Mekarsari – Agrowisata untuk Menikmati Buah Segar

Februari 19, 2020 No Comments JELAJAH ZigerWix

Pagi itu, teman-teman PT. Tujuh Ion Indonesia sudah bersiap untuk pergi bertamasya. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk menjalin kekeluargaan yang lebih erat. Diharapkan dengan adanya acara ini, kami semua jauh lebih memahami satu sama lain. Sehingga terciptanya lingkungan kerja yang harmonis dan nyaman. Mengingat perusahaan ini bergerak di bidang IT, maka suasana yang tercipta harus selalu berwarna agar tidak membosankan. Bayangkan, apa jadinya jika sesama karyawannya tidak bisa saling memahami, akan jadi apa perusahaan ini. Oleh karena itu, digagaslah kegiatan ini sebagai sarana untuk mempererat tali kekeluargaan. – Mekarsari.

OTW Mekarsari

Sesuai kesepakatan sebelumnya, jadwal keberangkatan sudah disetujui oleh semua karyawan. Pada hari minggu, 09 Februari 2020 pukul 08:30 WIB. Kami semua menggunakan motor, konvoi bersama teman-teman jauh lebih seru ketimbang menyewa mobil. Start dimulai dari kantor PT. Tujuh Ion Indonesia, dengan tujuan akhir agrowisata mekarsari, bogor.

OTW Mekarsari

Selama diperjalanan, kami merasa senang dan saling memperhatikan satu sama lain. Ketika ada anggota yang tertinggal, kami menunggunya terlebih dahulu. Saat anggota sudah komplit lagi, barulah kami kembali berjalan. Hal kecil seperti ini, dapat memberikan pelajaran pada kami. Bahwa sesama teman harus saling peduli satu sama lain. Tak boleh ada kata “meninggalkan”, yang ada adalah “maju bersama”. Perjalanan cukup lancar, hanya butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai di pintu masuk mekarsari.

Disambut dengan Baik

Tiba diparkiran, kami berfoto sebentar di sekitar tulisan besar yang ikonis. Setelah itu kami langsung berjalan menuju pintu masuk agrowisata mekarsari. Kami disambut oleh pemandu wisata disana, yang ternyata sedang menjalankan PKL. Zilza namanya, selama disini, dia akan memandu kami menjelajah indahnya perkebunan buah. Enak sekali pikirku, bersekolah dengan mengambil jurusan pariwisata. Selain dapat bekeliling di tempat wisata, dibayar pula. Tapi substansi yang sebenarnya bukan itu, melainkan dapat bekerja dengan menjalani hobi yang disuka. Itulah esensi yang sebenarnya, bukan melulu tentang materi.

Menunggu di loby

Saat itu kami disuruh untuk menunggu disebuah ruangan terbuka mirip loby. Ada beberapa hal yang membuat aku tertarik disitu, salah satunya adalah stand yang didalamnya terdapat berbagai jenis kumbang. Disamping nya terdapat sebuah komputer yang memuat berbagai informasi mengenai manfaat tumbuhan. Aku sempat membaca beberapa artikel disitu, mendapatkan pelajaran baru tentang dunia tumbuhan. Disamping komputer terdapat stand buah-buahan yang ditaruh pada buffet kaca, menggoda sekali warna dan bentuknya. Selain itu juga ada stand kacang-kacangan, namun tidak ada kacang sungguhan, hanya gambarnya saja. Disitu dijelaskan mengenai informasi tentang berbagai manfaat kacang dan buah yang ada di mekarsari ini.

Stand Jenis Kumbang
Komputer Pintar
Stand Buah dan Kacang

Di halaman luar, tepat disamping ruangan stand buah dan kacang terdapat sebuah taman kecil yang juga tidak kalah menariknya. Taman tersebut dibuat dengan menggunakan mobil bekas yang dihias sedemikian rupa sehingga terlihat nyentrik. Kap mobil tersebut di isi dengan berbagai tanaman hijau, dengan badan mobil yang masih utuh. Cukup menarik mata, mengingat perpaduannya sangat pas. Sesaat pandanganku melihat sekitar, barangkali ada hal menarik lainnya. Namun belum sempat aku menemukan hal menarik lain, Zilza memanggil kami untuk berkumpul. Sepertinya petualangan akan segera dimulai.

Taman Unik di Mekarsari

Kereta Wisata Mekarsari

Fasilitas pertama yang kami coba adalah kereta jelajah, sebenarnya ini mirip dengan mobil gandeng. Sebab, roda yang digunakan adalah roda mobil. Di kampungku, kendaraan ini disebut “odong-odong”. Ada dua gerbong kereta jelajah yang akan membawa kami mengelilingi luasnya agrowisata mekarsari. Gerbong di depan ditempati oleh kelompok pengunjung lain, sedangkan kami berada di gerbong belakang. Sepanjang perjalanan, kami melihat rindangnya pepohonan. Pohon yang dihiasi dengan buah-buahan yang menggoda selera.

Kereta Jelajah Mekarsari

Selama di perjalanan, Zilza terus menjelaskan informasi seputar pohon dan buah yang sedang dilewati. Dia terus menjalankan tugasnya dengan semangat, sehingga kami semua dapat menerima pengetahuan baru seputar pepohonan yang ada. Sungguh pengalaman yang sangat berharga, karena banyak hal baru yang aku temui di mekarsari ini. Mulai dari pengetahuan tentang buah-buahan, sampai bentuk persilangan pepohonan. Aku seperti terhipnotis menikmati semua ini, ditambah cuaca sejuk yang melengkapi. Sepanjang perjalanan ini di hiasi dengan senyuman, canda dan tawa yang terpancar dari wajah kami semua.

Jajaran Pepohonan yang Menyejukan
Pemandangan dari Kereta Jelajah

Merasakan Manisnya Buah Segar

Kereta jelajah yang kami tumpangi berhenti di perkebunan melon, entah apa nama jenis melon ini, aku lupa. Yang jelas, melon ini berwarna kuning dan rasanya manis. Kalau aku tidak salah dengar, setiap pohon hanya dapat berbuah satu kali saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas buah melon tersebut. Aku sendiri sempat mencicipi buah melon ini, dan memang benar rasanya sangat menyegarkan.

Merasakan Manisnya Buah Melon

Di perkebunan salak, kami juga berhenti sejenak. Kami berjalan beberapa meter memasuki perkebunan salak yang sepi. Sesaat aku menikmati ketenangan ini, sangat sunyi. Hanya dihiasi suara binatang-binatang yang saling bersautan dari kejauhan. Ditengah-tengah kebun salak, kami berhenti untuk menikmati segarnya buah salak yang baru dipetik. Tempatnya benar-benar berada di tengah-tengah kebun, sejauh mata memandang hanya ada pohon salak. Setelah puas menikmati buah salak, kami kembali ke kereta jelajah. Perjalanan kembali dilanjutkan dengan diiringi suara Zilza yang kembali menjelaskan pepohonan sekitar.

Kebun Salak Agrowisata Mekarsari

Setelah berkeliling selama 15 menitan, kami berhenti lagi disuatu tempat. Zilza bilang bahwa kami akan menikmati kesegaran jus buah. Kami pun bergegas turun dan menuju ke sebuah saung. Disitu kami menerima 2 macam buah, aku sendiri memilih kedondong dan belimbing. Tak ketinggalan, secangkir jus jambu biji juga kami nikmati. Setelah puas, kami kembali melanjutkan perjalanan menuju tempat pemberhentian terakhir. Tempat yang akan kami gunakan untuk menikmati berbagai wahana yang ada di mekarsari.

Buah Segar Mekarsari

Perahu Naga Mekarsari

Kami berhenti di tempat terakhir, disinilah kami akan menikmati pesona dan wahana yang ada. Terlihat dari jauh, jejeran pohon kelapa yang ada di area yang cukup luas. Dari situ kami turun dan berjalan menuju ke arah danau. Sejuk sekali udara disana, karena memang di tepi danau terdapat taman yang dihiasi pepohonan rindang. Zilza terus mengarahkan kami ke arah danau, disana terlihat sebuh perahu berbentuk naga. Lalu rombongan kami naik ke wahana perahu naga tersebut, walaupun ada beberapa yang tidak ikut. Aku sendiri termasuk orang yang tidak ikut naik perahu naga, karena aku masih ingat kejadian dulu. Kejadian saat aku melakukan snorkling di tengah laut di dekat pulau tidung. Saat itu kami naik perahu, dan hal buruk terjadi padaku. Aku tidak kuat menahan mual akibat goncangan perahu, apa yang terjadi selanjutnya tidak perlu aku ceritakan.

Perahu Naga Mekarsari
Danau Indah di Mekarsari

Disini kami bebas berjalan-jalan, menikmati semua wahana yang ada. Lalu Zilza meninggalkan kami, dan membiarkan kami untuk mencoba semua wahana di mekarsari. Setelah puas merasakan serunya naik perahu naga, kami memutuskan untuk beristirahat dan makan. Tempat yang kami pilih untuk istirahat adalah kebun kelapa. Disana kami menyewa tikar, agar bisa merasakan sejuknya angin yang menerpa wajah. Setelah makan, beberapa dari kami ada yang berjelajah, dan sebagian lainnya memutuskan untuk tidur. Aku sendiri termasuk orang yang berjelajah, karena aku ingin tahu seberapa keren agrowisata ini.

Kebun Kelapa yang Luas

Fasilitas Lainnya

Sebenarnya masih ada banyak fasilitas lain yang belum disebutkan. Untuk ketiga fasilitas diatas adalah fasilitas yang include dengan paket yang kami ambil. Karena kami datang dengan banyak orang, maka yang kami pesan adalah paket wisata coorporate (bukan perorangan). Fasilitas yang telah disebutkan diatas dapat dinikmati dengan gratis karena sudah termasuk kedalam paket. Selain fasilitas tersebut masih banyak fasiltas mekarsari lainnya. Walaupun begitu aku tidak sempat mencoba semua fasilitas yang ada, waktu itu aku hanya berjelajah dan melihat-lihat saja. Mungkin lain waktu aku akan mencoba semua fasilitas yang ada disini.

Wahana Perahu Angsa
Jembatan Menuju ke Pulau di Tengah Danau

Akhir Sebuah Perjalanan

Setelah lama berjelajah menikmati sejuknya agrowisata mekarsari, kami memutuskan untuk pulang. Cuaca saat itu juga sudah mulai mendung, kami khawatir akan turun hujan. Kami menaiki kereta jelajah lagi untuk sampai di pintu masuk, mengingat jaraknya cukup jauh. Kami menunggu di tempat pemberhentian kereta jelajah, selang beberapa lama kereta datang dan membawa kami. Sebenarnya, saat itu kami harus langsung menuju pintu masuk sesuai peraturan. Padahal ada satu tempat lagi yang sangat ikonis disini, yang belum kami kunjungi. Oleh karena itu, beberapa dari kami meminta sedikit waktu untuk mengunjungi tempat tersebut. Beruntung, dengan baik hati Zilza memberikan kesempatan pada kami untuk melihat langsung tempat tersebut dari dekat.

Air Terjun Mekarsari

Sungguh pengalaman yang luar biasa, dapat berjelajah menikmati keindahan agrowisata mekarsari. Banyak hal yang aku dapat dari sini, pengetahuan, pengalaman, dan pelajaran baru. Semoga semua itu dapat bermanfaat dikemudian hari.

Baca Juga:  Grand Wisata Bekasi, Bukan Hanya Sekedar Perumahan Elit

Harga Tiket Mekarsari

Harga tiket masuk mekarsari bervariasi, tergantung dari paket yang dipilih. Ada sekitar 9 paket disini, semuanya memiliki layanan yang berbeda-beda. Detail paket tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.

Harga Tiket Masuk Mekarsari

Harga wahana yang ada juga bervariasi, antara lain sebagai berikut.

Harga Tiket Wahana

Saran

Jika teman-teman memiliki kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami pada halaman KONTAK. Kami juga berharap teman-teman dapat berpartisipasi dalam membangun website ini. Terakhir, kami meminta maaf jika dalam website Ide Bebas terdapat banyak kekurangan. Terima kasih sudah mengunjungi website ini, semoga dapat bermanfaat.

PAHAMI SETIAP KATA DAN TEMUKAN RAHASIA DI DALAMNYA…

Tags
ZigerWix
ZigerWix Hanya ada satu hal di dunia ini yang benar-benar bebas. yaitu "PEMIKIRAN"

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *