkan dengan layanan shared hosting.

Komputer Online

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa VPS memungkinkan anda untuk mengatur ‘server’ milik anda sendiri. Selain digunakan sebagai hosting website, VPS juga dapat diinstall Sistem Operasi seperti Windows dan Linux. Penggunaannya pun sama, layaknya komputer desktop pada umumnya. Hanya saja, dalam mengoperasikannya melalui remote desktop (online). – Apa itu VPS?

Akses komputer secara online ini memudahkan anda yang bekerja tim dengan menggunakan satu komputer. Karena bersifat online, maka dari itu komputer ini dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. Tentu saja ini akan memudahkan pekerjaan tim sehingga membuat kekompakan tim semakin terjaga.

Dapat Dijadikan sebagai VPN

Selain dapat dijadikan sebagai hosting dan komputer, VPS juga dapat dijadikan VPN (Virtual Private Network). Secara sederhana, VPN merupakan jaringan yang terhubung melalui internet dengan akses private. Artinya, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menggunakan/melewati jaringan ini. – Apa itu VPS?

Anda bisa memanfaatkan VPS sebagai VPN untuk menjaga keamanan pada organisasi atau perusahaan anda. Sebab, dengan menggunakan VPN tidak semua orang dapat memasuki jaringan ini. Sehingga pengiriman data maupun informasi penting dapat terjaga dan tidak mudah dicuri/dihack.

Penyimpan Data Backup

VPS merupakan layanan yang dapat diatur secara penuh oleh anda, sebab layanan VPS sama seperti anda memiliki server sendiri. Jika anda ingin menyimpan data backup website anda atau bahkan anda ingin membuat layanan seperti google drive juga bisa. VPS memungkinkan hal tersebut dapat terwujud, asalkan anda memiliki skill untuk membuat platform semacam itu. – Apa itu VPS?

Jika anda memiliki kemampuan dan dapat membuat platform seperti google drive, maka anda dapat menyimpan data backup pada VPS. Bukan hanya data backup website anda, namun juga data backup yang ada di handphone, memory card, flashdisk, dan atau data yang ada di komputer anda. Dengan begitu anda akan dengan mudah untuk menyimpan data secara online.

Sarana Belajar

Layanan VPS juga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi anda yang menggeluti pekerjaan dibidang server administrator. Oleh karena sifat dan penggunaannya yang sama seperti server pada umumnya, maka dari itu VPS dapat digunakan untuk pembelajaran server. Anda juga bisa mengoperasikan VPS dan menjalankan perintah-perintah di dalamnya untuk mencoba hal-hal baru. – Apa itu VPS?

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Seperti sistem pada umumnya, VPS juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu, sebagai pengguna, anda juga harus tahu kelebihan dan kekurangan dari VPS. Hal ini perlu diperhatikan agar anda tidak salah dalam mengambil keputusan untuk memilih layanan yang sesuai. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan VPS. – Apa itu VPS?

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Kelebihan VPS

Berikut adalah beberapa kelebihan dari layanan Virtual Private Server (VPS).

Akses Penuh

Penggunaan VPS sangat jauh berbeda dengan layanan shared hosting, sebab VPS memungkinkan anda untuk mengatur lebih banyak hal karena hak akses yang tidak dibatasi. Jika dalam penggunaan layanan shared hosting, akses yang anda miliki hanya sebatas pada tingkatan hosting. Maka dalam menggunakan VPS, akses yang anda miliki berada pada tingkatan server. Bahkan anda bisa menggunakan SSH secara penuh pada layanan VPS anda. – Apa itu VPS?

Resource Tinggi

Dari segi resource, VPS jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan layanan shared hosting. Bisa dibayangkan, pada layanan shared hosting, resource dari satu server akan dibagi-bagi ke beberapa akun yang ada di dalam server tersebut. Sedangkan VPS, memungkinkan anda untuk mendapatkan semua resource tersebut secara penuh. Artinya, keseluruhan resource pada VPS akan diberikan pada akun/hosting anda tersebut. – Apa itu VPS?

Akses yang Lebih Cepat

Kecepatan akses website dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah resource server. Jika resource yang anda miliki kurang memadai, maka akses website anda menjadi lemot bahkan bisa down. Sebaliknya, jika resource anda besar maka website anda akan cepat ketika diakses. Oleh sebab itu, resource yang memadai juga perlu diperhatikan. Tentu saja, resource yang besar tidak akan anda dapatkan pada layanan shared hosting (tergantung dari paket yang digunakan). VPS menyediakan resource yang besar dan penuh untuk website anda, sehingga akses website anda menjadi lebih cepat. – Apa itu VPS?

Lebih Aman

Anda akan mendapatkan sesuatu yang spesial jika menggunakan VPS. Sebab dalam satu server VPS bisa diisi dengan website anda saja. Sehingga penggunaannya jauh lebih aman jika dibandingkan dengan layanan shared hosting. Karena dalam satu server terdapat beberapa hosting/website, maka ketika salah satu website bermasalah akan mengganggu aktifitas website lainnya. Oleh sebab itu, penggunaan VPS jauh lebih aman dari shared hosting. Namun dengan catatan, bahwa semua konfigurasi keamanan standar sudah anda jalankan dengan benar. – Apa itu VPS?

Kekurangan VPS

Berikut adalah beberapa kekurangan dari layanan Virtual Private Server (VPS).

Harga Mahal

Akses yang penuh dan hanya untuk anda seorang pada layanan VPS tentu sebanding dengan harganya. Harga layanan VPS jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan layanan shared hosting. Oleh karena itu, anda harus bisa memanfaatkan layanan VPS ini untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya agar bisa menutupi tagihan VPS itu sendiri. Harga yang relatif mahal merupakan kelemahan dari layanan VPS yang paling besar. Sebab para konsumen akan memilih layanan yang jauh lebih murah ketimbang harus membayar yang mahal. – Apa itu VPS?

Memiliki Skill Mumpuni

VPS bukanlah layanan hosting yang memiliki kontrol panel untuk memudahkan penggunaannya. Sekitar 70% penggunaan VPS dilakukan melalui SSH (Secure Shell Connection). Itu berarti anda harus memiliki skill yang mumpuni untuk dapat mengoperasikan VPS. Bagi anda yang masih mencoba untuk membuat website atau pemula di bidang per-hosting-an, sebaiknya tidak memilih layanan ini. Silahkan pilih layanan shared hosting dulu untuk media pembelajaran. Jika anda sudah mengerti dan memahami perintah-perintah SSH, baru anda bisa menggunakan layanan VPS untuk belajar masalah server. – Apa itu VPS?

Tips Memilih VPS

Ada banyak penyedia hosting dan domain yang menawarkan layanan VPS, namun banyak juga yang mengecewakan karena tidak sesuai yang diharapkan. Berikut beberapa tips dalam memilih layanan VPS agar penggunaannya maksimal dan biaya yang dikeluarkan lebih hemat. – Apa itu VPS?

Tips Memilih VPS

Sesuaikan Kebutuhan

Sama seperti shared hosting, layanan VPS juga memiliki harga yang disesuaikan dengan resourcenya. Semakin tinggi resource VPS, maka semakin mahal juga harganya. Resource disini meliputi RAM, hardisk, prosesor, dan sebagainya. Pastikan anda menyesuaikan resource yang dibutuhkan sebelum mengorder layanan. Sebab jika resourcenya terlalu kecil maka website anda akan terasa lemot, sebaliknya jika resourcenya terlalu besar maka akan memakan banyak biaya. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan resource VPS anda dengan kebutuhan websitenya. – Apa itu VPS?

Lihat Kelebihan yang Ditawarkan

Setiap penyedia layanan VPS pasti memiliki perbedaan yang ditawarkan pada layanannya. Terkadang ada beberapa fitur atau kelebihan yang dimiliki oleh satu penyedia VPS tapi tidak dimiliki oleh penyedia VPS lainnya. Oleh sebab itu, pilihlah provider VPS yang memiliki kelebihan tersebut. Jadi anda dapat memaksimalkan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan dengan maksimal. – Apa itu VPS?

Harga yang Terjangkau

Selain memilih layanan VPS yang memiliki banyak kelebihan, hal terpenting yang perlu dipertimbangkan ketika order layanan VPS adalah harganya. Tentu saja faktor harga juga adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan, karena harga yang terjangkau dapat membuat anda lebih hemat. Sehingga anda bisa terus memiliki dan memperpanjang layanan VPS tersebut. – Apa itu VPS?

Down Time

Layanan VPS memang memiliki performa yang baik, namun bukan berarti tidak pernah mengalami downtime. Hal ini akan menyebabkan website anda tidak dapat diakses sehingga sangat mengganggu aktivitas di dalamnya. Oleh sebab itu, pilihlah layanan penyedia VPS yang memiliki down time kecil. Artinya server yang dimiliki oleh provider tersebut jarang sekali down. Karena masalah ini pada dasarnya disebabkan oleh kemampuan server dalam menangani proses maupun hardware server yang sudah tidak mampu menangani proses yang ada. Peran dari admin server juga sangat diperhitungkan disini. – Apa itu VPS?

Support

Hal terpenting lainnya adalah layanan support yang diberikan. Dalam menjalankan VPS, ada kalanya masalah terjadi karena rusaknya hardware server yang mengakibatkan down time. Saat peristiwa itu terjadi, tentu saja orang yang akan anda hubungi pertama kali adalah tim support dari provider penyedia VPS nya. Pastikan anda memilih provider yang memiliki tim support cepat dan tepat. Agar ketika ada masalah, anda langsung bisa mendapatkan informasi dengan cepat sehingga permasalahan dapat dicarikan solusinya. – Apa itu VPS?

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *